Pasha Ungu Lantunkan Lagu Seventeen, Ifan: Makasih, Kanda

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Minggu, 30 Desember 2018 13:33
Pasha Ungu Lantunkan Lagu Seventeen, Ifan: Makasih, Kanda
Pasha mengajak pengunjung untuk menyampaikan duka atas meninggalnya tiga personil Seventeen.

Dream - Duka masih menyelimuti Riefian Fajarsyah atas meninggalnya sang istri, Dylan Sahara, serta ketiga rekannya di Seventeen akibat terjangan tsunami Anyer pada 22 Desember lalu.

Kisah pilu pria yang akrab disapa Ifan Seventeen itu mengundang empati dari sesama musisi. Salah satunya Pasha Ungu.

Vokalis yang juga menjadi Wakil Wali kota Palu itu membawakan lagu Seventeen berjudul 'Kemarin' di acara Celeb Fest, Singapura, pada Sabtu kemarin.

Sambil memetik gitar akustik, Pasha menyanyikan lirik lagu karya mendiang gitaris Seventeen, Herman Sikumbang.

Lagu yang tengah menjadi buah bibir usai tragedi tsunami itu dibawakannya dengan syahdu tanpa diiringi personil Ungu lainnya.

Meski begitu, Pasha meminta maaf kepada Ifan usai membawakan lagu. Aksinya ini diunggah melalui Instagram Story akun @pashaungu_vm.

 Pasha Ungu

" Dinda @ifanseventeen maaf ya tadi kanda ga izin dulu. Kanda bawain lagunya di singapore dan semua nyanyi juga titip doa buat dinda.. InsyaAllah dinda kuat dan dan terus berkarya," tulis Pasha.

Kendati demikian, Ifan tidak marah dibuatnya. Ia justru mengunggah ulang postingan Pasha di Instagram pribadinya.

 Ifan Seventeen

" MasyaAllah kanda, makasih udah mau nyanyiin lagu @seventeenbandid anak2 kalo tau pasti seneng banget, barakallah kanda :)," tulisnya lewat Insta Story @ifanseventeen.

Ia juga memuji aksi sahabatnya itu.

" Kanda lebih keren bawainnya," Ifan menambahkan.

Sebelumnya, Pasha juga pernah menyanyikan lagu tersebut dengan alunan piano sambil mengajak Ifan.

1 dari 4 halaman

Menyayat Hati, Jawaban Ifan Seventen Diajak Pasha Ungu Nyanyi Lagu Kemarin

Dream - Ifan Seventen belum bisa menghapus kesedihannya kehilangan sang istri, Dylan Sahara,  dan tiga rekannya belum bisa sirna. Pria bernama lengkap Riefian Fajarsyah itu menjadi satu-satunya anggota Seventeen yang selamat dari amukan Tsunami Anyer, Sabtu, 22 Desember 2018, lalu.

Sepekan berlalu, Ifan banyak mendapat dukungan dan semangat dari rekan sesama artis. Salah satu yang cukup sering menunjukan empati kepada Ifan adalah Pasha Ungu.

Terakhir, vokalis Ungu yang menjadi wakil walikota Palu itu mencoba menyanyikan lagu Seventeen berjudul 'Kemarin'. Sambil bermain piano, Pasha menyanyikan lirik lagi yang diciptakan mendiang gitaris Seventen, Herman Sikumbang.

" Lagi coba belajar mainin musiknya dan ngafalin lyricnya. Siapa tahu nanti nyanyi bareng saudaraku @ifanseventeen," tulis Pasha dalam insta storiesnya.

Rupanya postingan Pasha kembali diunggah Ifan di akun Instagramnya. Sebuah jawaban haru justru diberikan Ifan pada suami Adelia Pasha itu.

Ifan dengan halus menolak ajakan Pasha untuk menyanyikan lagu Kemarin. Suami Dylan itu mengaku tak cukup kuat untuk menyanyikan lagu yang diciptakan oleh salah satu personil Seventeen.

Lagu 'Kemarin' diketahui mengandung lirik yang mengisahkan tentang seseorang yang ditinggal selama lamanya oleh orang yang dicintai.

" Ya Allah Kanda, aku nggak tau kapan bisa nyanyi lagi, apalagi lagu itu," balas Ifan Seventeen.

Malah dia menyarankan untuk Pasha menyanyikan lagu itu sendiri.

" Kanda saja yang nyanyi ya, pasti lebih bagus," usul Ifan kepada Pasha.

Melihat Ifan yang menolak ia untuk nyanyi bersama, Pasha justru menguatkan Ifan dan membujuk Ifan agar tetap kuat dan mau kembaki untuk menyanyi

 Pasha Ungu

" Jangan dong. Harus dinda yang nyanyiin nanti sama Ungu kanda temenin ya," kata Pasha Ungu.

2 dari 4 halaman

Obrolan Ifan Seventeen dan Taqi Malik Buat Nangis Netizen

Dream - Rasa duka yang dialami Ifan Seventeen karena kehilangan tiga personilnya dan sang istri Dylan Sahara membuat para artis dan publik turut larut dalam kesedihan.

Sejumlah rekan Ifan berusaha menyampati simpati termasuk Taqy Malik, mantan suami Salmafina.

Taqy diketahui mengunggah foto Ifan dan istrinya ke dalam akun instagram pribadinya. Dalam keterangan fotonya, Taqy turut berempati terhadap Ifan meski diakui dia tak terlalu mengenal dekat Ifan.

Meski tak saling mengenal, ucapan empati Taqy dikomentari oleh Ifan. Pria bernama lengkap Riefian Fajarsyah itu mengucapakan terima kasih atas ucapan Taqi yang bersimpati dengan kejadian yang dialaminya.

Allahumma aminn jazakallah brother fillah Taqy, gw ga kuat, Allah yang nguatin. Taqy doain gw ya biar Allah terus nguatin, capek banget rasanya ini. Barakallah Taqy,” kata Ifan.

      View this post on Instagram

FOR MY BROTHER FILLAH @ifanseventeen - Innalillahi wainna ilaihi roji’un, from Allah, for Allah, back to Allah. Gue turut berduka cita yg sedalam dalamnya atas kepergian istri dan sahabat sahabat tercinta antum. Sebelumnya gue belum pernah kenal dengan mas @ifanseventeen, tapi ntah kenapa gue disini bener2 merasakan kesedihan yg amat mendalam, apalagi dengan beliau yg mengalami ujian ini? Gue yakin, Allah memilih mas ifan ini bukan sembarangan orang, beliau ini orang yg kuat, hebat, tangguh. Ketika beliau berbicara tentang musibah ini gue yakin hatinya rapuh, tapi yg gue liat dari pancaran matanya menggambarkan sebuah kekuatan, ketegaran. Lo bener bener pilihan Allah mas, ada hikmah yg luar biasa dibalik ujian yg menimpa antum. Ada pesen hikmah yg gue dapat dari kejadian ini, bahwa yg merasa ujian hidupnya merasa berat, sulit dan banyak musibah ternyata masih ada yg jauh lebih berat ujiannya dari diri kita seperti yg mas ifan alami ini. In syaa Allah mas, Allah pertemukan kembali kalian berdua bersama istri dan sahabat sahabat tercinta antum di surga. - Ada nasehat sedikit buat diri gue dan antum mas, mudah mudahan bermanfaat : “Allah tiupkan kekuatan melalui ujian-ujian yang datang. Allah tangguhkan sesuatu untuk menjadikan engkau seorang yg sabar. Allah ambil sesuatu untuk menjadikan engkau ridha. Sampai Allah akan memberi sesuatu sebagai ganjaran. Saat itu, engkau begitu bersyukur dengan apa yang Allah aturkan ini, tenanglah. Sungguh, Allah menyukai orang yang senantiasa sabar.” YOUR BROTHER @taqy_malik - DEMI ALLAH GUE NULIS CAPTION INI TAK TERASA AIR MATA MENETES DENGAN SENDIRINYA, ALLAH MA’AKUM @ifanseventeen

A post shared by the kingdom of taqychan (@taqy_malik) on

Komentar Ifan pun kembali dibalas oleh Taqy.

waiyyakum habibi, sudah menajdi tugas muslim saling menguatkan aqidah dan ukhuwa. tenang mas, Allah selalu buat antum! antum sedang naik derajat yg lebih tinggi dari sebelumnya,” balas Taqy.

Percakapan antara Taqy dan Ifan menarik perhatian netizen. Tak sedikit peselancar media sosial yang turut larut dalam kesedihan dengan cobaan yang dialami Ifan.

Ya Allah ikutan sedih, tetap kuat ka Ifa,” komentar @isyerose.

“setiap ngestalk baca caption selalu netes air mata,” lanjut @annersmila.

“Ka iFan kuat, Allah selalu jaga ka Ifan,” kata rahimahasbi.

3 dari 4 halaman

Tubuh Ifan Seventeen Merasa Beda Saat Antarkan Jenazah Dylan Sahara

Dream - Ifan Govinda turut memberikan dukungannya untuk sahabatanya, Ifan Seventeen yang tengah dilanda cobaan kehilangan istri dan tiga personelnya akibat tsunami Anyer. Salah satu bentuk dukungannya diberikan dengan selalu berkomunikasi dengan Ifan.

Menurut Ifan, suami dari Dylan Sahara itu masih berada di kampung halaman istrinya di Ponorogo.

“ Terakhir komunikasi sama mas Ifan kemarin siang. Terus sore juga masih ada komunikasi,” kata Ifan Govinda saat ditemui di Kawasan Tenden, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Desember 2018.

Selama berkomunikasi, Ifan mengatakan jika rekannya terpukul karena kehilangan orang yang disayangi. Setelah kehilangan 3 personel Seventeen, Riefian juga harus merelakan kepergian istri kesayangannya, Dylan Sahara.

“ Ya pastinya setelah dikuburkan semakin terpukul ya. Baru berasa banget kehilangan,” tuturnya.

Malah Ifan Seventeen sudah merasakan hal yang berbeda didalam tubuhnya saat mengantarkan jenazah Dylan ke rumah terakhirnya. 

“ Jadi ketika mengantarkan jenazah ke Ponorogo itu dia bilang ‘ini abang nggak bisa sendiri’ karena sudah bukan pikiran atau perasaan. Badannya udah bereaksi lain,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Ifan Seventeen: `Allah Kirim 3 Penyelamat Waktu Bencana Tsunami'

Dream - Ifan Seventeen merasa mendapat mukjizat dari Allah SWT karena selamat dari terjangan tsunami Anyer yang menghantam Pantai Tanjung Lesung pada Sabtu 22 Desember 2018.

Dalam akun instagramnya, @ifanseventeen, Ifan menceritakan detik-detik perjuangannya bertahan hidup dari terjangan tsunami yang membawanya hingga ke tengah laut Selat Sunda.

“ Sebenernya Allah mengirimkan tiga penyelamat waktu bencana kemarin," tulis Ifan seperti dikutip Dream dari akun instagramnya, Jumat, 28 Desember 2018. 

Menurut Ifan penyelamat pertamanya adalah sebuah kotak hitam yang telah membuatnya mengambang di tengah deburan ombak laut Selat Sunda. Kotak yang dianggapnya sebagai kiriman dari Allah SWT menjadi penyambung nyawa saat Ifan terkatung-katung di tengah laut selama 2 jam. 

Dengan kotak hitam itu Ifan memang bisa mencegah tubuhnya tergulung ombak meski harus terbawa 1 kilometer dari bibir pantai bersama 3 orang lainnya. 

" Walaupun sudah setengah mengapung, tapi masih mampu menjadi sandaran jari-jari kami saat kami benar2 kelelahan dan kehabisan nafas,” kata Ifan yang mengunggah foto sebuah kotak hitam.

Dua Pria Penyelamat Ifan

Setelah kondisi terlihat mulai aman dan kotak hitam membawanya ke daratan, Ifan langsung mencari bantuan untuk bisa segera menuju rumah sakit terdekat.

Di daratan, Ifan kembali menemukan dua orang penyelamat yaitu dua pria yang membantunya mulai dari memberikan makanan hingga memberikan pakaian layak pakai.

“ Yang kedua dan ketiga adalah mas @episoemarna (kanan) dan bang @yusrankiyut (kiri), pertemuan tak sengaja di tengah jalan dan di ruang igd rumah sakit," ujarnya. 

Di tengah kebingungan akibat tergulung tsunami Anyer, Ifan mengembara tanpa kendaraan, tanpa arah, dan tanpa uang sepeserpun.

" Dengan keadaan yang tidak saling kenal, mereka dengan ikhlas memberikan waktu mereka 2 hari full, dari mengantarkanku kemanapun, memberikanku makanan, meminjamkan sarung dan pakaian, tas, obat2an,” katanya.

Menurut Ifan, kedua orang itu pula yang telah membantunya mencari sang istri, Dylan Sahara sampan akhirnya ditemukan meski dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Dengan berbagai cobaan yang dialaminya. Ifan bersyukur kepada Allah SWT karena masih bisa diberi keselamatan dan hidup dengan kondisi yang sempurna.

“ Ya Allah ya Tuhanku, terimakasih atas kesempatan yang telah Engkau berikan, semoga semua yang selamat selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan semua yang telah wafat diterima disisiMu yang paling mulia ya Allah, Al-fatihah.,” paparnya.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya