Kapan Terakhir Bersihkan Layar Televisi? Debunya Bisa Bikin Buram

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 19 November 2022 12:22
Kapan Terakhir Bersihkan Layar Televisi? Debunya Bisa Bikin Buram
Televisi dengan material yang berwarna hitam dan gelap membuat kita tak menyadari kalau telah dipenuhi debu.

Dream - Televisi jadi perabot elektronik yang wajib ada di rumah. Seluruh anggota keluarga selalu mengandalkan televisi untuk hiburan saat tak bisa keluar rumah, terutama di musim hujan seperti sekarang.

Biar suasana menonton lebih nyaman, pastikan Sahabat Dream membersihkan layarnya dengan teratur. Televisi dengan material yang berwarna hitam dan gelap membuat kita tak menyadari kalau telah dipenuhi debu.

Bila layarnya ditutupi debu yang cukup tebal kadang sampai membuat membuat gambar jadi agak buram dan tak jernih. Dengan membersihkannya secara rutin, kamu akan mendapatkan gambar layar yang lebih jernih. Selain itu, televisi akan tetap terjaga dan awet.

Cara Membersihkan Layar Televisi

Membersihkan layar televisi© Shutterstock

Metode dan alat serta produk yang digunakan untuk membersihkan televisi berbeda-beda tergantung dari jenis layar TV itu sendiri. Untuk layar TV Flat Plasma, LCD, LED, dan OLED, kamu hanya perlu menggunakan kain microfiber dan sedikit air.

Sebelum membersihkan, pastikan TV sudah dimatikan dan dicabut dari aliran lisrik. Kemudian lap layar menggunakan kain microfiber, lalu lap lagi menggunakan kain yang sudah sedikit dibasahkan dengan air. Terakhir, bersihkan bagian atas dan bawah TV.

1 dari 5 halaman

Bersihkan Remote TV

Untuk membersihkan remote TV, Sahabat Dream bisa menggunakan semprotan disinfektan aerosol . Hindari penggunaan bahan kimia yang keras seperti pemutih dan membuat remot terlalu basah.

Untuk membersihkannya, keluarkan terlebih dahulu baterai remote. Kemudian lap permukaan remote menggunakan disinfektan atau tisu anti bakteri. Kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke alkohol untuk membersihkan penumpukan debu dan kotoran.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Sumber: MarthaStewart

2 dari 5 halaman

Jadikan Televisi Bagian dari Dekorasi Interior Rumah

Dream - Menaruh televisi di ruangan keluarga jadi hal yang dilakukan banyak orang. Sebagai hiburan, televisi memang selalu jadi andalan. Penting untuk menaruh televisi di area yang tepat agar berpadu pas dengan interior di ruang keluarga.

Jangan sampai penempatan televisi malah merusak keindahan visual atau berbenturan dengan dekorasi rumah. Lalu bagaimana menjadikan televisi berpadu pas dengan interior rumah?

Ide utamanya adalah membuat televisi jadi bagian dari interior dan menyatukannya secara visual. Simak trik berikut.

Kamuflase televisi dengan hiasan dinding
Memadukan televisi secara visual ke dinding dengan mengelilinginya dengan gambar atau lukisan adalah taktik yang populer. Taruh televisi berdekatan dengan hiasan dinding lain yang ukurannya tak jauh berbeda. Cobalah untuk membuat komposisi yang pas menggunakan warna dan tekstur serupa.

 

3 dari 5 halaman

Bingkai
Bingkai adalah solusi kreatif. Kamu dapat membingkai televisi layaknya lukisan. Cari bingkai dengan ukuran pas dan detail unik serta warna yang pas dengan televisi.

Jendela tiruan
Bisa juga menaruh televisi dalam 'jendela tiruan'. Coba cari kabinet yang lebih besar dari televisi dengan bagian depan yang bisa dibuka dan tutup sesuai kebutuhan.
Dengan begitu, kamu dapat menikmati interior jendela tiruan yang indah dan membukanya kapan pun saat ingin menonton televisi.

Sumber: DecorTips

4 dari 5 halaman

Trik Bersihkan Televisi Tanpa Membuat Gores di Layar

Dream - Televisi yang dipenuhi debu tentu tak sedap dipandang mata. Apalagi jika menonton film dengan efek animasi. Gambarnya jadi tak tampak jernih. Pastikan Sahabat Dream membersihkannya secara teratur.

Banyak orang enggan membersihkan televisi karena takut layarnya tergores atau rusak. Sebenarnya ada trik khusus untuk membersihkan alat elektronik satu ini. Justru debu yang menumpuk di televisi, jika dibiarkan malah akan merusaknya.

Singkirkan dulu debu dengan kemoceng

Langkah pertama, singkirkan dulu debu yang tebal dengan kemoceng berbahan lembut. Pastikan membersihkannya dengan satu arah dan bukan bolak-balik.

Jadi, jika bersihkan ke arah kanan, maka lakukan ke arah yang sama. Singkirkan dulu debu di kemoceng, baru kemudian lakukan pembersihan lagi.

5 dari 5 halaman

Gunakan lap micro fiber

Langkah kedua sediakan lap micro fiber. Apa pun jenis televisi yang dimiliki, pastikan membersihkannya dengan kain microfiber yang kering. Materialnya memang dirancang untuk membersihkan dan menghilangkan noda dari layar elektronik, kacamata, ponsel, dan lensa kamera.

Teksturnya sangat halus dan akan menyerap debu sehingga tidak menyebar. Bisa gunakan yang berukuran sedang untuk membersihkan televisi.

Jangan gunakan lap biasa dan formula pembersih

Hindari menggunakan lap biasa, pasalnya kita tak tahu bahan tersebut aman atau tidak untuk layar. Televisi, terutama plasma memiliki lapisan anti-silau yang bisa rusak oleh formula pembersih.

Untuk itu hindari menggunakan formula cairan pembersih untuk membersihkan debu di televisi. Cukup dilap kering saja menggunakan bahan micro fiber dan lakukan satu kali seminggu.


Sumber: GoodHouseKeeping

Beri Komentar