Makam Lina Dipindahkan, Sule: Nggak Layak untuk Almarhum

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 9 Januari 2020 16:23
Makam Lina Dipindahkan, Sule: Nggak Layak untuk Almarhum
Pemakaman sebelumnya dirasa kurang layak oleh keluarga Lina dan anak-anaknya

Dream - Makam Lina Jubaedah, mantan istri Sule, akhirnya dipindahkan dari Sekelimus ke areal pemakaman umum di wilayah Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat. Pemindahan dilakukan setelah polisi membongkar makam Lina untuk dilakukan autopsi. 

Sule menjelaskan keputusan memindahkan makam mantan istrinya itu merupakan keinginan dari pihak keluarga.

Dari penjelasan keluarga, Sule mengatakan jika pemakaman Lina saat ini dianggap kurang layak.

" Mereka (keluarga) tuh pengen memindahkan karena mungkin posisinya kata mereka ya enggak layak untuk almarhum, itu aja," kata Sule saat dihubungi, Kamis, 9 Januari 2020.

Menurut Sule, sejak awal keluarga Lina memang tak menginginkan jasad mantan istrinya itu dimakamkan di Sekelimus. Seiring adanya pembongkaran untuk proses autopsi oleh kepolisian, keluarga akhirnya sekalian memindahkan makam Lina. 

Terkait proses autopsi yang dilakukan pada jasad Lina, pemilik nama asli Entis Sutisna ini mengatakan jika keinginan tersebut muncul karena rasa penasaran keluarga terhadap penyeban meninggalnya sang mantan istri. 

" Dari keluarga kan ada penasaran, kan apa namanya kepengentahuan, itu penyakit apa, itu aja. Nggak ada apa-apa," ungkap Sule.

Jika pada akhirnya polisi menyatakan Lina meninggal karena penyakit lambung yang selama ini diidapnya, Sule memastikan pihak keluarga akan ikhlas menerima keputusan tersebut. Setidaknya, papar Sule, dengan hasil autopsi tidak akan ada lagi kesalahpahaman atau prasangka buruk yang timbul terkait penyebab meninggalnya Lina. 

" Kalau sudah jelaskan, oh ini akibat lambung. Ya sudah beres. Yang penting tidak ada masalah," ujar Sule.

1 dari 6 halaman

Mengapa Sule Tak Ikut Saksikan Pembongkaran Makam Lina?

Dream - Sule tidak ikut menyaksikan pembongkaran makam mantan istrinya, Lina, Jalan Sekelimus, Bandung, Jawa Barat. Proses pembongkaran makam dan autopsi jenazah Lina hanya disaksikan kedua anaknya, Rizky Febian dan Putri Delina.

" Saya enggak ikut, yang ikut Iky sama keluarga," ungkap Sule saat dibubungi, Kamis 9 Januari 2020.

Menurut Sule, posisinya saat ini hanyalah mantan suami Lina, yang sudah tidak berhak mengurus meninggalnya sang mantan istri. Sehingga Sule lebih di rumah. " Saya di rumah ngejaga adiknya Iky," tutur Sule.

Dia mengatakan, hasil autopsi belum bisa diketahui hari ini juga. Sule juga mendapat kabar dari Rizky Febian bahwa jasad Lina segera dikubur kembali, namun makamnya dipindah ke Tempat Pemakaman Umum Ujung Berung, Bandung.

" Baru Iky kasih tahu kalau jenazah sudah menuju ke Ujung Berung. Ya sudah, alhamdulillah," ucap Sule.

2 dari 6 halaman

Rizky Febian Didatangi Lina Lewat Mimpi: Mama Menangis, Minta Tolong

Dream - Rizky Febian mengaku mimpi bertemu ibundanya Lina Jubaedah yang meninggal pada Senin 6 Januari 2020. Dalam mimpinya, pelantun 'Kesempurnaan Cinta' ini mengatakan sang bunda datang menangis dan meminta tolong kepadanya dan ayahnya Sule.

" Firasat dari sebelum mama meninggal, setelah meninggal pun saya didatangi mama lewat mimpi. Mama datang menangis dan minta tolong ke saya dan juga ayah," kata Rizky Febian dikutip Dream dari tayangan Cumicumi, Kamis 9 Januari 2020.

" Itu bukan mimpilah ya mungkin, tapi kalau dikait-kaitkan ya nyambung juga. Namanya juga manusia," timpal Sule.

 rizky febian dan sule© rizky febian dan sule

Pria berusia 21 tahun ini mengartikan mimpi didatangi almarhum ibundanya karena rasa kangen yang amat dalam uai kepergian bundanya. Dia juga yakin jika kedatangan ibunya lewat mimpi karena ingin didoakan olehnya.

" Mungkin itu minta doa. Mungkin juga saya kangen sama mama," ucapnya.

Meski sudah empat hari kematian almarhum sang bunda, Iky mengaku masih sangat kehilangan. Bahkan dia merasa ibundanya masih ada.

" Sampai detik ini sedih banget karena Iky merasa sampai detik ini mama masih ada. Iky merasa ada kehadiran mama disini," tuturnya.

Sumber : youtube.com/Cumicumi

3 dari 6 halaman

Jenazah Lina Diautopsi, Rizky Febian: Nggak Mau Suuzon

Dream - Makam Lina Jubaedah, mantan istri komedian Sule akhirnya dibongkar pagi ini Kamis 9 Januari 2020. Pembongkaran makam istri Teddy itu terkait laporan sang anak, penyanyi Rizky Febian atas dugaan kejanggalan kematian sang Lina.

Lina yang meninggal Sabtu 4 Januari 2020 dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Sekelimus, Kota Bandung, Jawa Barat. Pembongkaran makam Lina ini demi kepentingan autopsi. 

" Hanya ingin mengetahui penyakit apa, bisa dibilang kronologisnya nggak jelas, nggak ada surat kematian," ujar Rizky Febian, di kediaman Sule, Tambun, Bekasi, kemarin. 

Menurut pelantun 'Kesempurnaan Cinta' itu, langkah melaporkan kejanggalan kematian sang bunda ini bukan untuk menuduh suami Lina, Teddy. Justru, Iky, begitu Rizky disapa, ingin menghilangkan buruk sangka antara keluarga Lina dan Teddy.

" Kita nggak mau suuzon dengan semuanya. Makanya kenapa Iky melaporkan. Hak kita sebagai anak, nggak ada menuduh. Hanya ingin mengetahui sakitnya seperti apa dan riwayat kematiannya seperti apa," ucapnya lagi.

4 dari 6 halaman

Suami Lina Ikut Menyaksikan Pembongkaran Makam

Dream - Kediaman suami Lina Jubaedah, Teddy, didatangi petugas Polrestabes Bandung pada Rabu 8 Januari 2020 siang kemarin. Tindakan kepolisian terkait laporan anak Lina, penyanyi Rizky Febian. 

Usai mendatangi kediaman Teddy, Kamis 9 Januari 2020 pagi ini makam mantan istrukomedian Sule itu akhirnya dibongkar anggota kepolisian Polrestabes Bandung.

" Ke Makam Sekelimus mau pembongkaran makam," kata Teddy lewat pesan singkat, Kamis, 9 Januari 2020.

Lina yang meninggal mendadak pada Sabtu 4 Januari 2020 lalu itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Sekelimus, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Menurut Teddy, makam Lina dibongkar guna untuk melanjutkan penyelidikan polisi terkait laporan Rizky Febian. " Jenazahnya mau diotopsi," kata dia.

Teddy Saksikan Pembongkaran Makam

Maka dari itu, Teddy juga ikut menyaksikan pemakaman istrinya yang akan dibongkar pagi ini. " Iya saya ikut menyaksikan," tuturnya lagi. 

5 dari 6 halaman

Sejak Awal Rizky Febian Ingin Pindahkan Makam Ibunda

Dream - Tak hanya meminta polisi mengautopsi jenazah Lina, Rizky Febian juga ingin memindahkan makam ibundanya dari permakaman di Sikelimus Bandung, Jawa Barat. Rizky mengatakan, keluarganya ingin jasad sang ibu dipindah ke tempat yang telah disiapkan.

" Terlepas itu semua Iky pribadi fokus gimana caranya dikasih kelancaran perpindahan makam mama. Kalau pengecekan biar dibidangnya saja, enggak mau suuzon, tunggu hasilnya," ucap Iky di rumahnya, Tambun, Bekasi, Rabu 8 Januari 2020.

Rizky mengaku baru menyoal meninggalnya Lina karena tidak ingin terjadi perdebatan pada hari pemakaman sang ibu. Dia tak ingin mengganggu prosesi sakral itu dengan berdebat melawan keluarga Teddy.

"  Kenapa enggak debat dari kemarin? Kenapa baru sekarang? Kami enggak ada obrolan hal ini (saat Lina meninggal) dan fokus memakamkan almarhum dan disitu benar berduka," ucap pemuda yang karib disapa Iky itu.

6 dari 6 halaman

Harus Jelas

Sementara, Sule berharap penyebab kematian mantan istrinya bisa terbuka dengan jelas melalui autopsi yang dilakukan hari ini. Menurut dia, autopsi itu atas permintaan anak-anaknya dan keluarga Lina.

" Dari pihak keluarga mamanya, adeknya Iky, pas terjadi ada berita itu seharusnya dari pihak suami memberi tahu surat kematian lah, dokter juga, ini apa jantung apa lambung harus jelas," kata dia.

"  Kenapa mau pengecekan karena enggak tahu apa dan nggak ada penjelasan dari suaminya nggka ada suuzon apapun, kita serahkan ke yang berwajib," tambah Sule.

Beri Komentar