Daftar Musik Favorit yang Diputar Saat Ibu Melahirkan

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 5 Oktober 2022 14:12
Daftar Musik Favorit yang Diputar Saat Ibu Melahirkan
Musik memang memiliki efek psikologis, bisa berupa ketenang atau memberi semangat.

Dream - Stres, cemas dan takut jadi hal kerap dialami ibu saat menghadapi momen persalinan. Proses persalinan memang tak selalu mudah, hal itu juga yang membuat ungkapan ibu 'bertaruh nyawa' saat melahirkan.

Untuk meredakan kecemasan ibu, berbagai cara pun dilakukan. Bagi umat muslim, disarankan untuk banyak berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. Bisa juga melakukan latihan pernapasan, meditasi atau banyak bergerak.

Memasuki ruang bersalin, biasanya rasa cemas kembali memuncak. Beberapa ibu memilih untuk memutar murotal Alquran atau musik favorit mereka di ruang bersalin agar merasa lebih rileks dan tenang.

Pada beberapa RS di Jakarta, perawat dan suster juga kerap menawarkan playlist/ musik yang ingin diputar ibu saat persalinan. Hal ini juga jadi kebiasaan di Inggris.

1 dari 4 halaman

Reassured, sebuah perusahaan asuransi di Inggris, kemudian membuat survei untuk mengetahui musik apa saja yang suka diputar ibu di ruang bersalin. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya, ada 20 pilihan teratas.

1. Only Love - Ben Howard
2. Better Together - Jack Johnson
3. Here Comes The Sun, Remastered 2009 - The Beatles
4. Sunrise - Nora Jones
5. Follow the Sun - Xavier Rudd
6. Perfect - Ed Sheeran
7. Landslide - Fleetwood Mac
8. All Of Me - John Legend
9. Ocean Eyes - Billie Eilish
10. Thinking Out Loud - Ed Sheeran
11. Your Song - Elton John
12. Dreams, 2004 Remastered - Fleetwood Mac
13. Fast Car - Tracy Chapman
14. Push It - Salt-N-Pepa
15. The Scientist - Coldplay
16. Blackbird, Remastered 2009 - The Beatles
17. Yellow - Coldplay
18. I Won’t Give Up - Jason Mraz
19. Shallow - Lady Gaga
20 Heartbeats - José González

Musik, menurut penelitian memang bisa memunculkan efek lebih tenang dalam pikiran dan berdampak positif pada psikologis. Dikutip dari Kidspot, musik juga dapat membantu mengurangi level rasa sakit dan kecemasan ibu selama proses persalinan.

Kalau Sahabat Dream ingin dengarkan apa saat persalinan nanti?

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

 

2 dari 4 halaman

Menggigil Hebat Setelah Melahirkan, Ini Pemicunya

Dream - Hormon merupakan bagian penting dari tubuh manusia agar tiap organ bekerja sesuai fungsinya. Kerja hormon dipengaruhi banyak hal, bukan hanya kondisi fisik tapi juga psikologis.

Pada ibu hamil, perubahan hormon akan terjadi dengan cepat. Begitu juga ketika melahirkan dan menyusui agar, kehamilan bisa bertahan, persalinan lancar dan ibu bisa menyusui bayinya.

Rupanya dalam situasi tertentu, hormon yang diproduksi tubuh jumlahnya berlebihan dan memicu rasa tak nyaman. Salah satunya adalah tremor hebat saat persalinan atau labor shakes.

Rasa Gatal Terus Muncul Saat Hamil, Ini Pemicunya© MEN

" Tremor yang terjadi saat persalinan terkait dengan perubahan hormon, respons adrenalin, dan suhu," kata Desiree Bley, seorang dokter obstetri dai ginekologi di di Rumah Sakit Providence di Portland, Oregon, dikutip dari Parents.

Ia menjelaskan, selama persalinan, oksitosin dapat menyebabkan kontraksi rahim. Sebagian perempuan juga mengalami kontraksi otot di betis, punggung, lengan dan kaki mereka.

 

3 dari 4 halaman

Fluktuasi Hormon Secara Dramatis

Kontraksi yang terjadi ditambah dengan hormon stres seperti adrenalin, kortisol, dan epinefrin dan hormon akan berubah dengan cepat yang membuat ibu siap menjalani persalinan dan melahirkan. Semua hormon tersebut bercampur dengan bahan kimia tubuh lainnya yang berfluktuasi secara dramatis.

Level Stres Sudah Sangat Tinggi? Jangan Ragu Konsultasi dengan Profesional© MEN

Hal tersebut dapat mengakibatkan reaksi fisik yang masif berupa syok sehingga wanita yang melahirkan dapat gemetar hebat, berkeringat, menangis, muntah, atau menggigil. Kondisi kerap terjadi pada ibu setelah melahirkan.

4 dari 4 halaman

Berdampak Pada Emosi

" Selain dampak fisik, hormon juga bisa berdampak emosional. Setelah melahirkan, perempuan mungkin merasa tidak senang atau bahagia. Hal ini adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Pasalnya, transformasi masif yang dialami wanita pasca melahirkan menguras tenaga mental, fisik, dan emosional," kata Bley.

Ibu© Shutterstock

Menurut Bley, untuk mengurangi tremor atau kondisi menggigil tersebut, ibu bisa berbalut selimut hangat yang dapat membantu merilekskan otot. Bisa juga menghirup aroma yang menenangkan atau pijatan lembut. Bila ibu terus menggigil, jangan ragu untuk segera konsultasi dengan bidan dan dokter.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Parents

Beri Komentar