Iqbaal Ramadhan, Milea: Suara dari Dilan, dan Trilogi Terakhir

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 23 Januari 2020 08:23
Iqbaal Ramadhan, Milea: Suara dari Dilan, dan Trilogi Terakhir
Meski jalan ceritanya mengisahkan kehidupan kisah cinta Dilan dan Milea, namun film terakhir ini menyuguhkan cerita yang berbeda.

Dream - Film Milea: Suara dari Dilan merupakan film trilogi terakhir kisah cinta Milea dan Dilan. Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran utama dalam film ini, mengaku senang sekaligus sedih. Kenapa?

" Ini film terakhir. Film penutup harusnya jadi kenangan-kenangan untuk penonton. Bukan tentang kita (Iqbaal dan Vanesha) tapi dengan cerita ke Dilan. Harusnya ini juga bisa memorable sama teman-teman (pemain Dilan) di sini,"  ujar Iqbaal Ramadhan saat media visit di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Januari 2020.

Kata Iqbaal, film Milea ini akan sangat berbeda dari Dilan 1990 dan 1991. Meski jalan ceritanya mengisahkan kehidupan kisah cinta Dilan dan Milea, namun film terakhir ini menyuguhkan cerita yang berbeda.

" Saya exited karena film ini dari novel terakhir dan memang ceritanya harus diakhiri sesuai dengan novelnya," terangnya. 

Bagi Vanesha Prescilla (Milea), film ini justru memiliki kesan yang lain. " Yang sebelumnya versi Milea yang film ini versi Dilannya. Dan nanti disini endingnya ditutup dengan manis," tambah Vanesha yang mendampingi Iqbaal.

Film Milea selain dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, terdapat pemain lain seperti, Yoriko Angelin, Zulfa Mahari, Aidsty Zara dan masih banyak lagi. Film ini akan tayang 13 Februari 2020.





1 dari 5 halaman

Iqbaal Ramadhan Deg-degan Tunggu Film Dilan 1991

Dream - Iqbaal Ramadhan tak sabar ingin menyaksikan film Dilan 1991 yang bakal tayang di bioskop mulai 28 Februari 2019. Sebab dia merasa grogi saat melihat trailer film itu.

" Deg-degann gue, maksudnya tadi baru sedikit dari yang akan ditampilkan dari filmnya dan semoga sesuai ekspektasi," ujar Iqbaal Ramadhan saat di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2019.

Menurut Iqbaal, film Dilan 1991 berbeda jauh ceritanya dibanding Dilan 1990. Film terbaru ini akan menyajikan lebih banyak konflik dari Dilan 1990.

  dilan 1991© Khidr Al-Zahrani

Foto : Nur Ulfa/Dream

" Di Dilan 1990 kan bahagianya, banyak yang ingin punya pacar kayak Dilan, tapi di Dilan 1991 banyak konflik antara Dilan dan Milea," kata dia.

Karena itu pula Iqbaal pun tak sabar ingin melihat ekspresi para penonton melihat Dilan 1991. Sebab, di seri selanjutnya ini, Dilan yakin banyak penonton menangis dibuatnya.

" Karena banyak konflik Dilan dan Milea jadi tidak sabar lihat penonton nangis di bioskop," ucap Iqbaal.

2 dari 5 halaman

Baru Nonton Trailer Dilan 1991, Vanesha Prescilla Nangis

Dream - Film Dilan 1991 siap menyapa para penggemar Dilan dan Milea pada 28 Februari 2018. Namun sebelum filmnya beredar dibioskop, Max Pictures mengeluarkan poster dan trailler.

Vanesha Prescilla yang baru melihat trailer Dilan 1991 Kamis 17 Januari 20019, mengaku terharu. Dia mengaku bahagia bisa mengobati kerinduan para fans-fansnya yang sudah sangat menunggu kelanjutan Dilan 1990.

" Aku saja sampai mau nangis nonton cuplikannya. Semoga trailer ini bisa mengobati rindu teman-teman pada Dilan dan Milea," ujar Vanesha Prescilla di Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan.

   Dilan© Khidr Al-Zahrani

Vanesha Priscilla (Nur Ulfa/Dream)

Ia pun tak menyangka film Dilan 1991 segera tayang pada 28 Februari 2019, pasalnya baru akhir Desember lalu syuting film ini selesai digarap.

" Perasaanku deg-degan juga tapi senang bangat. Tahunya bakal tengah tahun. Tapi ternyata cepat banget dan trailer-nya sudah keluar," imbuhnya.

Serupa dengan Vanesha, Iqbaal pun mengaku deg-degan dengan munculnya trailer film Dilan 1991. Sebab, banyak penonton yang merindukan film ini untuk segera tayang.

" Deg-degan gue, ini sudah setahun setelah Dilan 1990 keluar. Hari ini kita nonton trailer-nya. Gue sudah lakuin yang terbaik dari part gue. Gue berikan 1000 persen semoga hasilnya baik dan diterima," ujar Iqbaal.

3 dari 5 halaman

Sempat Diragukan Perankan `Dilan`, Iqbaal Malah Banjir Pujian

Dream - Terpilihnya Iqbaal Ramadhan sebagai tokoh utama yang memerankan Dilan pada film `Dilan 1990` sempat diragukan banyak kalangan.

Pasalnya, mantan personel Coboy Junior ini dinilai kurang cocok memerankan tokoh Dilan. Karakter yang identik dengan gengster motor, suka tawuran, namun puitis dan penyayang keluarga.

Lewat aktingnya di film yang diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Pidi Baiq ini, Iqbaal mampu memikat para penikmat film Indonesia.

Di hari kedua penayangannya pada Senin, 26 Januari 2018 kemarin, film Dilan telah meraih 510 ribu penonton.

Namun, bukan semata-mata jumlah penonton yang fantastis tersebut yang jadi perbincangan. Di dunia maya, Iqbaal banyak mendapatkan pujian karena dianggap sukses memerankan tokoh Dilan.

  Iqbaal Ramadhan© Khidr Al-Zahrani

Foto: KapanLagi.com

Seperti yang disampaikan salah satu netter Dimas Andaru melalui akun @peceltahu. “ Di antara ratusan orang, termasuk gue yang sempat meremehkan bahkan underestimate sama peran Iqbaal dan Vanesha untuk jadi Dilan dan Milea. Gue tarik kembali kata-kata gue, karena gue sudah salah besar menilainya. Justru, mereka luar biasa di film #Dilan1990 ini,” ungkapnya.

Cuitan Dimas Andaru tersebut langsung mendapatkan sambutan dari Lazuardi Pramata lewat akun @lazprat.

“ Sementara itu, film #Dilan1990 ini di luar dugaanku. Kupikir bakal menggelikan. Sebuah sajian manis dengan taburan keju yang cukup. Vanesha dan Iqbaal masih punya sisi yang harus diasah , but they did well. Aku tersipu berkali-kali dibuat mereka,” timpalnya.

  Dilan 1990© Dream

Foto: KapanLagi.com

Lewat film ini, Iqbaal yang kini disibukkan sekolah di Amerika Serikat mampu menjawab semua keraguan yang ditunjukkan kepadanya.

Pemilik nama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ini telah menghidupkan tokoh Dilan yang selama ini berada di dalam imajinasi pembaca novel best seller karya Pidi Baiq tersebut.

“ Kalau orang underestimate pada saya untuk memerankan tokoh Dilan, itu wajar saja. Karena, pecinta novel Harry Potter sampai saat ini masih ada yang menganggap Daniel Radcliffe tidak pantas menjadi Harry Potter. Di film Dilan ini, saya sudah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik. Semoga penonton bisa menikmatinya dan terhibur,” ujar Iqbaal. 

4 dari 5 halaman

Sukses Bikin 'Baper', Ini Permintaan Iqbaal di Film Dilan

Dream - Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan berhasil membuat penonton film 'Dilan 1990' terbawa suasana dengan karakter yang dibawakan mantan personel CJR itu. Para penonton yang hadir dalam gala premier di Grand Indonesia, Selasa malam, 16 Januari 2018, bahkan dibuat histeris.

Namun, pemuda 18 tahun ini memiliki permintaan agar penonton setia atau penggemar Dilan tidak menyamakan sosok Iqbaal dengan Dilan yang ada di film tersebut.

" Itu yang harus orang tahu, karena saya enggak mau orang nonton ini, 'wah itu Iqbaal' atau ketemu saya 'wah kok enggak kaya Dilan sih'. Itu yang harus digarisbawahi, Iqbaal dan Dilan dua orang berbeda," ujar Iqbaal.

  para pemain Dillan© Khidr Al-Zahrani

Menjadi seorang Dilan cukup sulit diperankan oleh Iqbaal. Sebab karakter Dilan memang berbeda, dan dia belum pernah mendapat peran seperti ini.

" Saya punya ekspektasi sendiri bagaimana Dilan itu bersikap dan segala macam. Tapi setelah saya obrolin sama ayah Pidi, sama Mas Fajar Bustomi, emang sedikit banyak berbeda dengan ekspektasi yang sudah saya bayangkan selama ini," kata dia.

  para pemain Dillan© Dream

Iqbaal merasa aktingnya menjadi Dilan sudah sangat maksimal, dan berharap para penonton bisa menerima film 'Dilan 1990'.

" Buat saya, apapun yang kalian saksikan ini adalah versi Dilan terbaik yang bisa kalian saksikan. Karena dari semua orang terkaitnya sudah menggabungkan semua ekspektasinya," tutur Iqbaal.

5 dari 5 halaman

Iqbaal Gaul Bareng Geng Motor Sampai Subuh Demi Dilan

Dream - Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ditunjuk menjadi pemeran utama film berjudul Dilan 1990. Demi peran itu, pria yang sebetulnya masih berusia 18 tahun dituntut dapat memainkan tokoh remaja tahun 90-an.

Untuk mendalami perannya dalam film yang diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq itu, mantan personil Coboy Junior itu mengaku sempat mengobrol dengan anggota geng motor sampai subuh.

" Kalau dalami karakter dari gue sendiri sih konsen ada dua. Pendalaman karakter sebagai Dilan dan pendalaman karakter sebagai remaja 90-an," kata Iqbaal saat menyambangi kantorDream, Senin 15 Januari 2018.

   par pemain dilan© Khidr Al-Zahrani

Iqbaal menceritakan pendalaman karakter sebagai Dilan dan anak remaja tahun 90-an awalnya dilakukan dengan banyak bertukar pikiran dengan sang penulis buku. Merasa butuh pendalaman lebih banyak, Dilan pun memutuskan bertemy dengan anak muda yang menjadi geng motor.

" Gue ngobrol sampai jam 4 pagi. Jadi benar-benar gue banyak sharing dan dengerin ceritanya," ucapnya.

Dengan proses tersebut serta dibantu oleh Fajar Bustomi, sang sutradara, Iqbaal mengaku jadi bisa mengetahui cerita dan bagaimana tindak tanduk seorang Dilan. 

   para pemain dilan© Dream

Untuk memperkaya informasi tentang kehidupan remaja 90-an, artis yang namanya tenar sejak menjadi anggota sebuah boyband itu juga sering berdiskusi dengan kedua orangtuanya. Kebetulan, ayah dan ibunya merupakan generasi yang sempat mencicipi kehidupan di era tersebut. 

" Lebih siapin mental karena buat gue mental anak 90-an itu lebih keras. Mereka nyali yang dibanggakan," tuturnya.

(Sah)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak