Daftar 20 Orang Berpengaruh Indonesia, Ada Idola Kamu?

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Sabtu, 20 Juni 2020 07:00
Daftar 20 Orang Berpengaruh Indonesia, Ada Idola Kamu?
Siapa saja 20 orang berpengaruh di Indonesia tersebut? Yuk simak ulasannya

Dream - Berprestasi, mandiri, keren dan tangguh, itulah deskripsi yang cocok menggambarkan 20 tokoh yang terpilih masuk daftar Orang Berpengaruh Indonesia versi Harper's Bazaar Indonesia. 

Di tahun 2020 ini, nama-nama yang muncul juga diramaikan oleh sosok muda nan berprestasi, seperti Putri Tanjung, Najwa Shihab, dan Nicholas Saputra. 

Sebanyak 20 nama yang terpilih memiliki prestasi dan kontribusi berbeda bagi bangsa Indonesia. Mereka memberikan sumbangsih ilmu, karya dan pemikiran positif untuk pembangunan tanah air. 

Siapa saja sosok keren nan berprestasi tersebut? Yuk simak ulasan yang telah dirangkum Dream dari berbagai sumber berikut ini.  

1 dari 6 halaman

Sesi Foto

Baru-baru ini, Harper's Bazzar Indonesia telah merilis daftar 20 tokoh berpengaruh di Indonesia 2020. Dalam rilisannya, Harper's Bazzar memasukkan orang-orang berpengaruh di Indonesia dengan berbagai latar belakang, baik pengusaha, politisi, hingga pekerja seni. 

Dalam sebuah postingan di instagram @bazaarindonesia, para tokoh tersebut menjalani sesi foto dengan potret hitam putih. Bazaar Indonesia pun membagikan behind the scene hasil pemotretan. 

 

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Harper's BAZAAR Indonesia (@bazaarindonesia) pada

2 dari 6 halaman

Tokoh Publik dari Bidang Politik dan Jurnalis

 Najwa Shihab, Yenny Wahid, dan Susi Pudjiastuti© Instagram @najwashihab, @yennywahid @susipudjiastuti115

Dari 20 tokoh publik yang dipilih Bazaar Indonesia, tersebut beberapa nama tokoh yang bergerak di bidang politik. Mereka adalah Yenny Wahid, Susi Pudjiastuti dan Najwa Shihab 

Yenny Wahid merupakan putri dari mantan presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yenny Wahid mengikuti jejak sang ayah di bidang politik dan menjadi ketua umum Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKIB). Di tahun 2009, Yenny Wahid dinobatkan sebagai penerima penghargaan Young Global Leader oleh World Economic Forum. Dan pada Januari 2020, ia menjadi perwakilan publik Komisaris Independen untuk Garuda Indonesia.

Susi Pudjiastuti dikenal dengan gaya nyentriknya saat menjadi menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi tahun 2014-2019. Sebelum menjadi menteri, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air di Jawa Barat.

Najwa Shihab dikenal setelah menjadi presenter " Mata Najwa" . Karakternya yang cerdas dan kritis membuatnya jadi sosok anak muda yang keren. Najwa juga dikenal sebagai pendiri narasi.tv yang menyajikan konten berita terkait bidang politik, HAM dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

Tokoh Publik Pekerja Seni

 

 Sosok Riri Riza© Instagram @rizariri

Selain di bidang politik, beberapa tokoh yang dipilih oleh Bazaar Indonesia juga berkarier sebagai pekerja seni di Indonesia. Mereka adalah Riri Riza, Nicholas Saputra, Nadya Hutagalung dan Melanie Subono.

Riri Riza dikenal sebagai sutradara, penulis skenario dan produser film terkenal di Indonesia. Dia menghasilkan karya-karya film yang menjadi sorotan di industri hiburan tanah air. Riri Riza pun berhasil meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik pada tahun 2008,2013, dan 2016.

Bagi para penikmat hiburan Indonesia, nama Nicholas Saputra sudah tak asing muncul di berbagai film. Namanya juga semakin dikenal berkat aktingnya dalam serial Ada Apa dengan Cinta. Selain menjadi aktor, Nicholas Saputra juga kerap kali membintangi berbagai iklan dan model video klip, seperti Shadows (Nidji band, 2008), Pernah Muda (Bunga Citra Lestari, 2008), " Kali Kedua" (Raisa, 2016), dan Adu Rayu (Yovie, Tulus, Glenn, 2019).  

Nadya Hutagalung juga menghiasi daftar pekerja seni yang masuk 20 orang berpengaruh di Indonesia. Nadya Hutagalung mulai dikenal publik setelah menjadi model dan pemandu acara MTV Asia. Saat ini, ia tinggal di Singapura dan menjadi salah satu juri dalam acara Asia's Next Top Model. 

Melanie Subono mulai dikenal sebagai penyanyi dan musisi Indonesia. Cucu dari Eyang Habibie tersebut kini aktif membela HAM dan lingkungan. Ia pun sempat membantu sebuah LSM bernama Migran Care, yang bergerak membantu para tenaga kerja Indonesia yang bermasalah. 

4 dari 6 halaman

Tokoh Berpengaruh dari Kalangan Anak Muda

 Pesona Putri Tanjung, Anggota Termuda Stafsus Jokowi© MEN

Meski masih berusia muda, beberapa tokoh yang masuk dalam 20 orang berpengaruh di Indonesia versi Harper's Bazaar Indonesia ini punya segudang prestasi yang tak kalah keren dari para seniornya. Mereka adalah Melati Wijsen, Isabel Wijsen, dan Putri Tanjung.

Melati Wijsen dan Isabel Wijsen merupakan kakak beradik asal Bali yang mengampanyekan BBPB atau bye bye plastic bag. Mereka juga membuat petisi kepada pemerintah Bali yang membuat pelarangan plastik sekali pakai sejak tahun 2018. Isabel bahkan pernah memimpin sesi terakhir KTT tentang Dampak Pembangunan Berkelanjutan di World Economic Forum’s New York. Di tahun 2020, dua gadis tersebut mendapatkan penghargaan sebagai 30 under 30 Forbes 2020. Keren banget ya.

Putri Tanjung mulai dikenal masyarakat setelah ia mendirikan Creativepreneut. Kala itu, di usianya yang masih 15 tahun ia membangun event organizer yang menggerakkan anak muda bertalenta untuk memberikan warna baru di entertainment industry. Meski terlahir sebagai anak pengusaha terkenal, Chairul Tanjung, Putri tetap mandiri dan sukses dengan caranya sendiri. Terbukti pada 2019 lalu, Putri Tanjung diangkat sebagai salah satu staf khusus presiden Joko Widodo. 

 

5 dari 6 halaman

Tokoh Berpengaruh dari Kalangan Pebisnis

 Alamanda Shantika Santoso© Instagram @alamandas

Harper's Bazaar Indonesia juga memilih beberapa tokoh dari kalangan pebisnis sukses Indonesia. Mereka adalah  Yori Antar Awal, Veronica Tan, Alamanda Shantika Santoso dan Chitra Subyakto.

Yori Antar Awal dikenal sebagai Arsitek PT HAN AWAL & partners, fotografer arsitektur & lanscape, serta pendiri Rumah Asuh. Yori Antar membangun Rumah Asuh untuk melestarikan dan menyelamatkan rumah dan bangunan tradisional Indonesia. Ia pun mengajak para arsitektur muda untuk terlibat dalam kegiatan keren tersebut.

Meski sudah bercerai dari Ahok, Nama Veronica Tan tetap menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Selain membangun bisnis supplier daging, Veronica Tan juga aktif sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta. Karakternya yang aktif dalam berbagai aktifitas sosial membuatnya terpilih menjadi salah satu tokoh berpengaruh Indonesia. 

Alamanda Shantika Santoso merupakan sosok sukses dibalik Binar Academy. Binar Academy adalah sebuah platform startup edukasi bagi para talenta pemrograman. Binar Academy tersebut menyediakan pendidikan gratis dan merupakan salah satu startup edukasi terkenal di Indonesia. 

Pebisnis lain yang masuk daftar tokoh berpengaruh di Indonesia adalah Chitra Subyakto. Chitra merupakan sosok desainer yang sudah sukses dikenal hingga mancanegara. Ia aktif memamerkan karyanya di Jakarta fashion Week dan pernah dipercaya sebagai desainer untuk 1.300 atlet untuk opening Asian Para Games 2018. Kini, Chitra Subyakto membangun bisnis batik yang dinamai Sejauh Mata Memandang.

 

6 dari 6 halaman

Tokoh Berpengaruh Bidang Lingkungan

 Peduli Lingkungan, Nadine Chandrawinata Bawa Tumblr Setiap Hari© MEN

Pada edisi tahun 2020, Harper's Bazaar Indonesia juga memilih beberapa nama aktivis lingkungan dan satwa di Indonesia.

Mereka adalah Davina Veronica, Riyanni Djangkaru, Suzy Hutomo, Farwiza Farhan, Nadine Chandrawinata, Tiza Mafira. 

Davina Veronica merupakan sosok aktris dan model di Indonesia. Selain berada di dunia hiburan tanah air, ia juga aktif sebagai pegiat dan aktivis lingkungan dan kesejahteraan satwa Indonesia. Davina bersama beberapa temannya mendirikan penampungan (shelter) dan organisasi kesejahteraan hewan, bernama Garda Satwa indonesia. 

Nama Riyanni Djangkaru mulai dikenal saat menjadi presenter program Jejak Petualang. Kini, ia aktif untuk mengampanyekan perlindungan satwa laut, seperti Hiu.

Suzy Hutomo merupakan sosok dibalik berbagai kegiatan yang mendukung upaya lingkungan. Ia membantu salah satu komunitas pecinta lingkungan hidup, yakni Greenpiece. Selain sebagai aktivis, Suzy juga merupakan CEO dari produk kecantikan The Body Shop.

Farwiza Farhan, Nadine Chandrawinata, Tiza Mafira juga bergerak untuk melestarikan lingkungan dan satwa di hutan Indonesia. Keren banget kan. 

(Dilansir dari berbagai sumber)

 

 

Beri Komentar