Terkuak! Ini Rahasia Orang Pertama yang Terjun Tanpa Parasut

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 2 Agustus 2016 07:14
Terkuak! Ini Rahasia Orang Pertama yang Terjun Tanpa Parasut
Bagaimana bisa selamat dari aksi yang terlihat mirip bunuh diri tersebut?

Dream - Seorang 'stuntman' asal Amerika Serikat bernama Luke Aikens melakukan aksi gila dan berbahaya ketika terjun dari ketinggian 7.620 meter tanpa memakai parasut.

Namun setelah meluncur dengan cepat ke bawah dan mendarat di jaring raksasa yang telah disiapkan sebelumnya, Aikins tersenyum gembira, karena tanpa cedera sama sekali.

Lalu bagaimana pria 42 tahun itu bisa selamat dari aksi yang terlihat mirip bunuh diri tersebut?

Aikins mengaku menggunakan 'alat rahasia' saat melakukan penerjunan berbahaya yang disiarkan di Fox secara langsung dengan judul 'Heaven Sent' itu.

Setelah dua menit terjun bebas di udara, ia akhirnya mendarat tepat di atas jaring raksasa seluas 30x30 meter di studio film Big Sky di pinggiran Simi Valley, California Selatan.

Aikins merupakan keluarga skydiver generasi ke tiga dan telah membuat sekitar 18.000 penerjunan dalam kariernya selama 25 tahun.

1 dari 2 halaman

Ini Rahasianya...

Dalam aksinya ini, Aikins disebut hanya memanfaatkan arus udara selama jatuh dan 'tidak menggunakan apa-apa kecuali bantalan di punggung yang disebut slide'.

" Aku hampir seperti melayang. Ini luar biasa. Hal ini sungguh terjadi. Aku bahkan tak menemukan kata-kata yang bisa keluar dari mulutku," kata Aikins kepada Fox setelah membuat 'pendaratan sempurna'.

Dengan pencapaian ini, Aikins membuat sejarah dengan menjadi orang pertama yang terjun tanpa parasut.

Beberapa saat setelah mendarat, Aikins langsung diturunkan dari jaring ke tanah, mengangkat kedua tangannya, dan berlari untuk memeluk istrinya, Monica, yang sejak tadi menyaksikan dengan anak mereka yang berusia empat tahun, Logan.

Awalnya, Screen Actors Guild (SAG), organisasi tempat Aikins bernaung, sempat memaksa Aikins tetap mengenakan parasut pengaman.

Namun Aikins menolak dengan alasan parasut pengaman akan membuat pendaratan jadi lebih berbahaya karena tubuhnya akan semakin berat.

 

2 dari 2 halaman

Detik-detik Menegangkan

Dia melompat dengan tiga penerjun bebas lainnya, yang masing-masing mengenakan parasut. Salah satu penerjun menjadi kamera, sementara satunya lagi membuntuti dengan asap sehingga penonton di tanah bisa mengikuti ketinggiannya.

Dan penerjun ketiga bertugas melepas masker oksigen yang dipakai Aikins hingga tiba di ketinggian di mana alat tersebut sudah tidak diperlukan lagi.

Setelah mencapai ketinggian tertentu, ketiga penerjun tadi membuka parasut mereka dan meninggalkan Aikins meluncur sendirian tanpa parasut.

" Setiap orang yang berusaha untuk mendorong batas-batas yang dianggap tidak mungkin secara manusiawi, maka orang itu selalu digambarkan sebagai orang gila."

" Tapi bagiku, lompatan ini hanya langkah logis berikutnya dalam seumur hidup untuk melakukan tantangan ekstrem," katanya.

Aikins, yang mengklaim bahwa aksinya ini adalah rekor dunia terjun tanpa parasut, sebelumnya ikut membantu Felix Baumgarter saat menjadi orang Australia pertama yang 'melayang' dari ketinggian 38 kilometer dari permukaan Bumi pada 2012.

Atlet terjun profesional ini juga merupakan konsultan urusan keselamatan dan pelatihan untuk Asosiasi Parasut AS (USPA) dan juga pasukan khusus Negeri Paman Sam. Tidak hanya itu, dia juga terlibat dalam penggarapan film-film blockbuster seperti Godzilla dan Iron Man 3.

(Sumber: mirror.co.uk)

Beri Komentar