Sudi Silalahi Dimakamkan di TMP Kalibata, Upacara Dipimpin Mahfud MD

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 26 Oktober 2021 11:00
Sudi Silalahi Dimakamkan di TMP Kalibata, Upacara Dipimpin Mahfud MD
SBY akan hadir di prosesi pemakaman.

Dream - Jenazah Menteri Sekretaris Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi, bakal dimakamkan siang ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Pemakaman diiringi dengan prosesi upacara dipimpin oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD.

" Irup (Inspektur Upacara) di TMP Kalibata Pak Menko Polhukam," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Negara, Eddy Cahyono.

Jenazah Sudi saat ini disemayamkan di rumah duka di Komplek Jatiwarna Indah Pondok Melati, Bekasi. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka pukul 13.00 WIB, dengan upacara pemberangkatan dipimpin Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

" Di TMP jam 13.00 WIB rencananya, Irup di kediaman Pak Seskab," kata Eddy.

 

1 dari 3 halaman

SBY Akan Hadir

Presiden ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono, dijadwalkan hadir dalam prosesi pemakaman. Kabar ini disampaikan Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra.

" Pak SBY direncanakan hadir siang nanti," ujar Zaky.

Kabar yang sama disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. Dia mengatakan SBY akan hadir dalam prosesi pemakaman Sudi.

" Iya, info yang saya dengar beliau akan hadir di Kalibata," ucap Jansen, dikutip dari Liputan6.com.

© Dream
2 dari 3 halaman

Sudi Silalahi, Mensesneg di Era Presiden SBY, Meninggal Dunia

Dream - Menteri Sekretaris Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi, meninggal dunia pada Senin malam, 25 Oktober 2021. Sudi meninggal saat dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Kabar ini disampaikan Sekretaris Kabinet era SBY, Dipo Alam. Lewat cuitan di Twitter, Dipo menyampaikan ucapan duka atas meninggalnya Sudi.

" Berita duka. Innalillahi Wainna illaihi roji'un, kami sekeluarga turut berduka cita dan belasungkawa sedalam2nya atas berpulangnya Bapak. Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD," cuit Dipo di akunnya, @dipoalam.

 

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak Sudi Silalahi

Selama 10 tahun kepemimpinan SBY, Sudi masuk dalam jajaran kabinet. Pada periode pertama SBY menjabat Presiden Keenam, yaitu pada 2004-2009, Sudi mendapat amanah sebagai Sekretaris Kabinet.

Di periode kedua SBY, Sudi kembali duduk dalam kabinet. Kali ini, dia dipercaya sebagai Sekretaris Negara.

Sebelum duduk di kabinet SBY, Sudi memegang pangkat militer terakhir Letnan Jenderal ini pernah menjabat sebagai Menko Polhukam. Saat itu, Indonesia dipimpin oleh Presiden Kelima, Megawati Soekarnoputri.

Selama di militer, Sudi punya karier cukup cemerlang. Lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1972 ini pernah duduk di sejumlah jabatan, mulai Wakil Assospol Kasospol ABRI, Kepala Staf Kodam Jaya, pernah juga sebagai Pangdam V Brawijaya, dikutip dari Merdeka.com.

© Dream
Beri Komentar