Ammar Zoni Tak Ingin Irish Bella Dengar Tangisan Bayi

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 10 Oktober 2019 12:50
Ammar Zoni Tak Ingin Irish Bella Dengar Tangisan Bayi
Irish sudah hampir satu minggu dirawat di rumah sakit

Dream - Irish Bella sudah pulang ke rumah setelah hampir satu minggu dirawat di rumah sakit. Namun istri Ammar Zoni itu masih menjalani pemulihan setelah kedua bayi kembarnya meninggal dalam kandungan.

" Saat ini Irish lagi bedrest, insyaallah hari ini (Rabu) Irish bisa dibawa pulang ke rumah karena udah bosan banget di rumah sakit," kata Ammar Zoni dalam video yang diunggah Channel Youtube Shopee.

Tak hanya khawatir istrinya bosan, Ammar Zoni membawa Irish Bella pulang ke rumah karena tak ingin melihatnya terus larut dalam kesedihan setelah kehilangan dia bayi perempuan mereka.

" Makanya saya mau bawa ke rumah aja dan enggak dengar suara bayi," imbuh Ammar Zoni.

Irish Bella yang dihubungi melalui sambungan video call mengaku sudah keluar dari rumah sakit. Saat ini dia sedang masa pemulihan. " Ya enggak bisa banyak cerita saat ini karena masih nyeri," kata Irish Bella.

1 dari 5 halaman

Ammar Zoni Lihat Kejanggalan di Tubuh Irish Bella Sebelum Dua Bayinya Meninggal

Dream - Ammar Zoni mengaku melihat kejanggalan pada tubuh Irish Bella sebelum bayi kembar mereka meninggal di dalam kandungan. Dia mengaku melihat tubuh Irish Bella bengkak-bengkak saat berlibur ke Bali.

" Semua berawal dari badan Irish bengkak, kok kaki bengkak pas ke Bali. Saya pikir oh tekanan pesawat. Pas dicek ke dokter, enggak masalah, baik-baik saja," ujar Ammar dalam tayangan Youtube Shopee.

Karena tidak yakin dengan kondisi Irish Bella, Ammar membawa sang istri ke rumah sakit berbeda. Benar saja, dokter mendiagnosa Irish Bella mengalami Twin to Twin transfusion syndrome (TTTS) dan preeklamsia.

Ammar zoni© Youtube

" Pas dicek ulang dan betul-betul ada pendarahan di situ, pas dicek oh ini darah segar," tutur Ammar.

Menurut Ammar, kedua bayinya tidak bisa diselamatkan karena telat membawa Irish Bella ke rumah sakit.

" Kami berdua enggak tahu apa-apa soal kehamilan. Pas sudah dibawa ke sana, dokter bilang ini sudah terlambat," imbuh Ammar Zoni.

2 dari 5 halaman

Ammar Zoni Pingsan, Irish Bella Tabah

Dream - Ammar Zoni begitu terpukul karena kehilangan dua bayi kembarnya saat Irish Bella mengandung 7 bulan.

Diakui Ammar, musibah ini membuatnya sangat rapuh. Beda hal dengan Irish. Ammar begitu memuji istrinya yang sangat sabar menghadapi cobaan ini.

" Irish Bella yang kuat, saya nggak ada kuat kuatnya. Dia luar biasa sekali," ujar Ammar Zoni dalam tayangan youtube Shopee seperti yang dilansir Dream.

Malah diakui Ammar, dia sempat pingsan karena harus melihat jasad dua buah hatinya itu. Namun beda halnya dengan Irish, Ammar melihat sang istri begitu sangat tabah.

" Dia (Irish) bisa menahan untuk tidak menangis, di saat dia tahu anak kami meninggal, saya pingsan. Saya melihat anak saya. Saya lihat anak saya sudah jadi bayi," katanya.

Karena bagi Ammar, kedua anaknya itu begitu dinantikan kelahirannya. Terlebih ia sangat begitu menyukai anak-anak.

" Saya sudah maksimal (merawat) dari Irish hamil. Karena saya suka anak kecil, apalagi anak saya perempuan dan cantik banget," ujarnya. (ism)

3 dari 5 halaman

Detik-Detik Mengharukan Irish Bella dan Ammar Zoni Kehilangan Putri Kembar

Dream - Penyebab meninggalnya putri kembar dari pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni akhirnya terungkap. Tim dokter yang menangani Irish memastikan jika janin di dalam rahim Irish telah meninggal saat masih berada di dalam kandungan.

Irish Bella Ammar Zoni© (Kapanlagi.com/Budi Santoso)

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal Rumah Sakit Harapan Kita, dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, yang menangani Irish Bellla menjelaskan salah satu dari janin kembar istri Ammar Zoni itu sebelumnya mengalami pertumbuhan yang lamban dan kondisi jantungnya sudah bengkak.

" Jadi Irish datang jumat pagi sudah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) udah membengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil," kata Gatot dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Menurut Gatot gangguan berupa jantung yang membengkak dari janin Irish itu terjadi kondisi wanita berusia 23 tahun itu sebelumnya diketahui mengalamai preeklamsia.

Sebagai informasi, preeklamsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine.

Gatit menambahkan tim dokter berupaya melakukan upaya penyelamatan pada janin yang dikandung Irish. Namun pada Minggu pagi terjadi perubahan yang signifikan pada janin dan sang ibu. 

4 dari 5 halaman

Kejadian Menegangkan di Minggu Pagi

Saat pemeriksaan di Minggu pagi, lanjut Gatot, dia masih bisa mendengar detak jantung dari janin yang dikandung Irish. Namun tekanan darah wanita asal Cirebon itu meningkat.

"  Mirror syndrom udah naik," ujarnya. 

Irish Bella Ammar Zoni© (Kapanlagi.com/Budi Santoso)

Melihat kondisi yang dialami Irish, dokter memutuskan untuk segera melakukan tindakan medis dan membawa Irish ke ruang HCU sekitar pukul 9 pagi.  Saat melahirkan,  tekanan darah Irish mencapai 180/90.

" Dan ternyata sudah tidak ada detak jantung. Meninggal diperkirakan jam 8 pagi," imbuhnya.

Disinggung soal pendarahan hebat yang sempat dialami Irish beberapa waktu lalu, dr Gatot menegaskan tidak ada hubunganya dengan kondisi janinnya pada saat itu.

" Pendarahan tidak membuat ptts dan mirror syndrom," katanya.

5 dari 5 halaman

Terkuak, Ini Penyebab Utama Bayi Kembar Irish Bella Meninggal

Dream - Dokter Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Gatot Abdurrazak, mengatakan, janin kembar Irish Bella telah meninggal saat masih berada di dalam kandungan.

Irish Bella Ammar Zoni© (Kapanlagi.com/Budi Santoso)

Menurut dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal ini, janin kembar itu meninggal karena Irish mengalami preeklamsia, tekanan darah tinggi yang dialami oleh ibu hamil.

" Bayi meninggal di dalam, itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, (solusio). Itu disebabkan preeklamsi yang disebabkan mirror syndrom," ujar Gatot di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin 7 Oktoner 2019.

Tekanan darah tinggi membuat plasenta dalam kandungan Irish Bella lepas, sehingga kedua janinnya tidak mendapat aliran udara dan makanan yang sempurna.

" Tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi," ujar Gatot.

" Plasenta lepas dengan cepat, untuk kehamilan kembar, plasenta satu tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya Twin to Twin Transfusion syndrom (TTTS)," tambah dia.

Beri Komentar