Ide Penataan Ruang TV Lesehan, Keren Tanpa Sofa

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 24 Juni 2022 08:12
Ide Penataan Ruang TV Lesehan, Keren Tanpa Sofa
Cocok untuk kamu yang lebih suka suasana lapang.

Dream - Ruang untuk menonton televisi di rumah biasanya dilengkapi dengan furnitur berupa meja dan sofa. Bagi beberapa orang, justru memilih suasana ruangan yang lapang minim perabot tapi tetap nyaman dan terlihat estetik.

Seperti pemilik akun Instagram @teni_feriyanto yang membuat ruang TV di rumahnya tanpa sofa. Area tersebut dibuat lapang tapi tetap bernuansa apik dengan karpet dan kursi lesehan atau floor chair.

Ruang TV© @teni_feriyanto

Ruangan hanya dilengkapi meja mungil untuk diletakkan di bawah TV. Rak juga di pasang di sudut untuk menaruh tanaman mungil dan sebagai penyimpanan.

Ruang TV© @teni_feriyanto

Untuk menambah suasana asri, ditaruh juga tanaman ukuran besar dan beberapa pot di meja. Bila memang ingin suka permainan warna bisa pilih floor chair dengan motif seru atau perpaduan beberapa warna. 

Sesuaikan saja dengan mood. Ruangan ini juga pastinya akan selalu nyaman bila disesuaikan dengan kebutuhan keluarga dan lebih mudah dibersihkan. Bisa diterapkan di rumah, Sahabat Dream.

 

 

1 dari 5 halaman

Dapur, Taman dan Laundry Room Jadi Satu Tapi Estetik

Dream - Banyak cara untuk menyiasati lahan yang terbatas demi membuat ruangan multifungsi. Pengaturan yang baik, serta pemilihan barang agar muat dan tertata apik adalah kuncinya.

Seperti area dapur, taman sekaligus laundry room dari pemilik akun Instagram @fifit.fitrisari. Ia membagikan ide dapur yang fungsional tapi tetap terlihat estetik.

Atap laundry room© Instagram @fifit.fitrisari

Pada bagian area cuci, dipasang atap transparan. Hal ini agar cahaya matahari bisa masuk dan ruangan tidak lembap. Jemuran lipat dipasang di tembok demi menghemat ruangan dan praktis.

 

2 dari 5 halaman

Taman Mini dan Dapur

Dapur taman laundry© Instagram @fifit.fitrisari

Untuk membuat suasana asri area sudut dipenuhi dengan pot tanaman berukuran sedang dan mungil. Terdapat juga tanaman gantung di tembok. Lantainya ditutup dengan rumput sintentis dan bebatuan. 

Di samping area ini terdapat dapur yang berdesain simpel. Didominasi warna hitam dan dibatasi dengan pot tanaman ukuran besar sebagai pembatas antar area.

Dapur© Instagram @fifit.fitrisari

Dapur dibuat bernuansa monokrom dengan perpaduan warna hitam, putih dan abu-abu. Untuk meja dapur dipilih warna hitam dengan backsplah putih dan tembok abu-abu. Sementara tempat penyimpanan didominasi warna putih.

Dapur© Instagram @fifit.fitrisari

Terbukti penataan yang pas bisa membuat ruangan ini sangat efektif untuk menjalankan tiga fungsi yang berbeda. Tampilannya juga asri memanjakan mata. Setuju, Sahabat Dream?

Sumber: Instagram @fifit.fitrisari

3 dari 5 halaman

Model Dapur Modern Low Maintanance ala Mugu House

Dream - Dapur dalam rumah tentunya merupakan hal yang sangat vital. Terutama yang rutin memasak, mulai dari menu sarapan, makan siang hingga makan malam. Seperti kita tahu aktivitas dapur penuh dengan bahan yang berminyak dan kotor.

Beberapa orang akhirnya membuat dua versi dapur, dapur bersih dan kotor. Hal ini agar dapur bersih hanya untuk mengolah masakan simpel dan menghangatkan menu. Sementara dapur kotor berada di belakang dan lebih sering digunakan.

Bagaimana jika tak mau membuat dua versi dapur? Bila hanya ingin satu dapur dengan desain keren tapi multifungsi, ide dari pemilik Mugu House mungkin bisa ditiru.

Dapur Mugu House© Mugu House

Foto: Instagram @mugu.house

Pemilik akun Instagram @mugu.house yang suka membagikan ide interior memberikan trik membuat dapur fungsional. Bukan hanya bisa digunakan secara optimal, tapi penataannya menarik dan perawatannya tak sulit alias low maintance.

" Gak ada istilah dapur bersih atau dapur kotor. Area ini merupakan dapur satu-satunya yang aktif di Mugu. Beberapa tips yang perlu dipertimbangin agar dapur dapat tetap digunakan aktif tapi low maintanance, pakai material dasar kabinet yang menggunakan multiplek karena lebih awet dan tahan air dibandingkan blokmin,"  ungkap pemilik akun Instagram @mugu.house.

 

4 dari 5 halaman

Pemilihan Material

Ia juga memberikan tips untuk memilih material HPL (High Pressure Laminate) yang tidak bertekstur. Hal ini karena dapur akan selalu terkena uap minyak. Kondisi tersebut membut HPL bertekstur cenderung sulit dibersihkan. Untuk top table, cari material kuat dan tahan terhadap panas.

Dapur© Mugu House

Foto: Instagram @mugu.house

" Pilih material top table yang tahan noda, tahan panas, tahan gores. Salah satunya Quadra," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Video Dapur Mugu House

Ketinggian jabinet juga harus diukur dengan tepat. Disesuaikan dengan orang yang paling sering menggunakan dapur atau berdasarkan standar orang Asia.

" Untuk top table Asia di ketinggian 80-85 cm. Selanjutnya untuk kabinet atas juga baiknya start di 60-70 cm di atas top table," tulisnya. Lihat video dapurnya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mugu House (@mugu.house)

Beri Komentar