Bersalaman Usai Sholat, Begini Menurut Ulama

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 22 November 2017 06:02
Bersalaman Usai Sholat, Begini Menurut Ulama
Sebagian masyarakat menjalankan amalan bersalaman setelah selesai sholat.

Dream - Bagi umat Islam Indonesia, terdapat satu kebiasaan yang dilakukan usai sholat. Sebagian orang bersalaman begitu sholat jemaah selesai dilaksanakan.

Selama ini, salaman identik dengan upaya menjalin keakraban dan silaturahim. Salaman diyakini menguatkan hubungan sosial.

Tetapi, ada sebagian orang yang memandang salaman usai sholat tidak perlu dilakukan. Dasarnya, amalan ini tidak pernah dijalankan Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabat.

Lantas, bagaimana para ulama memandang amalan ini?

Dikutip dari rubrik Syariah Nahdlatul Ulama, Imam An Nawawi dalam kitabnya Fatawa Al Imam An Nawawi berpendapat demikian.

" Jabat tangan disunahkan ketika bertemu. Adapun kebiasaan masyarakat yang mengkhususkan salaman setelah dua sholat (subuh dan ashar) tergolong bidah yang diperbolehkan. Dikatakan bidah mubah jika orang yang bersalaman sudah bertemu sebelum sholat. Namun jika belum bertemu, maka berjabat tangan disunahkan karena termasuk bagian dari silaturahmi."

Amalan ini mungkin menjadi perdebatan di masyarakat. Jika terjadi demikian, dianjurkan untuk tidak memaksakan kehendak mengingat masing-masing pihak memiliki dasar pemahaman masing-masing.

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar