Mengenang Satu Dasawarsa Kepergian Musisi Legendaris, Chrisye

Reporter : Gladys Velonia
Kamis, 30 Maret 2017 14:01
Mengenang Satu Dasawarsa Kepergian Musisi Legendaris, Chrisye
Dari Rossa, Vidi, Isyana hingga Raisya mengaku sangat mengidolakan almarhum Chrisye.

Dream - Meninggalnya Chrisye pada 30 Maret 2007, membuat penikmat musik Tanah Air begitu kehilangan sosok legendaris itu. Meski sepuluh tahun berlalu, namanya tak pernah pudar dari belantika musik Indonesia. 

Kiprahnya sebagai penyanyi dan pencipta lagu banyak memberi inspirasi pada artis lain. Sebut saja Rossa, Vidi Aldiano, Raisa, dan Isyana Sarasvati. Mereka mengaku sangat mengagumi pria bernama lengkap Christian Rahadi tersebut.

Kekaguman itulah yang membuat keempat artis ini tertarik untuk terlibat dalam proyek album tribute to Chrisye bertajuk Melody Chrisye. Sang istri, Damayanti, berinisiatif membangkitkan kenangan terhadap almarhum suaminya dengan menyajikan lagu-lagu lama, yang akan dinyanyikan ulang oleh para artis itu.

" Pionir musik pop yang enggak neko-neko dalam bermusik. Pastinya aku rasa semua musisi pop punya salah satu influence-nya ya Chrisye," tutur Raisa saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 29 Maret 2017.

" Yang pasti almarhum itu baik, humble tapi enggak sombong. Orangnya sederhana dan lagunya cuman Mas Chrisye doang yang bisa nyanyiin. Tidak tergantikan," ujar Rossa yang sempat beberapa kali terlibat dalam satu proyek dengan Chrisye.

Pengakuan serupa datang dari Isyana Sarasvati. Pelantun tembang 'Tetap Dalam Jiwa' ini sudah mengidolakan almarhum Chrisye sejak kecil. Bahkan ia juga sering menyanyikan ulang lagu-lagu Chrisye.

Sementara, Vidi Aldiano juga sangat mengagumi Chrisye. Di album itu nantinya Vidi akan membawakan lagu 'Aku Cinta Dia'.

" Gue enggak nyangka banget ketika diajak, karena gue suka banget sama semua karyanya beliau. Sembilan tahun kemudian pas beliau wafat diajak ke proyek tribute to Chrisye," kenang Vidi.

Menurutnya, Chrisye merupakan seorang musisi yang sangat fokus berkarya tanpa peduli penampilan fisiknya. Vidi menilai almarhum merupakan sosok panutan yang luar biasa dalam menghasilkan lirik maupun saat mengaransemen sebuah lagu.

" Kalau sekarang kan kebanyakan sensasinya dulu baru karya. Buat gue almarhum adalah panutan yang luar biasa dia fokus di karya dan karyanya luar biasa pesannya, aransemen, liriknya. Wah bagus banget harusnya seniman-seniman di Indonesia kiblatnya ke sana," ungkap Vidi.

Seandainya Chrisye masih hidup dan diberi kesempatan bertemu, Vidi mengaku akan sungkem dengan pelantun Lilin-Lilin Kecil itu. Sebab, dia merasa sangat terinspirasi oleh Chrisye.

" Karena kemarin gue nyanyiin lagunya beliau semoga beliau suka di atas sana. Karena jujur dari dulu mau banget remix lagunya beliau tapi mental belum siap karena beliau sangat besar buat gue impact-nya. Karena dari kecil dari SD dengerin lagunya," pungkas Vidi.

Beri Komentar