Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ditegur karena Melaju di Trotoar Cikini, Pemotor Ini Malah Ngamuk

Ditegur karena Melaju di Trotoar Cikini, Pemotor Ini Malah Ngamuk Aksi Pengemudi Motor Marahi Pejalan Kaki (Foto: Instagram Koalisi Pejalan Kaki)

Dream - Pengendara sepeda motor dalam video yang viral ini membuat warganet geram. Sebab, dia justru marah saat diperingatkan karena telah melintas di trotoar, yang merupakan jalur pejalan kaki.

Video itu diunggah ke Instagram oleh akun @koalisipejalankaki. Video tersebut diambil di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Saat ditegur, sang pengendara malah tak terima.

"Kesenggol, enggak?" teriak pengendara motor itu.

Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Alfred Sitorus, mengatakan, video tersebut dikirim oleh follower @koalisipejalankaki melalui direct message (DM).

"Ini hanya ditegur sebenarnya ya, jangan berkendara di trotoar karena membahayakan sebenarnya banyak roda dua yang ditegur, yang ngeyel itu pengendara yang bonceng wanita pakai baju merah," kata Alfred kepada Dream, Jumat 23 Agustus 2019.

Kerap Terjadi Pembiaran

Maraknya pengguna sepeda motor masuk ke trotoar, kata Alfred, karena minimnya penindakan hukum yang dilakukan oleh petugas.

"Menurut kami itu (penindakan) bahkan sangat lemah ya, bahkan mandul kalau kita lihat," ucap dia.

Menurut Alfred, penegakkan hukum hanya dilakukan polisi ketika masalah ketaatan berkendara mulai disorot media massa. Setelah itu, proses penegakan akan kembali terjadi pembiaran. 

"Jadi penegakan hukum parsial. Ya ketika teman-teman media melaporkan, 'yaudah nanti teman-teman media ikut ya'. Ada tidak liputan media mereka harusnya melakukan itu," kata dia.

Hampir semua trotoar yang baru selesai dibangun di Jakarta, tambah dia, langsung diokupasi pengendara motor. "Hampir semua trotoar baru, tak terkecuali Sudirman Thamrin. Kalau sore, itu yang paling sering ojek online sih sebenarnya," ujar dia.

Ada Pria Tidur Sambil Main HP di Trotoar, Lihat yang Terjadi

Dream - Trotoar memang disediakan khusus untuk pejalan kaki. Tapi sayangnya, saat jalanan menjadi macet, banyak kendaraan yang menginvasi tempat ini. Mulai motor sampai bajaj turut nimbrung trotoar.

Seperti terlihat dalam video yang diunggah oleh Koalisi Pejalan Kaki ke media sosial berikut ini. Pada video ini terlihat anggota mereka sampai tiduran di trotoar untuk menghalau bajaj dari totoar.

Dalam video yang diunggah ke akun Instagram @koalisipejalankaki, terlihat seorang pria berbatik cokelat berbaring di tengah trotoar. Pria ini menghalangi bajaj yang melaju di trotoar.

Melihat ada orang yang berbaring di tengah trotoar, bajaj ini langsung putar arah dan tak jadi melintas. "#trotoaruntukpejalankaki #tamasyatrotoarkita . #selamatkanpejalankaki," tulis @koalisipejalankaki.

Banjir Pujian

Unggahan ini mendapatkan apresiasi dari warganet. Mereka memuji langkah Koalisi Pejalan Kaki.

"Haha, you did great job, min," tulis @kevin_anel1992.

"Ketika hak kita dirampas, ada satu kata 'LAWAN!!!' Kalau nggak kayak begini, makin ngawur. Bisa-bisa bis Damri naik trotar," tulis @joniefendi1927.

"Dahsyat, salut sama nyalinya, binasakan yang nggak disiplin dan nggak tertib," tulis @ginanjar4u.

"Bagus semangat kawan... Biar mereka kapok karena telah mengambil hak pejalan kaki," tulis @mohh_yt.

"Hebat, cara memberi pelajaran orang yang nggak tahu aturan," tulis netijen lainnya.

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Cara biasa hingga cara extrime untuk sosialisasi pentingnya trotoar untuk pejalan kaki..? Masih sering nerabas trotoar..? Ayok tobat..? - Untuk info terkini di Jakarta..? . Follow @jakarta_terkini Follow @jakarta_terkini Follow @jakarta_terkini nanti di follow back🙏 . Jakarta terkini, dekat dengan Jakarta! . #jakartaterkini #jakartainfo #infojakarta #jktinfo #jakarta . Vidio: @koalisipejalankaki

A post shared by Jakarta (@jakarta_terkini) on

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP