Hukum Membaca Mushaf Alquran Saat Salat

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 11 Februari 2016 14:29
Hukum Membaca Mushaf Alquran Saat Salat
Para ulama belum dapat menyamakan pandangan terkait masalah ini.

Dream - Salat mewajibkan seorang muslim membaca sejumlah surat dalam Alquran. Surat paling wajib adalah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surat-surat lainnya.

Kebanyakan Muslim membaca surat-surat itu karena sudah hafal. Tetapi, tidak sedikit dari mereka yang membaca Alquran dari mushaf saat salat.

Ini disebabkan muslim itu merasa belum menghafalkan surat yang bersangkutan. Sehingga untuk menghindari kesalahan, mereka lantas membuka mushaf.

Lantas bagaimana para ulama memandang persoalan ini?

Ulama mazhab Syafi'iyah dan Hambaliyah membolehkan membaca mushaf Alquran saat salat. Ayat yang dibaca berasal dari mushaf atau catatan dalam secarik kertas.

Dalam kitab Majmu, ulama Syafi'iyah Imam Nawawi mengatakan, salat seseorang tidak batal jika dia membaca Alquran dari mushaf. Meski pada akhirnya dia sering membuka halaman, salatnya dinyatakan tetap sah.

Ulama mazhab Hambali Syaikh Rahibani mengutip pendapat imam Ahmad, seseorang dibolehkan menjadi imam salat malam sementara dia membaca Alquran dari mushaf.

Sementara mazhab Malikiyah menghukumi makruh, Sedangkan ulama mazhab Hanafi belum memiliki kesepakatan, ada yang membolehkan dan ada yang melarang.

Selengkapnya...

(Ism) 

Beri Komentar