Sumbangan Rp2 Triliun Diduga Bodong, Anak Akidi Tio Jadi Tersangka

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 2 Agustus 2021 16:05
Sumbangan Rp2 Triliun Diduga Bodong, Anak Akidi Tio Jadi Tersangka
Anak Akidi Tio ditangkap siang tadi.

Dream - Polda Sumatera Selatan menetapkan anak bungsu pengusaha sukses mendiang Akidi Tio, Heriyanti, sebagai tersangka penipuan sumbangan Rp2 triliun. Polisi menduga sumbangan yang disebutkan dari keluarga besar Akidi Tio adalah bohong.

Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Ratno Kuncoro, menjelaskan, dalam penanganan kasus ini, Kapolda Sumsel menginstruksikan dibentuk dua tim khusus. Masing-masing tim punya tugas berbeda.

" Tim pertama menyelidiki kebenaran asal usul komitmen itu, tim kedua soal penanganan uang karena jumlah banyak. Hasilnya ternyata adalah penipuan," kata Ratno.

Penyidik kemudian menetapkan Heriyanti sebagai tersangka. Langkah ini dijalankan berdasarkan hasil penyelidikan yang berjalan selama satu pekan dan menemukan indikasi tindak pidana penipuan.

 

1 dari 5 halaman

Ditangkap di Sebuah Bank

Tim penyidik Polda Sumsel mengamankan Heriyanti di salah satu bank di Palembang siang tadi. Heriyanti langsung digiring ke gedung Ditreskrimum Polda Sumsel untuk diperiksa.

" Kita setengah jam lalu melakukan penegakan hukum terkait komitmen bantuan penanganan Covid-19 kepada Kapolda Sumsel," kata dia.

Saat ini, Heriyanti telah diamankan. Terkait motif pelaku, Ratno enggan memberikan keterangan dan mengatakan hal itu akan disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum atau Kapolda Sumsel secara langsung.

" Secara garis besar nanti akan disampaikan," kata Ratno, dikutip dari Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Polisi Minta Keterangan Anak Keluarga Akidi Tio Terkait Donasi Rp2 Triliun

Dream - Polda Sumatera Selatan menjemput putri bungsu Akidi Tio, Heriyanti untuk kepentingan pemeriksaan. Diduga pemanggilan tersebut untuk meminta penjelasan terkait sumbangan Rp2 triliun yang sebelumnya didijanjikan keluarga pengusaha asal Aceh tersebut. 

" Lagi dimintai keterangan," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Eko Indra Heri.

Nama Akidi Tio mencuat sepekan terakhir. Pemicunya, keluarga besar mendiang pengusaha di Palembang tersebut berkomitmen menyerahkan sumbangan dana bernilai fantastis untuk penanganan Covid-19.

Jumlah yang disumbangkan keluarga pengusaha asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, Aceh tersebut mencapai Rp2 triliun. Dana tersebut disalurkan melalui dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Darmawan.

Pada Senin, 26 Juli 2021 pagi, penyerahan dana digelar di gedung Mapolda Sumsel. Hadir dalam acara itu antara lain Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, serta Komandan Daerah Resor Militer 044/Gapo, Brigjen Jauhari Suraji.

 

 

3 dari 5 halaman

Penyerahan Donasi Dihadiri Pejabat Daerah

Prosesi penyerahan berlangsung tertutup. Mereka yang hadir merupakan para pejabat tinggi di lingkungan Polda maupun Pemprov dan beberapa tokoh masyarakat Sumsel.

Herman saat itu sangat mengapresiasi langkah keluarga besar Akidi Tio. Dia menyebut sumbangan tersebut sungguh luar biasa.

" Ini Luar biasa, ada yang memberikan bantuan untuk penanganan Covid-19 berupa uang sebesar Rp2 triliun," kata Herman, dikutip dari Liputan6.com.

4 dari 5 halaman

Sosok Akidi Tio dan Keluarga yang Sumbang Rp2 Triliun Atasi Covid-19

Dream - Akidi Tio, seorang pengusaha di Sumatera Selatan, bersama keluarganya menyerahkan donasi untuk membantu upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Nilai sumbangan yang diberikan sangat fantastis mencapai Rp2 triliun.  

Keluarga pengusaha diduga asal Aceh ini menyerahkan sumbangan tersebut melalui Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri S dalam sebuah acara yang digelar di ruang Rekonfu Mapolda Sumsel.

Kapolda Sumsel mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada pemerintah guna kepentingan masyarakat dalam melewati wabah pandemi Covid-19. Ia juga mengatakan bahwa sudah bekerja dengan tim dan berkolaborasi mengemban amanah yang diberikan keluarga Alm. Akidi.

" Saya tidak akan sanggup untuk menjalankan amanah ini sendiri. Jadi saya akan menerima ini dengan catatan tentu akan bersama dengan pak Gubernur, pak Danrem dan semua stakeholder untuk selalu memikirkan pemanfaatannya ini," kata Eko Indra dikutip dari akun Instagram @Polda_sumsel, Senin, 26 Juli 2021.  

Kapolda berharap dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik diharapkan amanah yang sangat besar diberikan keluarga ini bisa sama-sam dijalankan. 

Sementara mengutip akun Instagram @diskominfo_sumsel, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru mengapresiasi sikap dermawan keluarga Almarhum Akidi Tio yang turut membantu penanganan Covid-19 di Sumsel.

Menurut gubernur yang biasa disapa HD, upaya yang dilakukan keluarga almarhum Akidi tersebut layak menjadi contoh bagi masyarakat Sumsel agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Covid-19.

“ Kita bangga ya, keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar sekali, yakni Rp2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” ungkapnya

HD berharap, apa yang telah dilakukan keluarga Almarhum Akidi Tio bisa memberikan motivasi bagi warga Sumsel untuk bersama-sama melawan pandemi Cvovid-19. Dengan harapan aktifitas sosial kembali normal kembali.

5 dari 5 halaman

Siapa Akidi Tio?

Keluarga Alm. Akidi Tio© peloporwiratama.co.id

Sementara mengutip laman peloporwiratama.co.id,  alm Akidi Tio merupakan pengusaha sukses asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Diketahui ia memiliki bisnis di bidang infrastruktur dan kontraktor.

Semasa hidupnya, Akidi Tio diketahui sering memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Kebiasaan itu juga diajarkan kepada tujuh anaknya yang kini menjadi pengusaha sukses dan mayoritas menetap di Jakarta.

Beri Komentar