Kaki Sering Kram Saat Hamil, Ini Cara Meredakannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 16 November 2022 10:12
Kaki Sering Kram Saat Hamil, Ini Cara Meredakannya
Untuk mengurangi keluhan kram, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ibu hamil bisa mencobanya.

Dream - Bobot tubuh yang naik drastis saat hamil, membuat kaki jadi lebih besar dan bengkak. Tak hanya itu, aliran darah di kaki juga lebih deras dan membuatnya jadi sangat mudah kram.

Terutama ketika berdiri atau duduk terlalu lama. Kram pada kaki saat hamil bisa timbul karena rasa lelah akibat membawa beban berat selama masa kehamilan. Perut ibu yang makin membesar juga bisa jadi penyebabnya.

Pembesaran perut bisa menekan pembuluh darah yang mengarah balik ke jantung dan saraf di sekitar kaki sehingga menimbulkan kram. Untuk mengurangi keluhan kram, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ibu hamil bisa mencobanya.

1. Hindari Kaki Menyilang
Berdiri terlalu lama maupun duduk menyilangkan kaki tidak berbahaya bagi kehamilan. Melakukan kebiasaan ini dalam waktu lama bisa menyebabkan kaki kram saat hamil. Selain bikin aliran darah tidak lancar, pertambahan berat badan dan bengkak di kaki menimbulkan keram.

Apabila harus bekerja dalam posisi berdiri, pastikan beristirahat secara berkala. Ambil jeda misalnya setiap 30 menit sekali untuk duduk sebentar.

 

1 dari 6 halaman

2. Lakukan Peregangan

Penting untuk melakukan peregangan kaki secara teratur di siang hari. Lakukan juga beberapa kali sebelum tidur demi membantu mengurangi munculnya kram kaki saat hamil. Caranya, lakukan gerakan berputar pada tumit dan jari-jari kaki saat duduk. Saat muncul kram muncul, luruskan kaki secara perlahan.

Ibu hamil© Shutterstock

3. Memijat Kaki
Memijat kaki bisa menjadi salah satu cara mengurangi risiko kaki kram pada ibu hamil. Meski sakit, ibu hamil tetap bisa memberikan pijatan yang lembut dan perlahan pada area kaki yang keram. Gunakan minyak oles seperti minyak esensial saat memijat kaki. Selain memudahkan proses memijat, aroma minyak esensial biasanya menenangkan.

 

2 dari 6 halaman

4. Kompres dengan Air Hangat

Cara menghilangkan kram kaki saat hamil berikutnya, yaitu kompres dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan botol berisi air hangat dan meletakkannya di betis.

Cara ini dianggap efektif karena dapat membantu melemaskan ketegangan otot yang terjadi. Minta bantuan pasangan untuk membantu mengompres air hangat di kaki. Ganti kompres ketika sudah tidak terasa hangat.

Sumber: KlikDokter

3 dari 6 halaman

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Bugar Saat Hamil

Dream - Ketika hamil, wanita seringkali disarankan untuk lebih banyak istirahat oleh orang di sekitarnya agar janin tetap sehat. Tapi, saran tersebut tidak selamanya tepat.

Wanita juga harus tetap aktif di masa kehamilan untuk menjaga kesehatan janin. Tentunya, aktivitas yang dilakukan harus benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh maupun janin.

Meski sudah terbiasa beraktivitas, wanita hamil mungkin kesulitan untuk melawan rasa malas untuk bergerak secara rutin. Apalagi, di usia kehamilan yang sudah mendekati waktu kelahiran.

Jika kamu mengalaminya, ikuti saran dari Diet Coach, Velda Masli agar tetap aktif di masa kehamilan.

4 dari 6 halaman

1. Memilih Aktivitas yang Disukai dan Berkonsultasi dengan Dokter

Berkonsultasi ke Dokter© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Bila ragu untuk memilih aktivitas yang tepat, berkonsultasilah dengan dokter, Sehingga, kamu bisa melakukan kegiatan yang baik untuk tubuh maupun janin. Pilih juga kegiatan yang disukai agar lebih mudah dilakukan secara rutin.

5 dari 6 halaman

2. Melakukan Secara Rutin dan Konsisten

Setelah memilih kegiatan yang disukai, kamu akan lebih mudah melakukannya secara rutin. Pertahankan kebiasaan tersebut untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dan janin. Sehingga, tubuhmu pun jadi lebih kuat.

Bila perlu, buatlah jadwal tersendiri untuk aktivitas tersebut agar bisa lebih disiplin dan mudah melakukannya secara rutin.

3. Mencari Teman untuk Beraktivitas

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Beraktivitas bersama teman, suami, atau kerabat bisa membuatmu lebih semangat. Kamu juga bisa menyewa jasa coach untuk membuat olahraga yang lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu.

6 dari 6 halaman

4. Mengimbangi Setiap Aktivitas dengan Istirahat dan Hidrasi yang Cukup

Jangan lupa untuk mencukupi waktu istirahat dan kebutuhan hidrasi tubuh agar tetap segar serta berenergi. Cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengontrol waktu tidur serta rutinitas minum air setiap hari. Jadi, kesehatan tubuh pun lebih terkontrol.

5. Memenuhi Asupan Nutrisi

Tidak hanya memastikan tubuh tetap aktif, kamu juga harus memperhatikan nutrisi dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi makanan yang kaya akan zat gizi, sehingga tubuhmu tetap sehat dan segar. Pertumbuhan janin pun akan lebih baik.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More