Perjalanan Awal Titi DJ Putuskan Mualaf

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 13 April 2021 13:22
Perjalanan Awal Titi DJ Putuskan Mualaf
Simak kisah dari Titi DJ saat memutuskan untuk mualaf.

Dream - Titi DJ salah satu artis yang memutuskan mualaf. Ia mengaku memutuskan memeluk Islam sejak menikah dengan mantan suaminya Bucek Depp.

Namun, tak banyak yang tahu jika keputusan Titi menjadi muslimah justru tak secara langsung jauh sebelum pernikahan itu. 

" Sebenarnya waktu SD. Pengalaman pertama saya mengenal Islam waktu SD. Jadi waktu SD ada pelajaran agama Islam, yang non-Islam boleh keluar ruangan atau duduk di dalam," kata Titi Dj dikutip Dream dari youtube Ada Ada Aja, Senin 27 April 2020.

TITI DJ (Foto : @ti2dj)© TITI DJ (Foto : @ti2dj)


" Nah waktu kecil aduh ngapain ya di luar panas, mendingan di dalam saja (ruang kelas)," ujarnya.

Selama mengikuti pelajaran agama Islam itu, Titi tanpa sadar bisa menghafal surat Al-Fatihah di luar. Padahal statusnya saat ini belum menjadi seorang muslimah.

1 dari 5 halaman

Merasakan Sesuatu Saat Mendengar Azan

Selanjutnya, selesai Sekolah Dasar (SD), wanita 52 tahun ini kembali merasakan hal berbeda setiap kali mendengar suara azan berkumandang.

" Sudah besar dengar suara azan kok enak ya, kok kayaknya adem gitu, merdu gitu ya," ucapnya.

Sampai akhirnya dia bertemu dengan mantan suaminya Bucek Depp yang telah memberinya tiga orang buah hati, Salma, Salwa, Daffa.

" Memang pada saat itu berencana menikah. Saya bilang sebelum menikah saya masuk Islam," kenang Titi.

2 dari 5 halaman

Calon Suami Syok

Mendengar keinginannya, Bucek sempat terkejut. Sebelum mengajak menikah, Bucek tak pernah memaksa Titi untuk menjadi mualaf saat itu.

" Ih yang benar. Saya tidak minta lho, iya saya yang mau," kata Titi.

Sampai akhirnya, Titi mengucapkan kalimat syahadat di masjid. Menurutnya, hal tersebut membuat pengalaman spiritual dari Titi.

" Iya, ada rasa tersendiri sih yang tidak bisa lukiskan dengan kata-kata kayaknya sakral gitu ya. Walaupun pada saat itu masih muda tapi merasa bahwa ya ini adalah pilihan," tuturnya.

Sumber : youtube.com

3 dari 5 halaman

Reaksi Ibunda Saat Reza Rahadian Putuskan Mualaf

Dream - Reza Rahadian menceritakan perjalanan spritualnya. Ia mengaku dibesarkan sebagai nasrani sampai akhirnya yakin memilih Islam sebagai agamanya.

Ia mengaku memilih mualaf bukan karena dorongan atau bujukan dari orang lain, tapi murni keinginan itu muncul dari dalam dirinya sendiri. Ia juga menyebut saat nasrani almarhum penyanyi Glenn Fredly, salah satu gurunya di gereja.

" Transisi gua bukan karena alasan apapun selain daripada keyakinan yang gue rasa itu dialog gue dengan Tuhan. Dibesarkan sebagai nasrani, gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu," kata Reza Rahadian dikutip Dream, Jumat 9 April 2021.

Reza Rahadian© Reza Rahadian

Pemain My Stupid Boss ini mengaku memutuskan mualaf karena mersa yakin dengan dorongan yang muncul dalam dirinya. Ia juga bersyukur pilihannya itu bukan karena adanya alasan tertentu.

" Tapi begitu gue meyakini keyakinan yang memang kok panggilan gue ke sana dan gue yakini, gue bersyukur itu bukan karena alasan apapun. Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, atau paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak. Enggak sama sekali. Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Reaksi Sang Bunda

Di awal keinginannya mualaf, aktor berusia 34 tahun ini meminta izin kepada sang bunda Pratiwi Widantini Matulessy. Saat itu, kata Reza reaksi sang bunda menerimanya dengan baik dan memberikan pesan untuk menjalankan pilihannya dengan baik.

"  Ma kayaknya Kakak punya...' belom selesai gue ngomong, you know what? 'Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesen Mama satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik'. That's it, udah, nggak ada perdebatan, nggak ada pertengkaran,"  ucap Reza.

Selain itu, keputusannya mualaf mendapatkan dukungan dari keluarganya. Kini Reza dan kelaurganya pun hidup berdampingan meski beda keyakinan.

" Hubungan sama Nyokap baik-baik aja. Adik gua tetep sebagai seorang Nasrani dan kita bisa hidup bahagia bersama dalam artian menjalankan agama masing-masing,"  tuturnya.

Sumber : youtube.com

  © Dream

5 dari 5 halaman

Sebelum Terkenal, Reza Rahadian Pernah Keliling Jualan Karpet dan Pelayan Kafe

Dream - Sebelum menjadi aktor terkenal, Reza Rahadian ternyata pernah hidup susah. Dia pernah jualan karpet untuk menyambung hidupnya.

" Jualan karpet kek, apa ajalah gue keliling. Apapun yang menghasilkan uang gue lakukan," kata Reza Rahadian dalam channel YouTube Daniel Mananta.

Selain jualan, Reza juga pernah menjadi guru bahasa Inggris untuk mengajar anak-anak sekolah dasar. Bahkan dia juga pernah bekerja di kafe.

" Ngajar salah satunya. Gue ngajar bahasa Inggris untuk anak kelas tiga SD dua SD. Temen nyokap gue, jadi dapet uang saku tambahan. Gue kerja di kafe sebagai pelayan," tutur dia.

Hingga akhirnya, Pemeran Habibie di Film Habibie Ainun ini mencoba untuk terjun ke dunia hiburan. Namun bukan hal mudah ternyata, dia mendapat komplain karena pada saat itu wajahnya penuh dengan jerawat.

" Dia (produser) sampaikan kamu banyak komplain soal jerawatan, fisiknya kurang tinggi, jadi semuanya tentang fisik," tutur Reza.

Namun saat itu, pria 34 tahun ini hanya bisa pasrah dengan kondisinya. Karena dia bukan berasal dari keluarga mampu.

" Dan sebagai orang yang enggak mungkin ke dokter kulit pada masa itu, orang gue mau cari duit, dan ke dokter kulit itu kan uang lagi, jadi dia bilang harus perawatan dulu," imbuh dia.

 

Beri Komentar