Bacaan Wirid yang Selalu Diajarkan Istri Quraish Shihab Pada Anak Cucunya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 15 Agustus 2022 13:12
Bacaan Wirid yang Selalu Diajarkan Istri Quraish Shihab Pada Anak Cucunya
"Cuma ada 2 amalan yang selalu diingatkan untuk dikerjakan anak-cucu dan mantunya".

Dream - Ulama ternama Muhammad Quraish Shihab, menjadi teladan banyak umat muslim di Indonesia. Ahli tafsir Alquran lulusan Universitas Al-Azhar, Mesir ini memiliki empat anak yang berhasil dalam bidangnya masing-masing.

Keluarganya begitu kompak dan hangat. Hal ini tentu tak lepas dari sosok Fatmawati Assegaf, sang istri, yang dikenal sangat suka silahturahim ke banyak orang. Dengan pembawaan yang hangat, Fatmawati dikenal sebagai sosok yang begitu sabar dan bersahaja.

Sebagai istri dari cendikiawan muslim dan ibu yang berhasil mendidik putra-putrinya, banyak yang penasaran doa atau bacaan yang selalu dibaca Fatmawati. Hal ini mengingat, doa ibu untuk anak-anaknya disebut-sebut bisa 'menembus langit'.

Najelaa Shihab, psikolog dan pakar pendidikan di Indonesia, lewat akun Instagramnya @najelaashihab membagikan bacaan yang selalu diajarkan ibunya di pagi dan ba'da Maghrib.

" Banyak yang nanya doa yang rutin diajarkan Mamah ❤️ Gak ada yang istimewa sebenarnya, cuma ada 2 amalan yang selalu diingatkan untuk dikerjakan anak-cucu (dan mantunya :)), Ratib Haddad setiap habis Maghrib dan Wirid Latif setiap pagi (biasanya kalau saya sebelum meeting pertama di hari itu :))," tulis salah satu founder Sekolah Cikal ini.

Keluarga Quraish Shihab© Instagram @najelaashihab

Najelaa menjelaskan kalau bacaan atau wirid tersebut membuat dirinya selalu ingat untuk meminta penjagaan dari Allah SWT dalam melakukan hal apa pun. Mulai dari membuka mata hingga tertidur.

" Banyak manfaat dan semoga selalu jadi pengingat bukan hanya tentang penjagaan Allah SWT tapi tentang nilai dalam keluarga (serta irama membaca Mamah yang ditularkan jadi kebiasaan bagi kami semua," ungkapnya.

1 dari 4 halaman

Bacaan Ratib Hadad

Ratib ini, dikutip dari NU Online, disusun oleh salah seorang ulama terkemuka dari Hadramaut, yakni Abdullah bin ‘Alawi bin Muhammad al-Haddad. Beliau merupakan seorang mujaddid (pembaharu) di masanya. Karya tulis beliau terbilang cukup banyak dan tersebar di berbagai penjuru dunia, di antaranya adalah an-Nashaih ad-Diniyah, Risalah al-Mu’awanah, an-Nafais al-‘Alawiyah fi al-Masa’il as-Shufiyah.

Ratib Al-Haddad berisi potongan surat-surat Alquran dan doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW di dalam hadist shahihnya. Dimulai dengan bacaan surah Alfatiha yang salawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Bacaan lengkapnya bisa dilihat di sini.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Bacaan Wirid Latif

Untuk bacaan-bacaan dzikir pada al-Wirdul Lathif berisi ayat-ayat Al-Qur’an pilihan serta dzikir-dzikir yang dikutip dari hadits Nabi atau biasa dikenal dengan dzikir ma’tsur. Salah satunya bacaan berikut:

“ Allâhumma mâ ashbaha bî min ni’matin fa minka wahdaka lâ syarîka laka, fa lakal hamdu wa lakas syukru”

Artinya: Ya Allah, kenikmatan yang kami dapatkan di waktu pagi, maka kenikmatan tersebut hanya dari-Mu, tak ada yang menyekutukan-Mu. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu segala rasa syukur) maka dia telah melaksanakan wujud syukur di hari itu. Dan barang siapa yang melafalkan kalimat tersebut di sore hari, maka ia telah melaksanakan wujud syukur di malam itu” (HR. Abu Daud)

Penjelasan selengkapnya baca di NU Online

3 dari 4 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir Agar Mendapat Keberkahan dan Perlindungan dari Setan

Dream - Anak merupakan anugerah dari Allah SWT kepada setiap pasangan suami istri. Selain membuat suasan rumah semakin meriah, banyak pasangan menikah menginginkan buah hati untuk meneruskan keturunan.

Tak mengherankan ketika seorang anak baru lahir ke dunia akan disambut perasaan bahagia yang menyelimuti keluarga besar. Sebagai ungkapan kebahagian atas bayi yang telah lahir dengan selamat, setiap umat Islam dianjurkan membaca doa untuk anak yang baru lahir sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Membaca doa untuk anak baru lahir merupakan perbuatan yang mulia di sisi Allah SWT. Sahabat Rasulullah yang juga periwayat hadist, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata, " Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa."

Saat bayi baru lahir, orang tua bisa langsung membacakan adzan dan doa untuknya. Berikut kumpulan doa untuk anak yang baru lahir, dirangkum Dream dari Konsultasi Syariah.

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Mendoakan Anak Baru Lahir

Doa untuk anak baru lahir dibaca dengan memohon keberkahan agar jabang bayi tersebut menjadi anak saleh salehah. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “ Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku." (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145)

Doa untuk anak baru lahir lainnya juga dipanjatkan Rasulullah SAW kepada putra Asma bintu Abu Bakr, yang bernama Abdullah bin Zubair. Saat Asma hijrah dan tiba di Madinah, beliau melahirkan putranya, Abdullah bin Zubair. Kemudian bayi itu dibawa ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Asma mengatakan, “ Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minta kurma, lalu beliau mengunyahnya dan meletakkannya di mulut si bayi. Makanan pertama yang masuk ke perut si bayi adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau mendoakannya dan memohon keberkahan untuknya.” (HR. Bukhari 3909)

Beri Komentar