Ramadan, Baznas Target Dana ZIS Rp3,5 Triliun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Minggu, 12 Mei 2019 12:00
Ramadan, Baznas Target Dana ZIS Rp3,5 Triliun
Dua agenda besar Baznas tahun ini yaitu pendayagunaan dan pendistribusian.

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) manargetkan pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah (zis), sebesar Rp3,5 triliun selama bulan Ramadan 1440 H. Dari target itu, Rp85 miliar di antaranya ditargetkan melalui Baznas pusat.

" Sisanya dari Baznas daerah dan Lembaga Amil Zakat (LAZ)," ujar Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, di Jakarta, Jumat 10 Mei 2019.

Irfan berujar, selama 2019 Baznas menargetkan mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp9,5 triliun. " Target Baznas pusat di 2019 Rp250 miliar. Target ini naik 8 persen dari 2018," ucap dia.

Untuk memenuhi target pengumpulan dana ZIS itu, Baznas kini menggandeng beberapa platform digital serta membuka gerai zakat di puluhan mal di seluruh Indonesia.

Pada Ramadan tahun ini, Baznas memiliki 18 program yang terbagi dari dua agenda yakni pendistribusian dan pendayagunaan.

Dalam program pendistribusian yakni ada kegiatan masjid cemerlang, layanan ketahanan pangan, Paket Ramadan Bahagia (PRB), Hidangan Berkah Ramadan (HBR), lalu Ramadan sehat ceria.

1 dari 1 halaman

Kegiatan Ekonomi Hingga Bagi-bagi Makanan Sahur

 Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi'an

(Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi'an)

Kemudian ada program ramadan dakwah, santripreneur, kafilah dakwah Sekolah Cendekiawan Baznas (SCB) dan posko mudik.

" Dalam penyaluran HBR, tim dari BAZNAS juga berkeliling di daerah pinggiran dan pelosok-pelosok perkotaan mendistribusikan hidangan berbuka dan sahur untuk mustahik," Kepala Divisi Pendistribusian Baznas Ahmad Fikri.

Sementara untuk program pendayagunaan yakni pemberdayaan ZMart, mustahik pengusaha, pelatihan kewirausahaan UKM, mustahik mikro, lalu ada pemberdayaan petani beras fitrah.

Program lainnya yakni ada bazar mitra usaha microfinance, Jambore Cah Angon, gulai Ramadan, dan serta program Zakat Community Development (ZCD) Jakarta.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik