Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rahasia Merawat Tanaman Sukulen Agar Tak Membusuk

Rahasia Merawat Tanaman Sukulen Agar Tak Membusuk Tanaman Sukulen/ Foto: Shutterstock

Dream - Tanaman sukulen banyak dipilih untuk menghiasi meja kerja atau area sudut rumah. Tampilannya dengan bentuk yang unik dan memiliki warna cerah membuat tanaman ini memberikan sentuhan berbeda.

Tak perlu banyak area yang dibutuhkan untuk menanam sukulen. Hal itu pula yang membuat tanaman ini jadi pilihan utama bagi yang memiliki rumah mungil. Banyak yang beranggapan kalau merawatnya sangat mudah, padahal dibutuhkan trik tertentu agar tanaman ini tak membusuk dan mati.

Sukulen memang membutuhkan perawatan khusus yang sama sekali tidak seperti tanaman lain. Langkah pertama adalah pilih substrat dan pupuk yang digunakan dengan sukulen.
Selalu kenakan sarung tangan saat merawat sukulen agar tumbuh indah dan kuat.

Mengapa? Sarung tangan juga akan mencegah sukulen terkena penyakit atau cacat. Kedua, ingatlah bahwa sukulen membutuhkan sedikit air Kebutuhan air berkurang karena sukulen dapat menyerap kelembapan dari lingkungannya dan menyimpannya di daun serta di batang dan akar.

Kapasitasnya untuk menyimpan kelembapan membuat penyiraman berlebih menjadi masalah dan membuatnya membusuk lalu mati. Karena itu, bahkan selama bulan-bulan terpanas, sirami seminggu sekali saja saat suhu rendah.

 

Cahaya dan Kelembapan

Ketiga, sukulen membutuhkan banyak cahaya sepanjang tahun. Namun demikian, kita harus berhati-hati untuk tidak memaparkannya ke sinar matahari langsung yang dapat mematikannya, terutama di musim panas.

Karena matahari membuat cadangan air mereka menguap, mustahil bagi sukulen untuk terhidrasi secara memadai. Ada trik yang memungkinkan kita mengidentifikasi apakah sukulen terlalu banyak atau terlalu sedikit cahaya.

Perhatikan daunnyam jika kemerahan artinya terlalu panas. Jika daunnya kehilangan warna, ini berarti sukulen membutuhkan lebih banyak cahaya. Jadi, perhatikan betul-betul paparan cahaya dan kebutuhan airnya.

Sumber: DecorTips

Waktu Terbaik Menyiram Tanaman, Sudah Tahu?

Dream - Seluruh tanaman pasti butuh air, tapi tentunya pemberian air harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Jangan sampai kekurangan atau kelebihan karena bisa membuat pertumbuhannya jadi tak sehat.

Penyiraman secara teratur menjadi kuncinya agar tanaman bisa tumbuh subur dan tampak hijau segar. Cara menyiramnya juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penyiraman lebih efektif, seperti kapan dan bagaimana cara menyiram.

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman kesayangan adalah di pagi hari, bukan di malam hari, karena hal ini dapat menguatkan tanaman saat menghadapi panas. Perhatikan juga hal-hal berikut saat menyiram tanaman.

Tanaman semusim
Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman dan sayuran semusim. Jenis tanaman ini umumnya memiliki akar yang lebih pendek sehingga sulit untuk mengakses kelembaban tanah yang lebih dalam. Di sisi lain, menyiram tanaman pada sore hari tidak disarankan karena berkaitan dengan laju penguapan.

 

Tanaman Pot

Jika tanaman sedang mengalami kekeringan atau tingkat kelembapan kurang, maka segera sirami tanpa memperhatikan waktu. Selain itu, aturannya berbeda untuk tanaman dalam pot. Selama musim panas, tanaman pot perlu disiram dua kali sehari.

Penyiraman pertama dilakukan pada pagi hari untuk melindungi tanaman dari terik matahari. Kedua, penyiraman pada sore hari untuk menggantikan air yang hilang akibat penguapan. Namun, pot succulents dan kaktus membutuhkan lebih sedikit penyiraman.

Begitu pula dengan semak dan pohon yang memiliki akar lebih dalam. Menyiram tanaman dengan jarang, juga diperbolehkan.

 

Tanaman Baru

Kemudian untuk tanaman baru yang dipindahkan ke pot atau lahan kebun sebaiknya lebih sering disiram sampai ditanam sempurna. Penyiraman lebih sering juga bertujuan agar tanah tetap lembab dan membantu menekan akar ke bawah.

Periksa kelembapan tanah dengan sekop atau tangan untuk tanaman pot. Jika bagian atas tanah terasa kering, maka perlu dilakukan penyiraman kembali agar tanaman tidak stres.

Cara Menyiram
Ada juga cara menyiram tanaman. Alih-alih menyiram bagian atas tanaman, siramlah di bawahnya, tepatnya di pangkal tanaman. Penyiraman di atas bisa menyebabkan air yang menempel di daun menguap, sehingga tanah tidak lembab. Selain itu, jika kamu menyiramnya pada sore hari, air pada daunnya bisa mengendap semalaman dan menimbulkan masalah.

Bila daunnya terlihat berdebu, tidak apa-apa untuk sesekali menyiram tanaman dari atas. Untuk tanaman dalam pot, sebaiknya disiram dengan semprotan atau gayung yang diisi air. Namun untuk tanaman yang tumbuh di lahan kebun, sirami dengan selang.

Selengkapnya baca di Diadona.id

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB

Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB

Sulit buang air besar bisa disebabkan pola makan kurang sehat. Ketahui kebiasaan yang harus diperbaiki agar pencernaan lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya