10 Artis Korea Ini Ternyata Pernah Tinggal di Indonesia, Ada yang Lahir di Jogja

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 1 Juli 2021 17:24
10 Artis Korea Ini Ternyata Pernah Tinggal di Indonesia, Ada yang Lahir di Jogja
Tak banyak yang tahu, beberapa artis besar Korea ini pernah tinggal bahkan lahir di Indonesia

Dream - Demam Korea atau Korean Wave menjadi fenomena yang sedang mendunia, tak terkecuali di Indonesia. Dalam beberapa tahun ke belakang, hampir semua kalangan khususnya remaja mengikuti tren yang dibawa oleh figur publik asal Negeri Ginseng ini.

Banyak yang mengadaptasi cara berpakaian dan makeup Korea. Tak sedikit pula artis Indonesia yang meng-cover lagu Korea. Fans garis keras terutama untuk boyband/girlband K-Pop di Indonesia pun jumlahnya sangat fantastis.

Baca juga: Potret 7 Seleb Hadiri Pernikahan ART dan Karyawannya, Terakhir Bikin Heboh!

Namun jarang yang tahu bahwa di antara para bintang Korea itu beberapa pernah tinggal, bahkan lahir di Indonesia. Ada yang karena pekerjaan orang tua hingga sekadar berkunjung bersama keluarga.

Maka tak heran, sampai ada yang jago bahasa Indonesia. Penasaran siapa saja artis Korea yang pernah tinggal bahkan lahir di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 10 halaman

1. Jenny Kim

Ilustrasi© foto : globalbeauties.com

Jenny Kim termasuk dalam deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia. Ia mengungkap bahwa dirinya tinggal di Jakarta selama 18 tahun, sejak berumur satu tahun hingga menamatkan SMA (1995-2013).

Lulusan Universitas Wanita Ewha ini mendapat motivasi dari gurunya untuk mengikuti kontes kecantikan. Ia kemudian mengikuti ajang Miss World Korea 2015 dan mendapat gelar Miss Congeniality dalam ajang Miss Universe 2016.

Baca juga: 100 Kata-Kata Bikin Baper untuk Kekasih Hati, Bucin & Menghanyutkan Perasaan

Jenny Kim lahir di Korea Selatan pada 22 November 1994. Selama tinggal di Indonesia, ia menempuh pendidikan di Jakarta International School dan Gandhi Memorial International School lalu berkuliah di Korea Selatan.

© Dream
2 dari 10 halaman

2. Jung Joon Young

Ilustrasi© Foto : allkpop.com

Tak banyak yang tahu bahwa Jung Joon Young lahir di Indonesia. Hal itu diungkapnya saat tampil di acara KBS2 '1 vs. 100' pada 2013. Cast acara 2 Days & 1 Night itu juga mengungkap kemampuannya berbicara dalam lima bahasa.

" Aku lahir di Indonesia, tetapi aku menghabiskan masa sekolahku di Cina, Prancis, Filipina, Jepang, dan negara lain. Aku dapat berbicara lima bahasa: Inggris, Jepang, Cina, Tagalog, dan Korea," ungkap pria kelahiran 21 Februari 1989 itu.

Baca juga: 9 Fakta Hartono Hosea, Calon Mertua Boy William, yang Tajirnya Bukan Main

Ayah Jung Joon Young, Jung Hak Chun adalah seorang pengusaha yang bepergian ke banyak negara untuk urusan bisnis. Ia mulai pindah ke Korea Selatan pada 2008 untuk memulai karier musiknya dan ikut acara Superstar K4.

3 dari 10 halaman

3. Jung Min Joo

Jung min Joo© Foto : kprofiles.com

Jung Min Joo adalah solois jebolan JYP Entertainment yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Joo. Kakak perempuan Ilhoon BTOB ini menghabiskan masa kecilnya di Indonesia karena mengikuti pekerjaan ayahnya di Cilegon.

Baca juga: Menahan Sakit dan Susah Bernapas, Mainan Bersarang 37 Tahun di Hidung Wanita Ini

" Ya, waktu kecil, ayahku kerja di daerah pantai di Cilegon, Indonesia. Aku pernah menetap di Indonesia waktu aku berumur tiga tahun. Jadi, Indonesia bukan negara yang asing lagi buat aku. Tapi, kalau untuk perform sih, ini kedatangan aku yang pertama kali ke Indonesia," ungkap Joo.

© Dream
4 dari 10 halaman

4. Tablo

Ilustrasi© Foto : kpopmap.com

Penggemar variety show Return of Superman pasti sudah tak asing dengan sosok Tablo, ayah dari Lee Haru. Personel grup Hip Hop Korea EPIK HIGH ini pun termasuk deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia karena mengikuti ayahnya.

Baca juga: Tak Banyak yang Sadar, 9 Seleb Indonesia Ini Mirip Artis Korea

Dalam wawancara eksklusifnya dengan Yonhap, terungkap bahwa Tablo lahir di Jakarta pada 22 Juli 1980. Ia bahkan lebih dulu belajar bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa ibunya, karena tinggal di Jakarta selama tiga tahun.

Ayah dari pemilik nama asli Lee Seon Woong ini bekerja di bidang konstruksi. Setelah tinggal di Jakarta, Tablo pindah beberapa kali ke Swiss dan Hong Kong, hingga akhirnya bersekolah di Kanada sejak umur 8 tahun hingga lulus kuliah.

5 dari 10 halaman

5. Jangjun Golden Child

Ilustrasi© Foto : twitter.com/@Hi_Goldennes

Jangjun Golden Child lahir dan besar di Korea Selatan pada 3 Maret 1997. Namun, ia termasuk deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia karena mengikuti kakak perempuannya yang tinggal di Surabaya, bahkan belajar bahasa Indonesia.

Baca juga: 50 Kata-kata Sadis Pedas Banget, Buat Orang yang Bikin Hati Jadi Gregetan

Saat menjadi bintang tamu acara radio KBS World, Jangjun mengungkap ia tinggal di Surabaya selama satu bulan. Selama itu pula ia menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan ke Gunung Bromo, Taman Safari, dan seringkali ke Alfamart.

" Aku pernah tinggal di Surabaya. Aku sering jalan-jalan waktu itu. Gunung Bromo! Aku pernah ke sana juga dan Alfamart. Aku sering banget ke sana," cerita Jangjun.

© Dream
6 dari 10 halaman

6. Ayana Moon

Ilustrasi© foto : instagram.com/xolovelyayana

Ayana Moon adalah selebgram berdarah Korea yang populer di Indonesia dengan kisah perjalanannya menjadi mualaf.

Sejak itu, wanita kelahiran 28 Desember 1995 ini mulai menggali informasi tentang Islam meskipun mendapat tentangan keras dari keluarganya. Ayana pergi ke Malaysia untuk belajar Islam namun tak mendapat dukungan finansial dari orang tuanya.

Baca juga: Ingin Sedekah, Sang Sopir Angkot Gratiskan Ongkos Penumpang Setiap Jumat

Saat hampir menyerah dan pulang ke Korea Selatan, ia singgah ke Indonesia di mana hidupnya mulai berubah sejak itu. Ayana Moon digandeng menjadi brand ambassador produk kecantikan Indonesia dan membintangi iklan kopi hingga minuman isotonik.
7 dari 10 halaman

7. Loudi 14U

Ilustrasi© Foto : Instagram.com/seolology_00

Pemilik nama asli Edward Wen ini menjadi idol KPop pertama yang berasal dari Indonesia. Dalam channel YouTube Sunny Dahye, eks personel 14U ini mengungkap identitasnya yang lahir di Yogyakarta dari keluarga yang berdarah Cina dan Korea.

Loudi awalnya mempelajari bahasa Korea di Negeri Ginseng dan bekerja di industri fashion. Sejak itu, pria kelahiran 13 April 1996 ini mendapat banyak kenalan hingga mendapat kesempatan untuk mengikuti casting dari agensi KPop.

Baca juga: 50 Kata-kata Sedih Singkat Tentang Cinta yang Luluhkan Hati dan Tenangkan Diri

" Dari fashion, udah mulai banyak kenalan. Tapi kalo misalnya kita bisa bilang, fashion industry sama entertainment industry kan deket banget. Dari situ, kenalan-kenalan, gue kena casting," ungkap pria yang mengganti nama panggungnya menjadi BLEU.
© Dream
8 dari 10 halaman

8. Dita Karang

Ilustrasi© Foto : Instagram.com/fyi.ditakarang

Dita Karang telah bercita-cita menjadi idol KPop sejak masa sekolah karena kecintaannya terhadap 2NE1. Dancer utama Secret Number ini lolos audisi di Korea Selatan setelah menyelesaikan pendidikannya di Amerikan Musical and Dramatic Academy pada 2017.

Baca juga: 50 Kata-kata Bijak Lucu Tentang Kehidupan, Bikin Santai dan Dapat Semangat Baru

Pemilik nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang lahir dan besar di Yogyakarta pada 25 Desember 1996. Pelantun lagu 'Who Dis?' ini telah menjadi perbincangan hangat di tengah netizen Indonesia sebelum memulai debutnya pada 2020.

" Saat mengambil pendidikan kuliah di New York, aku bergabung di akademi tari. Karena aku suka KPop, aku mencoba mengikuti audisi dan lolos," ungkap Dita.

9 dari 10 halaman

9. Vanya Z-Girls

Ilustrasi© Foto : Instagram.com/zhavanyameidi

Pemilik nama asli Zhavanya Meidi Hendranata ini termasuk artis Korea pernah tinggal di Indonesia, sebab lahir di Yogyakarta pada 16 Mei 1996. Sebelum debut bersama Z-Girls, Vanya memenangkan juara kedua acara survival The Next Boy/ Girl Band.

Vanya Z-Girls kemudian memenangkan audisi Z-Pop Dream Project dan terbang ke Korea Selatan untuk mengikuti training selama tiga bulan. Ia kini tergabung sebagai dancer utama Z-Girls, grup KPop yang berisi tujuh personel dari berbagai negara Asia.

Baca juga: 8 Foto Pungky, Primadona yang Bikin Ahmad Dhani Jatuh Cinta

Z-Girls telah lama hiatus sejak terakhir kali merilis single 'Streets of Gold' pada 2019. Vanya pun kini lebih aktif di channel YouTube pribadi Zhavanya, mengunggah cover lagu dan membagikan kehidupannya lewat vlog saat berlibur di Bali dan Bandung.

© Dream
10 dari 10 halaman

10. Yannie Kim

Ilustrasi© Foto : instagram.com/yannie_kim

Yani Mustafa adalah wanita kelahiran Jakarta Timur yang kini lebih dikenal dengan nama panggungnya Yannie Kim. Kepada Wolipop, wanita kelahiran 1979 ini mengungkap bagaimana ia mulai terjun ke industri hiburan Korea pada 2009 sebagai pemeran figuran.

" Kebetulan Yong-pal lagi butuh orang, aku dihubungi via telepon. Jadi aku nggak perlu ngikutin casting lagi karena pihak mereka udah lihat langsung video pas aku casting untuk layar lebar itu," cerita Yannie.

Yannie Kim termasuk artis Korea pernah tinggal di Indonesia yang menikahi pria asal Negeri Ginseng, Ko Incheol pada 2004. Pasangan ini telah dikaruniai dua putri Ko Eunbi juga Ko Soobin yang baru-baru ini menjadi cameo drama Korea Racket Boys.

Beri Komentar