10 Fakta Intan Wisni, Wakil Indonesia yang Gelagapan di Miss Eco International

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 8 April 2021 11:22
10 Fakta Intan Wisni, Wakil Indonesia yang Gelagapan di Miss Eco International
Intan Wisni sebetulnya sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan masuk TOP 10 Miss Eco Internasional. Namun panik yang mendera membuatnya meminta bantuaan penerjemah.

Dream - Nama Intan Wisni tiba-tiba menghiasi dinding trending di berbagai platform media sosial. Miss Eco Indonesia itu disorot setelah meminta bantuan seorang penerjemah dalam sesi tanya jawab di ajang Miss Eco International 2021 di Mesir.

Intan yang meminta bantuan penerjemah di ajang berskala internasional itu mendapat banyak kritik dari netizen. Banyak yang beraanggapan, Intan sebagai wakil Indonesia seharusnya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Bukan hanya itu, jawaban Intan dalam bahasa Indonesia juga tak luput dari kritik netizen lantaran dianggap kurang menguasai materi. Hal inilah yang membuat netizen menilai penerjemah yang disediakan panitia kesulitan untuk menerjemahkan jawaban Intan ke hadapan juri.

Kejadian ini membuat Intan jadi sorotan warganet. Banyak orang yang bertanya-tanya akan sosok perempuan cantik itu. Nah untuk itu, simak fakta-fakta tentang Intan Wisni berikut ini!

1 dari 10 halaman

1. Prestasi Intan Wisni di Kontes Kecantikan

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Intan Wisni lahir di Tangerang 1997 silam. Miss Eco Indonesia 2021 bukanlah kontes kecantikan pertama yang diikuti Intan Wisni. Wanita 24 tahun itu pernah terpilih sebagai Miss Global Beauty Queen Indonesia 2019 dan Miss Earth Banten Indonesia2017. Intan juga pernah mengikuti ajang THE SUPERMODEL INDONESIA 2019.

2 dari 10 halaman

2. Model Iklan dan Bintang Televisi

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Kerap mengikuti berbagai kontes kecantikan, Intan Wisni juga populer sebagai model iklan. Selain itu Intan juga kerap membintangi acara televisi Bedah Rumah di Global TV. Dalam video yang diunggahnya tampak Intan mengikuti kehidupan pria bernama Nirja yang bekerja sebagai pencari batu kali.

3 dari 10 halaman

3. Terpilih Sebagai Top 10 Miss Eco Indonesia 2021

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Saat momen memalukan tersebut terjadi, Intan sebenarnya sukses masuk top 10 Miss Eco International 2021. Dia berhasil mengalahkan finalis lainnya dalam ajang itu.

Bersaing dengan puluhan wanita dari berbagai belahan dunia, Intan Wisni membuktikan dirinya bisa berkompetisi meski datang terlambat ke ajang Miss Eco International 2021. Dia memukau dalam sesi penjurian kostum nasional. Intan mengenakan kostum bertema GREEN PEACOCK - THE EMERALD FROM JAVA.

Dan wanita cantik itu sukses melaju di ajang Miss Eco International 2021 hingga babak top 10. Grand final Miss Eco International 2021 digelar pada 5 April 2021 di Baron Resort Sharm El Sheikh, Mesir.

Miss Eco International sendiri merupakan ajang kontes kecantikan yang bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan penghijauan. Miss Eco International diselenggarakan di Mesir dan dimenangkan oleh Gizzelle Ulys dari Afrika Selatan di tahun 2021 ini.

4 dari 10 halaman

4. Mengikuti Kontes di Mesir

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Ajang Miss Eco International 2021 digelar di Mesir mulai 18 Maret hingga 6 April 2021. Namun Intan Wisni baru berangkat ke Mesir pada 23 Maret 2021. Hal tersebut terlihat dari unggahan akun Instagram @eljohn.pageants yang menaungi ajang Miss Eco Indonesia.

" Intan Wisni, Miss Eco Indonesia 2020 is Ready to represent Indonesia on Miss Eco International 2021 in Egypt. Let's Send her Love and support," tulis Eljohn Pageants di Instagramnya.

5 dari 10 halaman

5. Bisa Berbahasa Arab

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Untuk memaksimalkan penampilannya di kontes kecantikan Miss Eco International 2021, Intan sudah menjalani serangkaian persiapan, mulai dari mengikuti sekolah kecantikan hingga pelatihan dari desainer ternama.

Bahkan, Intan mengaku pernah belajar bahasa Arab. Mengingat acara bergengsi itu di gelar di Mesir, dia berharap kemampuan ini bisa membantunya dalam kontes tersebut. 

6 dari 10 halaman

6. Terlambat Mengikuti Miss Eco International 2021

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Intan sempat menunda keberangkatannya ke Mesir hingga tanggal 23 Maret 2021 karena masalah yang terjadi. Padahal, kontes kecantikan Miss Eco International, mulai diselenggarakan pada 18 Maret hingga 6 April 2021.

Akun Instagram @eljohpageants sempat mengungkapkan penyebab keterlambatan Intan berangkat ke Miss Eco International 2021 karena permasalahan visa. Dan dalam penjelasan lainnya yang disampaikan oleh akun Instagram @dpidamu dikatakan bahwa ada hal mendesak yang membuat Intan harus mengurus kembali keberangkatananya ke Mesir pada hari-H.

7 dari 10 halaman

7. Efek Keterlambatan Intan Wisni ke Miss Eco International 2021

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Baru tiba di Mesir di saat peserta Miss Eco International 2021 lainnya sudah melakukan berbagai kegiatan selama karantina berdampak pada penilaian Intan Wisni. Dia tidak mengikuti penilaian untuk sesi baju renang. Dan yang lebih menyedihkannya busana yang seharusnya dikenakan Intan untuk acara unjuk bakat tertinggal.

8 dari 10 halaman

8. Jiwa Sosial Tinggi

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Intan masih menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan sosial untuk membantu sesama di sela-sela kesibukannya. Baginya, sedekah adalah hal wajib, bukan hanya pada manusia saja, tetapi juga sesama makhluk hidup. Hal tersebut terlihat saat dirinya hadir menemui anak-anak yatim di Rumah Asuh Yatim Fadhilah Ihsan belum lama ini dan berbagai kegiatan sosial yang ia bagikan di instagramnya.

9 dari 10 halaman

9. Jadi Kontroversi Saat Ditanya Juri

Ilustrasi© Foto : instagram.com/tanterempong

Sayangnya Intan Wisni tak melaju ke babak selanjutnya di ajang Miss Eco International 2021 setelah terpilih sebagai top 10. Malah kini videonya dalam sesi penjurian top 10 viral di media sosial.

Momen dirinya ditanya juri mengenai imigrasi ilegal menjadi perbincangan netizen. Tak sedikit yang melakukan bullying padanya karena gelagapan saat menjawab pertanyaan tersebut. Dia juga dibully karena memilih menggunakan penerjemah bahasa Inggris.

" Imigrasi yang ilegal adalah di mana suatu negara imigrasi yang disetujui dan diperbolehkan oleh negara tersebut dan memiliki sesuatu persetujuan like... uhm.... perjanjian sesuatu untuk negara tersebut dan menghasilkan sesuatu untuk kelegalitasan tersebut, termasuk dalam PBB. Sorry, thank you," kata Intan saat menjawab pertanyaan juri.

10 dari 10 halaman

10. Alasan Memakai Penerjemah

Ilustrasi© Foto : instagram.com/intanwisni89

Terkait hal tersebut, Intan Wisni pun membuat sebuah video dan mengklarifikasi soal keputusannya menggunakan penerjemah dalam ajang Miss Eco International 2020. Dalam video yang diunggah oleh akun gosip @lambe_turah, Intan menjelaskan, ia memakai penerjemah karena masih kaget bisa masuk 10 besar dalam ajang itu.

" Mohon maaf atas jawaban aku yang jauh dari kata sempurna. Dan aku memakai translator, kenapa? Karena aku masih syok masuk 10 besar dan di belakang panggung itu benar-benar se-hectic itu dan aku tipe orang yang panikan dan aku kebawa suasana hectic," kata Intan yang dalam video itu menggunakan gaun berwarna putih.

Dia melanjutkan, bahwa dirinya menggunakan bantuan translator atau penerjemah dalam ajang itu agar dia tidak terbata-bata ketika menjawab pertanyaan dari juri. Namun, sayangnya, ia kaget karena mendapat pertanyaan di luar kemampuannya, sehingga dia terbata-bata saat menjawabnya.

" Kenapa aku pakai translator, karena aku enggak mau terbata-bata. Tapi ternyata aku benar-benar syok pertanyaan itu tentang politik. Setahu aku, hanya untuk pertanyaan Miss Earth itu hanya tentang wanita dan lingkungan," jelas dia.

Namun demikian banyak juga yang memberikan dukungan pada Intan. Dia dianggap tetap berprestasi karena meski terlambat datang dibanding finalis lain, Intan Wisni mampu sampai babak top Miss Eco International 2021.

 

Beri Komentar