Astaga! Transaksi Mencurigakan Terkait Bisnis Narkoba Capai Rp120 T

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 7 Oktober 2021 16:01
Astaga! Transaksi Mencurigakan Terkait Bisnis Narkoba Capai Rp120 T
Temuan angka yang berlangsung pada 2016 hingga 2020 itu masih bersifat konservatif

Dream - Tindak pidana narkoba di Indonesia mencatatkan nilai transaksi yang sangat tinggi dan belum pernah terungkap. Bahkan besarannya bisa sampai triliunan rupiah.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae, mengungkapkan sekitar Rp120 triliun dana mengalir terkait transaksi narkoba. Angka tersebut, kata dia, masih terbilang konservatif bahkan cenderung masih kecil.

" Angka itu angka konservatif, bisa dianggap termasuk kecil, saya mencoba mengeliminir angka yang bisaya digunakan oleh lembaga keuangan intelijen seperti kita untuk cara menghitungnya," kata Dian.

Dian menilai angka tersebut masih cukup rasional untuk menjelaskan alasan kejahatan narkoba masih saja terjadi meski sudah banyak orang ditangkap dan dihukum berat. Menurut dia, dana sebesar itu melibatkan sejumlah orang dan korporasi.

" Jumlah total saja dalam kesempatan ini saya sebutkan, sebesar 1.339 individu dan korporasi yang kita periksa dan kita catat sebagai aliran transaksi keuangan mencurigakan yang datang dari tindak pidana narkoba," kata dia.

1 dari 5 halaman

Menurut Dian, angka Rp120 triliun tersebut didapat dari pelacakan sepanjang 2016-2020. Angka ini memberikan gambaran komprehensif nilai transaksi narkoba yang terjadi selama lima tahun.

" Saya kira ini periode yang mengkhawatirkan kalau saya membacanya, di mana narkoba semakin meningkat," ucap dian.

Dia pun menilai perlu ada langkah bersama untuk mengatasi tindak pidana narkoba yang semakin berkembang, dikutip dari Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Video Detik-Detik Coki Pardede Ditangkap karena Narkoba, Gerak-geriknya Disorot

Dream - Video detik-detik penangkapan komika Coki Pardeed viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang mengunggahnya adalah @kamerapengawas.

Dalam video itu terlihat Coki terlihat sedang berada di kamar, diyakini di kediamannya di Cisauk, Tangerang. Dalam penangkapan Rabu malam 1 September 2021 itu, Coki terlihat mengenakan kaus hitam dan celana pendek.

Sejumpah polisi berpakaian preman juga terlihat dalam video itu. Mereka berusaha menggeledah kamar tersebut untuk menemukan barang bukti narkoba.

" Kau tunjukin barangnya lah, cepetan kau ah, " kata polisi.

Coki terlihat gugup. " Iya bang sabar mohon maaf, akunya kaget bang, minum dulu ya," ujar Coki.

coki© instagram

Polisi meraasa kesal karena Coki seolah memperlambat prose penggeledahan. Polisi memintanya segera menunjukkan barang bukti narkoba yang dia simpan.

" Ya udah kau ambil dulu lah barang itu, mana tunjukan barang itu," tegas polisi. Coki akhirnya memberikan narkoba jenis sabu yang berada di dalam tas kecil.

Banyak netizen mengomentari video itu. Beberapa di antara mereka menyoroti gerak-gerik Coki. " Gerak jari2 mu jelas sekali ya ngab," tulis akun @neng.fatma.

" jarinya kenapa?" tanya akun @burt_ans.

" @burt_ans ga bs diem bgt itu jarinya, org klo lg kenceng abis make narkotika jenis shabu ya salah satu cirinya kek gitu," jawab akun @neng.fatma.

" kok tahu?" tanya akun @xadamrawx.

" Kebetulan keluarga saya ada yg kerja di BNN," jawab @neng.fatma.

Hingga kini Coki masih dalam pemeriksaan. Dia juga sudah ditetapkan menjadi tersangka.

      View this post on Instagram

A post shared by kamerapengawas (@kamerapengawas)

3 dari 5 halaman

Komika Coki Pardede Ditangkap Polisi Diduga Kasus Narkoba

Dream - Komika Coki Pardede ditangkap pihak kepolisian pada Rabu malam, 1 September 2021. Komika dan Youtuber itu diamankan setelah tertangkap tangan memiliki Narkoba jenis sabu.

" Diamankan di rumahnya di daerah Pagedangan, Klaster Forester," ungkap Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang, AKBP Pratomo Widodo, seperti dikutip Dream dari Liputan6.com, Kamis, 2 September 2021.

Pratomo juga mengungkapkan Coki ditangkap dengan barang bukti berupa Narkoba jenis sabu. Saat ini komika tersebut sedang ditahan guna proses pendalaman kasus yang menjeratnya. 

Sementara dari informasi yang beredap di kalangan media, Coki ditangkap karena membawa 1 paket plastik klip nening yang berisikan Narkotika. 

 

4 dari 5 halaman

Masyarakat Lapor Sering Terjadi Transaksi

Coki Pardede© Instagram @cokipardede666

(Foto: Instagram @cokipardede666)

Coki diamankan di kediamannya kawasan Cisauk, Tangerang Selatan. Proses penangkapan berlangsung kemarin sekitar pukul 1 siang setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat. 

Masih dari informasi di kalangan media tersebut, masyarakat melaporkan jika rumah Coki sering digunakan untuk transaksi Narkoba.

" Berdasarkan informasi dari masyarakat pada hari Rabu tanggal 01 September 2021 sekitar pukul 13.00 wib bahwa di alamat sesuai TKP sering dilakukan penyalahgunaan narkotika jenis Sabu." tulis pesan yang diterima banyak awak media itu.(Sah)

5 dari 5 halaman

Ada Tersangka Lain Ikut Ditangkap

Coki dikabarkan membeli barang tersebut dari seseorang berinisial W yang juga ikut ditangkap di lokasi yang berbeda.

" Reza Pardede tersangka pertama mengaku mendapatkan narkotika jenis Sabu dari Sdr. W tersangka kedua yang berada di Apartemen Gateway," imbuhnya.

Sedangkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus membenarkan kabar penangkapan tersebut. Kini, Coki masih dalam tahap pemeriksaan.

" Iya betul, barang buktinya sabu," ujar Yusri

Beri Komentar