Begini Cara Cinta Laura Hadapi Pelaku Pelecehan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 9 Maret 2021 10:23
Begini Cara Cinta Laura Hadapi Pelaku Pelecehan
Bagaimana cara Cinta Laura memberikan efek jera pada pelaku?

Dream - Pelecehan seksual bisa terjadi dengan berbagai cara. Salah satu yang paling umum dilakukan dan dianggap lumrah adalah cat calling atau menggoda seseorang di muka umum.

Sayangnya, hal ini seringkali diabaikan. Tak jarang seseorang yang merasa kurang nyaman dengan hal ini justru dianggap berlebihan.

Padahal, cat calling dapat menyebabkan seseorang kurang nyaman beraktivitas hingga merasa terancam dan takut. Ketidaknyamanan cat calling juga dirasakan Cinta Laura seusai menjalani pemotretan beberapa waktu lalu.

Ia sedang berjalan kaki di pusat kota dan memakai pakaian tertutup serta masker ketika orang asing menggodanya.

1 dari 2 halaman

Tetap digoda meskipun menggunakan pakaian tertutup

" Aku keluar dari mobil dengan mengenakan celana panjang dan pakaian tertutup. Pakai masker juga. Tiba-tiba, ada yang bilang 'uuu seksi sekali'," ungkap pemain film Mati Anak dalam konferensi pers Stand Up Melawan Pelecehan di Publik dari L'Oreal Paris, Senin 8 Maret 2021.

Setelah merasa terganggu dengan hal tersebut, pemain sinetron Upik Abu dan Laura itu langsung mengambil ponselnya untuk mengambil video orang yang menggodanya.

" Aku keluarkan hp aku, nyalain videonya, aku datangin orangnya dan bilang 'mas mau bilang itu lagi? Saya laporkan langsung'. Dan dia langsung kelihatan takut," tuturnya.

Terlepas dari apa yang dialaminya, ia pun mengungkapkan bahwa secara statistik, pakaian seorang perempuan tidak berpengaruh pada risiko mengalami pelecehan seksual. " Apapun yang digunakan bajunya, semua perempuan bisa kena pelecehan seksual" .

2 dari 2 halaman

Tips menghadapi pelecehan seksual di media sosial

Selain memberi contoh untuk berani menghadapi pelaku pelecehan seksual, pelantun Vida itu juga membagikan tips menanggapi hal yang sama jika terjadi di media sosial.

Pemain film Jeritan Malam itu menyarankan untuk selalu melindungi data pribadi di media sosial dengan memisahkan akun pribadi dan pekerjaan.

" Jangan percaya third party application atau alamat situs yang dikasih secara online. Banyak hacker yang bisa akses data pribadi dan menggunakan data itu untuk hal yang tidak baik," kata penyanyi 27 tahun itu.

Pelecehan seksual juga bisa dilakukan oleh orang yang dikenal. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati. " Jangan meladeni pelaku. Pelaku bisa memanipulasi dan mengintimidasi kita supaya takut. Cukup screenshot dan laporkan," tutupnya.

Beri Komentar