Sekilas Penampakan Baru Masjid Istiqlal, Jokowi: `Bukan untuk Gagah-gagahan`

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 8 Januari 2021 16:01
Sekilas Penampakan Baru Masjid Istiqlal, Jokowi: `Bukan untuk Gagah-gagahan`
Renovasi Masjid Istiqlal menelan biaya hingga Rp511 miliar.

Dream - Renovasi Masjid Istiqlal rampung secara keseluruhan. Presiden Joko Widodo meresmikan renovasi tersebut sehingga Masjid Istiqlal kembali dibuka untuk masyarakat.

" Dengan mengucap Bismillahir rahmanir rahim, saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal," ujar Jokowi, disiarkan dalam channel YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan renovasi Masjid Istiqlal merupakan pertama kalinya dijalankan sejak 42 tahun lalu. Proyek renovasi tersebut menelan biaya hingga Rp511 miliar dari dana APBN.

Jokowi menilai tampilan Masjid Istiqlal setelah renovasi menjadi lebih indah. Dengan tata ruang yang lebih cantik, lantai yang lebih mengkilap serta penataan cahaya yang modern.

" Renovasi Masjid Istiqlal agar semakin megah, bukan untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam tetapi kebanggaan seluruh Bangsa Indonesia," kata Jokowi.

Peresmian juga dihadiri sejumlah tokoh. Seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Proyek renovasi ini dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Kontrak Tahun Jamak (2019-2020). Proses pengerjaan menelan waktu sekitar 300 hari atau 10 bulan.

1 dari 3 halaman

Jokowi: Rampung 90 Persen, Renovasi Masjid Istiqlal Selesai Awal Juli 2020

Dream - Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal pada Selasa pagi, 2 Juni 2020. Proses pengerjaan perbaikan masjid terbesar di Asia tenggara itu dinyatakan sudah selesai 90 persen.

" Renovasi besar ini akan diselesaikan Insya Allah nanti di awal bulan Juli," ujar Jokowi.

Jokowi mengakui penyelesaian renovasi Masjid Istqlal mundur dari jadwal yang ditetapkan. Ini karena adanya pandemi Covid-19.

" Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kita putuskan," kata Jokowi.

Tetapi, Jokowi telah berbincang dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengenai rencana pembukaan masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Dari informasi yang didapat, Jokowi mengatakan Masjid Istiqlal akan dibuka pada Juli nanti.

" Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof. Nasaruddin, Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti bulan Juli, tetapi nanti keputusannya di Bapak Imam Besar Masjid Istiqlal," kata dia.

Jokowi berpesan agar disiapkan protokol kesehatan ketika Masjid Istiqlal dibuka kembali nanti. " Tentu saja mulai saat ini, tadi saya titip untuk disiapkan protokol kesehatan supaya nanti pada saat kita melaksanakan sholat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari Covid-19," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan saat ini penyebaran Covid-19 di sejumlah provinsi belum semua terkendali. Sehingga, seluruh pembukaan dilaksanakan secara bertahap.

" Pembukaan baik pembukaan untuk tempat ibadah, pembukaan untuk aktivitas ekonomi pembukaan untuk sekolah, semuanya melalui tahapa-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva dari ernold maupun dari RTnya. Semuanya memakai data-data keilmuan," kata Jokowi.

2 dari 3 halaman

Tinjau Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi: Sungai Diperbaiki, Taman Jadi Bagus

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan sholat jumat sekaligus meninjau proses renovasi Masjid Istiqlal yang saat ini sedang berjalan. Setelah memeriksa sejumlah bagian renovasi, Jokowi berharap renovasi bisa selesai sebelum Ramadan.

" Kita harapkan nanti sebelum Ramadan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai," ujar Jokowi, dikutip dari Merdeka.com.

Jokowi mengatakan renovasi Masjid Istiqlal ini baru pertama kali dilakukan sejak 41 tahun lalu. Proyek renovasi ini menelan biaya hingga Rp475 miliar.

" Memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya basementnya ditambah," kata Jokowi.

Sejumlah bagian masjid mengalami renovasi baik dalam maupun luar. Seperti interior, eksterior, kawasan parkir hingga sungai depan masjid akan dibersihkan.

" Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," kata dia.

Proyek renovasi Masjid Istiqlal dikerjakan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sesuai kontrak Tahun Jamak 2019-2020, pengerjaan renovasi ini ditargetkan memakan waktu selama 300 hari atau sekitar 10 bulan.

Dua kontraktor terpilih untuk mengerjakan proyek ini yaitu PT Warkita Karya (Persero) dan PT Virama Karya selalu manajemen konstruksi.

(Sah, Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

3 dari 3 halaman

Jokowi Bangun Terowongan Bawah Tanah Hubungkan Masjid Istiqlal & Gereja Katedral

Dream - Jokowi berencana membangun terowongan bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Terowongan tersebut akan membangun akses jalan antara umat satu dan lainnya.

" Ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui," kata Jokowi, Jumat 7 Februari 2020.

Menurut Jokowi, terowongan tersebut akan menjadi lambang silaturahmi antarumat beragama. Sehingga, tidak bersebrangan satu sama lain. Selain itu, terowongan tersebut bisa membantu saat hari besar keagamaan.

" Sekalian sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Tidak kelihatan berseberangan tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah," kata dia.

Jokowi berharap, revitalisasi Masjid Istiqlal selesai sebelum Ramadan. Sehingga masyarakat bisa sholat tarawih dan Idul Fitri. " Sudah. Insyaallah sudah selesai," ucap presiden bernama lengkap Joko Widodo tersebut.

Renovasi Masjid Istiqlal itu menelan biaya sekitar Rp475 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, hingga menambah lantai bawah tanah.

Beri Komentar