Seluruh Warga Singapura Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Reporter : Sugiono
Selasa, 15 Desember 2020 18:02
Seluruh Warga Singapura Dapat Vaksin Covid-19 Gratis
Warga negara lain yang merupakan long term residence juga akan mendapat vaksin gratis.

Dream - Kabar menggembirakan datang dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong terkait pemberian vaksin Covid-19.

Pada Senin, 14 Desember 2020, kemarin, Hsien Loong mengumumkan bahwa vaksinasi Covid-19 gratis untuk seluruh warga Singapura.

Kendati demikian, vaksinasi Covid-19 akan diprioritaskan untuk warga Singapura yang rentan tertular virus corona.

1 dari 4 halaman

Prioritas Pemberian Vaksin Covid-19 di Singapura

Melalui siaran televisi nasional, Hsien Loong mengatakan, untuk tahap awal vaksin diberikan kepada petugas kesehatan dan mereka yang bekerja di garda depan dalam menangani pandemi Covid-19.

Selain itu, mereka yang berusia lanjut dan rentan tertular virus corona juga mendapat prioritas untuk disuntik vaksin Covid-19.

" Setelah itu, secara bertahap vaksinasi dilakukan kepada seluruh masyarakat, dan mereka yang menginginkan vaksinasi pada akhir tahun depan," kata Hsien Loong.

2 dari 4 halaman

Menjadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Keputusan Hsien Loong ini didasarkan pada rekomendasi dari komite yang terdiri dari dokter dan ilmuwan yang dibentuk Kementerian Kesehatan Singapura.

Untuk memperlihatkan dukungan terhadap ilmuwan Singapura yang merekomendasikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech, Hsien Loong mengatakan dia dan beberapa anggota kabinet akan divaksinasi lebih awal.

" Ini untuk menunjukkan kepada Anda, terutama yang lanjut usia seperti saya, bahwa kita yakin vaksin tersebut aman," katanya.

3 dari 4 halaman

Vaksin Gratis Tapi Bersifat Sukarela

Meskipun vaksinasi tersebut gratis tapi bersifat sukarela yang kelompok usia dewasa. Namun, Hsien Loong mendesak masyarakat untuk divaksinasi saat kesempatan itu datang kepada mereka.

" Karena ketika Anda divaksinasi, Anda tidak hanya melindungi diri Anda sendiri. Semakin banyak dari kita yang divaksinasi, semakin sulit virus itu menyebar, dan semakin aman kita semua sebagai masyarakat," tambahnya.

Setelah disetujui penggunaannya oleh Hsien Loong, pengiriman pertama vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech diharapkan tiba pada akhir bulan ini.

4 dari 4 halaman

Tahun Depan, Vaksin Tersedia untuk Seluruh Warga

Dia menambahkan jika semua berjalan sesuai rencana, Singapura akan memiliki cukup vaksin untuk seluruh warga pada kuartal ketiga tahun depan.

Saat ini sudah terdapat 52 kandidat vaksin Covid-19 yang masih dalam uji klinis di seluruh dunia.

Sumber: Straits Times

 

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar