7 Fakta Soraya Abdullah, Pemain 'Tersanjung' Hingga Dikaitkan Indra Bruggman

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 2 Februari 2021 16:22
7 Fakta Soraya Abdullah, Pemain 'Tersanjung' Hingga Dikaitkan Indra Bruggman
Inilah sosok sebenarnya Soraya Abdullah yang meninggal karena Covid-19

Dream - Kabar duka datang bertubi-tubi dari dunia hiburan. Soraya Abdullah Balvas, seorang aktris jelita yang malang melintang di dunia hiburan Tanah Air era 90an ini meninggal dunia pada Senin, 1 Februari 2021. Kabar duka cita itu disebarkan melalu unggahan Ummi Pipik. 

Unggahan dari Ummi Pipik, berupa foto bersama almarhumah dan caption singkat, menegaskan kabar yang beredar itu.

Menurutnya penuturan Umi Pipik, Soraya Abdullah meninggal dunia karena Covid-19. Mengetahui hal itu, sederet artis Indonesia ramai-ramai mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Soraya Abdullah.

Seiring dengan kabar duka ini, sosok Soraya Abdullah membuat publik penasaran. Pasalnya, ia mulai menghilang dari layar kaca sejak beberapa tahun lalu. Lantas siapa sosok Soraya Abdullah ini? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 7 halaman

1. Pemain Sinetron Tersanjung

Soraya Abdullah terlahir dengan nama Soraya Abdullah Balvas. Publik mengenal wajahnya dari sejumlah iklan yang ia bintangi. Soraya Abdullah diketahui menjajaki karier di panggung hiburan nasional sebagai model dan bintang iklan.

 

Ilustrasi© Foto : Youtube

Pemilik nama lengkap Soraya Abdullah Balfas ini lahir di Jakarta, pada 3 Agustus 1978. Ia memulai karier di dunia hiburan Tanah Air sejak tahun 1996.

Namanya makin dikenal setelah bermain dalam sinetron Tersanjung musim ketiga hingga lima. Di sinetron tersebut, ia beradu peran dengan artis papan atas lainnya seperti Jihan Fahira, Jeremy Thomas, dan Febby Febiola.

Ia juga membintangi sinetron Gerhana yang tidak kalah populer pada waktu itu. Soraya berperan sebagai Medusa, perempuan berambut ular. Sinetron lainnya yang pernah ia bintangi adalah Air Mata Terakhir, Jangan Ucapkan Cinta, Terpikat, dan Kehormatan.

2 dari 7 halaman

2. Memiliki Dua Anak

Ilustrasi© Foto : Istimewa

Soraya Abdullah menikah dengan Marik Guizot pada tahun 2000-an. Ia dikaruniai dua orang anak yakni Muhammad Senarai Ikhtiar dan Siti Aisyiah Az-Zahra. Namun pernikahan itu berujung perceraian pada 2005.

Perempuan yang akrab disapa Aya itu ditalak cerai saat mengandung 8 bulan dan langsung pakai hijab. Hal ini membuat Aya depresi dan dilarikan ke Pesantren Al-Ihya, Ciomas, Bogor. Setelah keluar, Aya mantap bercadar.

Setelah itu, Soraya Abdullah mengungkapkan jika ia telah menikah dengan Alaa El Kasaas, pengusaha asal Mesir pada tahun 2017. Hanya dalam hitungan hari, Aya dan Alaa menikah.

3 dari 7 halaman

3. Masuk Pesantren

Ilustrasi© instagram/@umm_shaheed_jannah/Liputan6

Soraya Abdullah diketahui menimba ilmu agama di sebuah pesantren. Ia memperdalam agama usai kehidupannya porak poranda karena masalah perceraian.

Keluarga Soraya Abdullah memutuskan untuk memperkenalkan Soraya Abdullah dengan nilai-nilai agama secara mendalam.

4 dari 7 halaman

4. Memutuskan untuk Hijrah

Ilustrasi© instagram/@umm_shaheed_jannah/Liputan6

Pada 2005 ia membuat keputusan yang mengejutkan. Setelah bercerai dari suami yang telah dinikahinya selama dua setengah tahun, Soraya memutuskan untuk mendalami Islam dan berhijrah. Awalnya ia mengenakan hijab dan pada akhirnya menutup aurat menggunakan cadar.

5 dari 7 halaman

5. Dikaitkan dengan Peristiwa Bom JW Marriott

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Sebelumnya, Soraya Abdullah dikaitkan dengan aksi bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton pada Juli 2009 lalu. Aya disebut-sebut memiliki hubungan dengan Mohammad Jibril, tersangka kasus tersebut. Setelah kejadian itu, Aya dikabarkan langsung menghilang. Namun, Soraya Abdullah membantah hal tersebut.

“ Kami sudah berencana untuk tinggal di luar kota sejak setahun terakhir. Kami pindah sejak awal Mei 2009. Silakan dicek ke ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) setempat,” ungkap Soraya Abdullah dilansir dari Liputan6.com.

6 dari 7 halaman

6. Hubungan dengan Indra Bruggman

Ilustrasi© instagram/Liputan6

Sejak 2006, Soraya sudah tidak aktif lagi di dunia entertainment. Lama tidak terdengar kabarnya, pada 2015 ia menjadi buah bibir karena digosipkan telah menikah dengan Indra Bruggman.

Namun kabar tersebut dibantah oleh Indra. Aktor tampan tersebut menegaskan bahwa hubungannya dengan Soraya hanya sebatas sahabat dan rekan bisnis.

7 dari 7 halaman

7. Meninggal Dunia

Ilustrasi© Foto: Instagram/_ummi_pipik_

Soraya Abdullah meninggal dunia di usia 42 tahun. Kabar meninggalnya Soraya Abdullah ini disampaikan oleh para sahabat melalui media sosial. Dalam akun Instagram Umi Pipik menyebutkan jika Soraya Abdullah meninggal dunia dengan diagnosa COVID-19 komorbid asma.

“ Innalilahi wa innailaihi rojiun. Selamat jalan sahabatku shaliha Soraya Abdullah. Allahummaghfirlaha warhamha wa 'afiha wa'fuanhaa. Allah lebih mencintaimu wahai wanita surga,” tulis Umi Pipik dari Instagram @_ummi_pipik.

“ Ya Allah Aya sakit apa Umi?” tanya warganet.

“ COVID-19 mbak,” balas Umi Pipik singkat.

 

 

Sumber : Liputan6.com , Berbagai Sumber

 

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More