Anak Sulit Makan di Masa Emasnya, Bolehkah Berikan MSG?

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 4 Agustus 2022 15:14
Anak Sulit Makan di Masa Emasnya, Bolehkah Berikan MSG?
Menghindari gagal tumbuh di 1000 hari pertamanya, bolehkah anak konsumsi MSG untuk menambah nafsu makan?

Dream - Pada seribu hari pertama atau dikenal dengan masa emas anak, tubuh si kecil sedang membangun fondasi kehidupan dari segi kesehatan, pertumbuhan, hingga perkembangan saraf. Masa ini tidak akan terulang, orangtua harus mendukung dan memantau secara tepat agar perkembangan anak optimal.

" Seribu pertama kehidupan adalah periode yang sangtat penting, semua organ vital anak berkembang pesat. Karena periode ini sangat baik nutrisi dan makanan harus baik agar tumbuh kembang anak optimal," jelas dr. Ardi Santoso, Dokter Spesialis Anak pada acara Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat, Selasa 2 Agustus 2022.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

 

Faktanya, 80 persen otak anak berkembang di 1000 tahun pertama anak ini, dan masa ini tidak dapat diulang. Jika asupan anak tidak optimal bahkan kurang maka anak akan gagal tumbuh atau kerap disebut stunting.

Biasanya anak yang mengalami stunting ditandai dengan tubuh pendek, penyakit berulang karena imunitas tubuh tidak baik, dan mengalami kesulitan dalam bidang akademik.

 

1 dari 3 halaman

Terus Pantau Gizi Anak

Anak makan© Shutterstock

Memantau pertumbuhan anak secara rutin menjadi kewajiban semua orangtua. Hal ini untuk memastikan buah hati tumbuh normal sesuai usianya.

Dengan pemantauan yang tepat, Sahabat Dream dapat mengindikasi masalah yang terjadi pada si kecil sejak dini. Apalagi di 1000 hari pertama kehidupan anak, masa emas ini sangat berpengaruh hingga buah hati tumbuh dewasa nanti.

" Jangan sampai makannya tidak adekuat, jangan sampai juga berat badan turun, saat 1000 tahun pertama ini berat badan harus naik tidak boleh turun atau flat," tambah dr. Ardi.

 

2 dari 3 halaman

Anak Sulit Makan? Boleh Pakai MSG?

Jika anak mengalami sulit makan, maka orangtua harus kreatif dalam menghadirkan menu. Tidak ada salahnya menambahkan rasa pada makanan anak agar nafsu makan tetap baik.

Namun bolehkah memberikan gula, garam dan MSG pada makanan anak?

Sebenarnya memberikan perasa pada makanan anak sah-sah saja. Namun takarannya harus disesuaikan jangan berlebihan. Untuk rasa gurih, faktanya kandungan natrium pada MSG lebih aman dibandingkan garam.

" MSG memiliki natrium yang lebih sedikit dibanding garam, jadi resiko hipertensinya lebih rendah," tambah dr. Ardi.

 

3 dari 3 halaman

MSG Sudah Ada di Tubuh Manusia

Monosium Glutamat atau MSG sering dikaitkan dengan kepintaran seorang anak. Padahal faktanya, jenis bumbu penyedap ini tidak berkaitan dengan penyebab kebodohan seorang anak.

" MSG ini bukan zat asing bagi tubuh karena sebenarnya diproduksi tubuh manusia sendiri," tambah dr. Ardi.

MSG adalah garam sodium dari asam glutamat dengan rasa umami yang secara alami sudah ada di dalam tubuh manusia. MSG sebetulnya terkandung dalam makanan seperti tomat, keju, rumput laut bahkan ASI atau Air Susu Ibu.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More