Viral Foto Banjir di Jepang, Salut Tak Ada Sampah Terlihat!

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 14 Oktober 2019 16:00
Viral Foto Banjir di Jepang, Salut Tak Ada Sampah Terlihat!
Komentar warganet negara +62 dan kemampuan mitigasi bencana warga Jepang.

Dream - Banjir menjadi tantangan tiap kota. Gaya hidup masyarakat dan pengelolaan sampah akan menjadi kombinasi penting menjaga kota bebas dari banjir.

Tapi, terkadang, banjir juga dapat terjadi karena cuaca buruk. Baru-baru ini di Jepang, seorang warganet @kii_xs, membagikan dampak banjir akibat Topan Hagibis.

Dalam foto yang diunggah di Twitter itu tampak genangan air bersih. Tak ada sampah yang mengambang di jalanan.

" Flooding in Japan is a very clean," tulis akun tersebut.

 

1 dari 5 halaman

Komentar Warganet +62

Kondisi itu memicu komentar warganet. Reaksinya pun beragam dan terkesan kocak.

" Kalau di Indonesia banjirnya coklat banget kaya es milo," tulis seorang warganet.

" Banjir rasa matcha," tulis warganet lain.

" Di Indonesia banjir sebening itu udah gua keknya bakal mau aja renang di jalan," kata warganet lain.

 

2 dari 5 halaman

Mitigasi Bencana yang Handal

Dilaporkan Japan Times, serangan Topan Hagibis di Jepang menyebabkan 35 orang meninggal dunia dan 17 orang lain hilang.

Sejumlah prefektur terdampak banjir, diantaranya Nagano, Niigata, Miyagi, Fukushima, Ibaraki, Kanagawa dan Saitama. Kondisi ini membuat negara berduka.

" Saya menyampaikan belasungkawa kepada semua orang yang meninggal dunia dan memberikan simpati kepada mereka yang terkena dampak Topan (Hagibis)," kata Perdana Menteri, Shinzo Abe.

Kerusakan dan korban jiwa bisa lebih buruk seandainya reaksi warga lambat.

Ketika Hagibis mendekat, pihak berwenang mendesak warga " untuk mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk meningkatkan peluang bertahan hidup."

Warga menimbun air, makanan, dan persediaan lainnya, membuat banyak rak supermarket kosong. Operator transportasi umum mengumumkan rencana untuk menunda layanan beberapa hari sebelumnya karena masalah keselamatan dan upaya untuk mencegah kekacauan di pusat transportasi.

3 dari 5 halaman

Dilanda Hujan Es, Mekah Kebanjiran

Dream - Hujan es melanda Mekah, Arab Saudi, Senin sore waktu setempat. Sebagian kawasan Mekah, terutama terowongan Mina, mengalami banjir.

Aktivitas jemaah haji pun terhambat sementara karena banjir. Meski demikian, petugas haji memastikan hujan yang melanda Mekah tidak berdampak pada tenda jemaah.

" Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan jemaah berjalan sebagaimana biasanya," ujar Kepala Satuan Operasional Arafah-Muzdalifah-Mina, Jaetul Muchlis, dikutip dari kemenag.go.id.

Hujan yang turun di Mekah relatif sebentar. Meski begitu, Mekah tetap kebanjiran karena saluran air tidak dirancang untuk menampung air hujan dalam jumlah banyak.

" Dampak hujan berupa sampah di jalanan karena kantong-kantong sampah hanyut," kata Muchlis.

4 dari 5 halaman

Terowongan Mina Banjir

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @makassar_iinfo, para jemaah terlihat berkerumun di ujung terowongan Mina. Air dari jalanan melaju deras dan masuk ke dalam terowongan.

Sejumlah petugas berompi melakukan evakuasi terutama kepada jemaah lansia dan pengguna kursi roda. Sementara jemaah lainnya memilih menunggu air surut.

      View this post on Instagram

Hujan lebat dan badai landa Kota Mina Arab Saudi, mengakibatkan banjir di terowongan Mina. . Info yang diterima banyak tenda jamaah Haji roboh diterjang badai dan hujan lebat. . Video : Eliza Emiliza Fuadi (12 Agustus 2019)

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

 

5 dari 5 halaman

Aa Gym: Hujan Sebentar, Banjir

Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Tauhid Bandung, KH Abdullah Gymnastiar, mengunggah video saat Mekah dilanda hujan es dan banjir. Video tersebut diambil dari salah satu penginapan di sudut Mekah.

"Hujan sebentar saja, banjir. Karena itulah Allah tidak menurunkan hujan lama di sini karena kalau lama bisa berat sekali," kata Aa Gym.

      View this post on Instagram

Inilah banjir karena hujan sebentar saja, alhamdulillah Hanya sebentar kalau lama mungkin akan lebih berat.. Alloh maha Adil Dan Maha Bijaksana

A post shared by Abdullah Gymnastiar (@aagym) on

Aa Gym tengah berada di sebuah penginapan bersama rombongan jemaah haji. Mereka transit di penginapan tersebut setelah melakukan tawaf ifadah.

Setelah hujan reda, rombongan Aa Gym kembali Mina. Mereka akan melempar jumroh.

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah