Buka Pintu Dapur Langsung Terlihat, Bentuknya Dibuat Estetik ala Bar

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 18 Januari 2023 12:12
Buka Pintu Dapur Langsung Terlihat, Bentuknya Dibuat Estetik ala Bar
Meja dibuat tinggi sebagai sekat dan agar terlihat rapi.

Dream - Rumah yang dibangun tanpa sekat, biasanya jadi pillihan untuk  menyiasati agar hunian mungil tidak tampak sesak dan sempit. Saat pintu depan dibuka, akan langsung terlihat dapur, hingga area mencuci.

Privasi memang jadi kurang terlindungi, tapi suasana rumah jadi lebih lapang dan nyaman. Seperti rumah Vianty Alvia Novita, pemilik akun Instagram @veyalvia22. Ia rutin membagikan tips dekorasi rumah, dan juga menata rumah mungilnya.

Rumah Vianty mungil tapi begitu nyaman. Dari bagian depan, begitu pintu terbuka, dapur akan langsung terlihat, tapi ditata dengan begitu apik.

Dapur© Instagram @veyalvia22

Dibuat meja dapur yang cukup tinggi seperti di bar. Dilengkapi juga dua high chair, sehingga terlihat manis. Meja tinggi tersebut multifungsi, yaitu sebagai penutup work station dapur yang biasanya berantakan dan juga sekat ruangan yang tidak kaku.

Dapur© Instagram @veyalvia22

1 dari 5 halaman

Nuansa Putih

Untuk memberi kesan bersih dan memiliki sentuhan mewah, dapur didekorasi dengan perpaduan warna putih serta meja motif marmer. Pencahayaan pun diperhatikan dengan detail.

Dapur© Instagram @veyalvia22

Meja dapur dengan motif marmer memberi sentuhan mewah, dan dipadukan dengan kabinet atas dan bawah yang berwarna putih. Dinding backsplash, bermotif batu bata, memberi kesan hangat dan natural.

dapur© Instagram @veyalvia22

Berukuran mungil, tapi dapur ini tetap terlihat rapi dan nyaman. Bagaimana menurut Sahabat Dream?

2 dari 5 halaman

Dapur Terbuka ala Cafe, Bisa Jadi Tempat Nongkrong Nyaman

Dream - Letak dapur dalam sebuah rumah, biasanya berada di belakang dan tak terlihat. Alasannya, agar kondisi yang berantakan dan penuh perabot, bisa disembunyikan. 

Asap dari kompor saat memasak juga tak menyebar ke rumah. Kini, makin banyak pemilik rumah yang justru membuat dapur jadi satu dengan ruang keluarga, tanpa sekat, dan terbuka.

Seperti pemilik akun Instagram @blackvanilla.house yang membuat konsep dapur ala bar atau cafe. Dengan meja memanjang, dibuat dapur yang terbuka dengan detail roster dan tembok semen semen expose.

Dapur BlackVanilla© Instagram @blackvanilla.house.

Bagian depan tampak roster dengan meja kayu memanjang. Untuk kompor, dipiih jenis kompor listrik dengan desain modern dan minimalis, berwarna hitam.

Dapur© Instagram @blackvanilla.house.

3 dari 5 halaman

Kompor Desain Modern

Dapur listrik© Instagram @blackvanilla.house.

Kompor berdesain simpel dengan meja granit abu-abu, dan perpadukan kayu membuat desainnya sangat modern dan simpel. Ditambah dengan lampu-lampu gantung dengan aksen kayu, tampilan dapur jadi lebih manis.

Dapur© Instagram @blackvanilla.house.

Rak-rak, untuk menaruh bumbu serta kebutuhan untuk membuat kopi terlihat ditata rapi di tembok. Nuansa industrial sangat menonjol di dapur ala cafe ini.

 

4 dari 5 halaman

Nostalgia Dapur Tungku Kayu, Bentuknya Masih Dipertahankan

Dream - Bentuk dapur tentunya mengalami perubahan sesuai kebiasaan, dari generasi ke generasi. Kini desain dapur di perkotaan didominasi dengan bentuk yang modern dan juga perlengkapan yang serba canggih dan praktis.

Kompor gas dan listrik, air fryer, rice cooker, blender, microwave, dan beragam alat elektronik untuk membuat memasak lebih cepat terus dibuat. Dulu, memasak tentu hanya mengandalkan peralatan seadanya.

Suasana dapur zaman dulu pun jauh berbeda dari yang sekarang. Seperti apa? Intip saja foto dapur di Instagram @ndalem_moelyosudarmo. Masih ada kompor tungku kayu di rumah yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah ini.

Dapur© Instagram @ndalem_moelyosudarmo

Ukurannya cukup luas berada di luar rumah utama. Terdapat tumpukan kayu yang sudah dipotong memanjang, siap dibakar saat akan memasak. 

Dapur© Instagram @ndalem_moelyosudarmo

Dulu, dapur memang terletak di area yang terpisah dari rumah karena asap memasaknya yang sangat menganggu. Dapur berada di luar dengan atap tertutup, dan bagian samping terbuka agar asap saat memasak tak memenuhi rumah.

5 dari 5 halaman

Balai untuk Makan Bersama

Dapur© Instagram @ndalem_moelyosudarmo

Tepat di depan dapur terdapat balai yang lebar. Biasanya, digunakan untuk memotong bahan makanan sebelum dimasak atau menyimpan berbagai bumbu. Kadang balai ini juga digunakan keluarga untuk makan bersama.

Dapur© Instagram @ndalem_moelyosudarmo

Suasananya begitu nyaman dan hangat yang dapur zaman dulu ini, Sahabat Dream.

Beri Komentar