Alami Mastitis, Begini Kondisi Ria Ricis

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 14 September 2022 16:24
Alami Mastitis, Begini Kondisi Ria Ricis
Ria Ricis sempat mengalami pembengkakan payudara

Dream - Menjadi ibu baru bukan hal mudah bagi Ria Ricis. Sebab, dia sempat mengalami Mastitis atau pembengkakan pada jaringan payudara.

" Iya mastitis. Tapi kata dokter belum parah banget," ungkap Ria Ricis dikutip dari akun YouTube Intens Investigasi.

Menurut Ricis, dia mengalami masitis karena telat memberikan air susu ibu kepada putrinya sehingga payudaranya bengkak.

" Karena aku telat nyusuin dan telat mompa. Jadi dia numpuk, bengkak, sehingga salurannya agak tersumbat. Sehingga bengkak di badan," tuturnya.

Ditegur Karena Paksain Anak Untuk Tengkurep, Ria Ricis Kasih Balasan Menohok© MEN

Untuk mengobati masitis, Ricis sudah berkonsultasi ke dokter dan mendapatkan obat. Selain itu, dia juga dianjurkan untuk sering memijat payudara agar peredaran ASI-nya lancar.

" Masih bisa diobati dengan pijat dan obat antibiotik," ungkapnya.

Beruntung, kondisinya itu masih dalam tahap ringan karena tidak ada nanah yang keluar.

" Jadi alhamdulillah kemarin semingguan masih bisa (menyusui). Tapi enggak yang sampai bernanah, nggak alhamdulillah," imbuhnya.

1 dari 4 halaman

Menjadi ibu baru tidak mudah bagi Ria Ricis. Selain harus begadang mengurus sang buah hati, adik Oki Setiana Dewi ini kerap mendapat cibiran netizen terkait putrinya, Cut Raifa Aramoana.

Putri Ria Ricis dicibir netizen karena memiliki berat badan kecil. Karena komentar tersebut, istri Teuku Ryan ini bahkan sampai menangis.

" Awal-awal aku ngerasa sedih karena kalau dilihat teman lain, anaknya beratnya tiga koma (kilogram) enggak ada yang dua koma (kilogram)," kata Ria Ricis di kanal YouTube miliknya.

Saking takutnya mendapatkan komentar negatif, Ricis sengaja tidak mengizinkan teman-temannya untuk mengajak sang putri.

ria ricis© instagram

" Jujur kenapa aku belum berani ketemuin teman-teman dengan Moana, aku mau menjaga orang-orang bilang Moana kecil," tuturnya.

Meski demikian, YouTuber itu kini sudah terbiasa mendapat komentar nyinyir netizen. Ia pun sudah ikhlas dengan kondisi sang putri yang beda dari anak lain.

" Memang kecil akuin, kemarin sedih sekarang berkurang. Justru ini membuat aku merasa kalau bukan dari sekarang Moana kecil mau sampai kapan aku simpen Moana," katanya.

2 dari 4 halaman

Ria Ricis cukup aktif membagikan perkembangan putrinya di sosial media. Putrinya yang belum berusia satu bulan itu sudah bisa tengkurap.

Ricis merasa takjub melihat perkembangan buah hatinya yang begitu pesat.

" Wiih masya Allah, pintar sekali. Pinter banget Moana," kata Ricis seperti yang terlihat di insta stories.

Postingan video ini mengundang reaksi tajam netizen. Ada yang menasehati adik Oki Setiana Dewi ini untuk tidak memaksakan anaknya yang baru lahir  untuk tengkurap.

ricis© instagram

" Maaf icis, moana jangan dipaksain tengkurap terus, kasian belum kuat kepalanya," demikian pesan seorang netizen.

Mendapat komentar seperti itu, istri dari Teuku Ryan ini langsung memberikan balasan menohok.

" Saran dari dokter justru dari usia Moana baru lahir kemarin harus tummy time aun-cle," kata Ricis.

Dia melakukan hal tersebut bukan atas inisiatifnya melainkan saran dokter.

" Kalau gak salah di vlog kontrol Moana ada dibilang ama dr. Friska," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak netizen di negeri +62 yang tidak berpikir panjang sebelum menuliskan komentar di media sosial. Mereka tak segan mencibir, bahkan merundung warganet lain, bahkan para pesohor.

Misalnya saja YouTuber Ria Ricis yang kerap menerima komentar nyinyir. Kali ini, bahkan anak yang baru dilahirkan tak luput dari komentar sinir netizen. Istri Teuku Ryan itu mengunggah ulang komentar netizen itu ke Instagram Story.

" Bayinya kecil, padahal caesar. Harusnya kalau caesar bisa besar. Makanya waktu hamil dijaga mbak kandungannya, makanya sampai air ketubannya kering," demikian tulis netizen tersebut.

icis© instagram

Mendapat komentar itu, adik Oki Setiana Dewi ini merasa sedih. Ia mengaku selama ini sudah menjalani pola hidup sehat dan menjaga kandungannya dengan baik.

" Huhu sedih banget tiap ada yang bilang begini. Apa lagi ada orang terdekat bilang : 'gak jaga kehamilan' makanya jadi ini itu blablabla," tutur Ria Ricis di Instagram Story.

4 dari 4 halaman

Artis kelahiran 1 Juli 1995 itu juga mengaku sejak awal kehamilannya berusaha untuk melahirkan secara normal. Namun takdir berkehendak lain, anaknya harus dilahirkan melalui proses Caesar.

" Di balik itu saya berjuang setengah mati gimana caranya naikin BB diri sendiri dan janin. Hibur diri supaya selalu sehat mental, tau caesar juga bukan dari awal hamil dan gak diniatin," ungkapnya.

icis© instagram

Ricis menganggap komentar netizen tersebut cukup membuatnya kepikiran, apalagi saat ini tengah menyusui. Seharusnya orang-orang memberikan dukungan, bukan malah menjatuhkan seperti ini.

" Mungkin ini kalimat biasa yang berefek luar biasa bagi ibu yang baru melahirkan. Ibu menyusui sangat butuh apresiasi, disupport. Tetap semangat untuk kita moms," imbuhnya.

Beri Komentar