Resmi, Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Jatuh Minggu, 24 Mei 2020

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 22 Mei 2020 19:04
Resmi, Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Jatuh Minggu, 24 Mei 2020
Umat Islam dapat merayakan Idul Fitri.

Dream - Menteri Agama, Fachrul Razi, mengumumkan hasil sidang isbat 1 Syawal 1441 H. Keputusan diambil dalam sidang tertutup yang dihadiri jajaran Kemenag, MUI, perwakilan Ormas Islam dan duta besar negara sahabat.

" Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 jatuh pada hari ahad tanggal 24 mei 2020.," ujar Fachrul, Jumat 22 Mei 2020.

Berdasarkan laporan rukyat atau pengamatan di lapangan oleh petugas Kemenag di 80 titik, hilal tidak terlihat di sebagian besar wilayah Indonesia.

" Dari 80 titik semua melaporkan tidak melihat hilal sebagaimana direktur urusan agama islam dan pembinaan syariah," kata Fachrul.

Sidang isbat 1 Syawal 1441 H digelar secara virtual melalui teleconference. Hal ini untuk menghindari potensi penyebaran virus corona yang saat ini tengah melanda Indonesia.

" Kita berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam akan berhari raya secara bersama-sama," kata dia.

Sidang ini dihadiri secara fisik oleh Menag Fachrul Razi, Menag Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sidang juga diikuti oleh perwakilan ormas Islam melalui meeting room online.

Sidang dibuka dengan pemaparan tim Falakiyah Kemenag. Sidang dilanjutkan usai sholat Maghrib secara tertutup dan hasilnya diumumkan oleh Menag melalui konferensi pers.

1 dari 4 halaman

Sidang Isbat Idul Fitri 1441 H Digelar 22 Mei 2020, Terapkan Protokol Kesehatan

Dream - Idul Fitri akan datang sebentar lagi. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1441 H pada Jumat, 22 Mei 2020.

" Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kemenag, Agus Salim.

Sidang yang akan dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi ini tetap mengikuti protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kemenag.

Sidang akan disiarkan melalui TV Pool TVRI. Sidang juga bisa diikuti lewat media sosial.

" Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," kata dia.

Agus menjelaskan sidang dibagi dalam beberapa sesi. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB dengan agenda pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya. Sedangkan sesi kedia dimulai setelah Maghrib dengan dibuka oleh Menag dan dilanjutkan laporan data hisab dan rukyatul hilal di 80 titik seluruh Indonesia.

" Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata dia.

 

2 dari 4 halaman

Lokasi Pemantauan Hilal 1 Syawal 1441 H

1. Aceh: a) Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; b) Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; c) Aceh Jaya Gunung Cring Cran; d) Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; e) Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang; f) Simeulue, Pantai Teluk Dalam; g) Tugu " KM. 0" Indonesia, Kota Sabang

2. Sumatera Utara: BMKG Wil I Medan 
3. Sumatera Barat: Gedung Shelter Masjid Nurul Huda Parupuk Tabing.
4. Riau: Hotel Premier Pekanbaru
5. Kepulauan Riau: Bukit Cermin
6. Jambi: Hotel Odua Weston

7. Sumatera Selatan: Hotel Aryaduta
8. Bangka Belitung: a) Pantai Penagan; b) Pantai Tanjung Pandam; dan c) Pantai Tanjung Kalian Muntok 
9. Bengkulu: Dak Mess Pemda Prov. Bengkulu
10. Lampung: POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda Lampung Selatan

11. DKI Jakarta: Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lt. 7 dan Tim Planetarium di Pantai Ancol
12. Jawa Barat: a) POB Cibeas Pelabuhan Ratu; b) Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat; c) Gunung Babakan Kota Banjar; d) Pantai Santolo Pamengpeuk Kab. Garut; e) Pantai Cipatujah Kab. Tasikmalaya; f) Pantai Gebang Kab. Cirebon; g) SMA Astha Hannas Binong Kab. Subang; dan h) Pantai Pondok Bali Kab. Subang

13. Banten: Hotel Mambruk Anyer
14. Jawa Tengah: a) Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, b) Pantai Alam Indah Tegal; c) Observatorium Assalam Ponpes Assalam, d) Lab Ilmu Falak MAN 1 Surakarta
15. DI Yogyakarta: Menara BNPB Pantai Parangkusumo Bantul

16. Jawa Timur: a) Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan; b) Bukit Condrodipo Gresik; c) Pantai Bawean Kab. Gresik; d) Lapan, Jl. Watukosek Gempol Kab. Pasuruan; e) Ponpes Bayat Al Hikmah Pasuruan Kota; f) Bukit Banyu Urip Kec. Senori Kab. Tuban; g) Bukit Wonocolo Bojonegoro; h) Pantai Duta Probolinggo; i) Pulau Gili Kab. Probolinggo; j) Gunung Sekekep Wagir Kidul Kec. Pulung Kab. Ponorogo; k) Pantai Gebang Bangkalan; l) Helipad AURI Ngliyep Kab. Malang; m) Pantai Serang Kab. Blitar; n) Bukit Wonotirto Blitar; o) Pantai Srau Pacitan; p) Pantai Kasap Pacitan; q) Pantai Nyamplong Kobong Jember; r) Gunung Sadeng Jember; s) Pantai Pacinan Situbondo; t) Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi; u) Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi; v) Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan; w) Pantai Sapo Ds. Sergang Kec. Batuputih Kab. Sumenep; x) Pantai Kalisangka Kangean Sumenep; y) Pantai Taneros Sumenep, z) Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso di Kaboh Kab. Jombang, aa) Lereng Gunung Pandan Madiun

17. Kalimantan Barat: Pantai Indah Kakap, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya
18. Kalimantan Tengah: Hotel Aquarius Jl. Imam Bonjol Palangkaraya
19. Kalimantan Timur: Menara Asma'ul Husna Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda
20. Kalimantan Selatan: Atas Bank Kalsel Banjarmasin
21. Kalimantan Utara: Tanjung Selor Gunung KNIP

22. Bali: Hotel Patra Jasa Pantai Kuta, Badung Bali
23. NTB: Taman Rekreasi Loang Baloq 
24. NTT: Rooftop Hotel Aston Kupang

25. Sulawesi Selatan: Roof Top Mall GTC Tanjung Bunga Makassar
26. Sulawesi Barat: Tanjung Mercusuar Sumare Kec. Simboro Kab. Mamuju
27. Sulawesi Tenggara: Pantai Wolulu Kec. Watubangga Kab. Kolaka
28. Sulawesi Utara: Area Parkir Apartemen Mtc Kota Manado
29. Gorontalo: Desa Bulango Raya Kec. Tomilito Kab. Gorontalo Utara 
30. Sulawesi Tengah: Gedung Hisab Rukyat Kemenag Ds. Marana Kec. Sindue Kab. Donggala

31. Maluku: Desa Wakasihu Kec. Leihitu Barat Kab. Maluku Tengah
32. Maluku Utara: a) Pantai Desa Ropu Tengah Balu Jailolo Halmahera Barat; dan b) POB BMKG Afe Taduma
33. Papua: Holtekam Jayapura
34. Papua Barat: Menara Masjid Agung Al Hidayah Fak-Fak.

3 dari 4 halaman

Sidang Isbat Awal Ramadhan 1441 H Digelar Sore Ini, Saksikan di Sini

Dream - Kementerian Agama sore ini akan menggelar sidang isbat awal Ramadhan 1441H. Tak seperti tahun lalu, sidang penentuan hari pertama Puasa itu akan dilaksanakan secara online.

" Ini untuk menjaga physical distance pada masa darurat Covid-19 yang tengah kita hadapi bersama,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin.

Kamaruddin menjelaskan sidang rencananya akan mulai berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, mulai pukul 17.00 hingga 19.20 WIB.

Ada tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat. Sidang diawali dengan paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama pada pukul 17.00-18.00 WIB, yang akan disiarkan secara langsung.

Dilanjutkan dengan sidang isbat dipimpin Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama. Adapun perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul 18.20 WIB.

" Seperti biasa, prosesi sidang ini akan berlangsung secara tertutup," kata Kamaruddin.

Sedangkan hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1441H/2020M pada pukul 19.05 WIB– selesai.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan sidang Isbat dapat melalui beberapa link berikut.

1. TVRI (TV pool)

2. Youtube Kemenag RI: https://www.youtube.com/channel/UCg8r6lAzXP9OCyR0G1uBewg

3. Fanpage Kemenag RI: https://www.facebook.com/KementerianAgamaRI

4. Instagram Kemenag RI: https://www.instagram.com/kemenag_ri/

5. Live Streaming: https://live.kemenag.go.id/

4 dari 4 halaman

Kemenag Terbitkan Protokol Pemantauan Hilal di Tengah Pandemi Corona

Dream - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat 1 Ramadan 1441 H pada Kamis 23 April 2020. Sebagai kebiasaan, sidang ini akan mempertimbangkan hasil hisab dan rukyatul hilal untuk menetapkan jatuhnya awal puasa.

Pelaksanaan pemantauan hilal tahun ini mengalami kendala karena merebaknya virus corona. Namun Kemenag tetap menggelar rukyatul hilal, meski harus dengan ketentuan khusus.

" Rukyatul hilal tetap dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi pada 23 April, saat terbenamnya matahari," ujar Kamaruddin, melalui keterangan tertulis.

Kamaruddin menjelaskan rukyatul hilal menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sidang isbat. Karena saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, pihaknya telah menyiapkan protokol pelaksanaan rukyatul hilal di tengah pandemi dan telah dikirimkan ke Kanwil Kemenag.

" Peserta harus dibatasi, maksimal 10 orang dan menyesuaikan dengan prosedur protokol kesehatan serta senantiasa physical distancing selama pandemi Covid-19," kata Kamaruddin.

Beri Komentar