Persembahan Terakhir 'Habibie & Ainun 3'

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 1 November 2019 16:30
Persembahan Terakhir 'Habibie & Ainun 3'
Poster film Habibie dan Ainun 3 dibuat ukuran raksasa.

Dream - Jelang tayang pada 19 Desember 2019, film Habibie dan Ainun 3 membuat gebrakan baru. Film ini bakal menampilkan poster rakasa berukuran 21 meter x 26 meter.

Manooj Punjabi, bos MD Entertainment, menjelaskan langkah ini dilakukan karena ingin mempersembahkan sesuatu yang spesial untuk almarhum BJ Habibie.

" Ini adalah film besar. Jadi cara promosi ya juga harus besar. Ini adalah dedikasi untuk Habibie dan Ainun," kata Manooj Punjabi di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Oktober 2019.

Bagi Manooj Punjabi, poster ini bukan semata mata dibuat hanya untuk menarik perhatian masyarakat. Namun juga film ini merupakan film yang memiliki makna spesial untuknya.

 Habibi


" Karena ini film besar, jadi harus diperlakukan secara luar biasa. Ini adalah kebanggaan MD. Bagi saya ini bukan hanya film, tapi hikmahnya sangat personal. Jadi kami sangat all out," ungkap dia.

Sedangkan Reza Rahadian, yang berperan sebagai Habibie muda merasa sangat kagum melihat poster raksasa itu. Pasalnya, di situ wajahnya menjadi sangatlah muda dan berbeda.

" Kali ini semakin beda dari film-film sebelumnya, karena look-nya juga semakin beda. Jadi lebih muda. Ya gitu," ujar Reza. 

Selain Reza Rahadian dan Maudy Ayunda, dalam poster resmi ini juga terlihat siapa saja aktor aktris lain yang terlibat. Mereka adalah Jefri Nichol, Aghniny Haque, Rebecca Klopper, Jennifer Coppen dan lainnya.

1 dari 3 halaman

Saat Wajah Muda Reza Rahadian Buat BJ Habibie Kaget

Dream - Reza Rahadian kembali terlibat dalam film Habibie dan Ainun 3. Namun bedanya dari film sebelumnya, di sini Reza menjadi Habibie muda.

Bukan perkara mudah berperan sebagai Habibie muda. Dalam film ini, Reza hanya dibutuhkan wajahnya saja.

Lalu bagaimana tubuhnya? Untuk badannya mempergunakan tubuh orang lain. Kondisi ini yang membuat Reza kerepotan selama syuting.

" Agak repot memang. Jadi saya harus ada body double. Ada pemeran pengganti yang mukanya nggak diambil. Jadi pake mukanya dikasih blue screen dan saya harus mengisi adegan itu, jadi itu double take," ucap Reza Rahadian di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Oktober 2019.

 

 Reza raha

Memang dalam film untuk menggabungkan wajah Reza dan badan aktor lain mempergunakan teknik CGI.

" Jadi syutingnya gantian dan sesuai kebutuhan baru saya isi dan ambil bagian muka di croping, ya secara teknis paling ribet sekali dari yang 1 dan 2 ini paling sulit," tutur Reza.

Bahkan penampilan Reza yang seperti itu membuat almarhum BJ Habibie sempat merasa kaget. Diketahui memang saat proses syuting berlangsung, Bj Habibie masih memantau dan mengawasi langsung.

" Beliau suprisenya luar biasa ya, sampai kaget, jadi yang lucu. Mungkin saya lupa apa nggak tapi itu foto terakhir sama beliau. ketika look yang udah berubah dengan Eyang (Habibie) makan siang hanya berdua untuk terakhir kalinya," tutur Reza.

2 dari 3 halaman

Inilah Pemeran Habibie Muda di Film Habibie & Ainun 3

Dream - Sutradara Hanun Bramantyo kembali memilih aktor Reza Rahardian untuk memerankan karakter Bacharuddin Jusuf Habibie dalam film terbaruny, Habibie & Ainun 3. Di film tersebut, wajah Reza akan dipermak akan terlihat lebih muda .

Wajah Reza sengaja dibuat lebih muda karena karakter Habibie yang akan dimainkan kali ini adalah sosok remaja. Film ini sendiri mengangkat perjalanan hidup Ainun sewaktu menjadi pelajar Sekolah Menengah Atas.

" Teknisnya sih sederhana, itu dibuat oleh orang Indonesia," ujar Hanung Bramantyo sutradara film Habibie dan Ainun 3 di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis, 26 September 2019.

Dalam praktiknya, Hanung telah mengantongi dua teknik mengubah sosok Reza menjadi sangat muda. Nantinya, wajah Reza akan diterapkan pada tubuh seorang remaja. 

" Terus mukanya Reza kita satuin," jelasnya

Untuk melakukan teknik tersebut, Hanung akan menerapkan teknologi CGI untuk proses pembuatan wajah Reza.

Keputusan Hanung ternyata sempat membuat sang produser, Manooj Punjabi, sempat khawatir. Manooj bahkan sempat mengusulkan agar suami Zaskia Adya Mecca memilih aktor muda yang memiliki wajah mirip Reza. 

" Masalahnya ngga ada. Siapa aktor muda yang mirip dan bisa bermain sebagai  Habibie," jawab Hanung kala itu.

Rencananya Hanung akan menggunakan seorang remaja asal Yogyakarta untuk memerankan karakter Habibie saat berstatus pelajar SMA. (Sah)

3 dari 3 halaman

Cerita Seru Reza Rahadian di Balik Peran Rudy Habibie

Dream - Berperan sebagai Rudy di film biopik Rudy Habibie, Reza Rahadian mendapatkan pengalaman luar biasa. Menurut dia, dari film ini dapat terlihat perjalanan dan sosok seperti apa BJ Habibie itu.

" Rudy Habibie buat saya adalah sebuah peran yang membuat saya harus kembali lagi masuk ke tokoh tersebut, kembali lagi recall memori tentang Habibie dalam kacamata Reza Rahadian," kata Reza ditemui di peluncuran perdana film Rudy Habibie di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Sabtu 25 Juni 2016.

" Saya buka lagi buku jurnal saya, apa itu dan siapa itu Habibie, bagaimana kontribusi beliau," sambungnya.

Diungkapkan Reza, film Rudy Habibie begitu berbeda. Film tersebut akan memberikan spirit kepada anak muda.

" Bedanya di Rudy Habibie, film ini jauh lebih mudah, jauh lebih punya spirit yang tinggi, film ini mampu memberikan jawaban atas cita-cita anak muda tidak hanya zaman dulu tapi juga yang sekarang," paparnya.

Ditambahkan pria yang betah melajang ini, film ini bisa memberikan jawaban ke generasi muda yang masih bingung dalam menentukan cita-citanya.

" Jadi film ini relevansinya dekat sekali. Apalagi saat ini banyak anak muda yang kreatif, punya misi buat Indonesia tapi kadang bingung harus mulai dari mana. Film ini bisa memberi jawaban," ucap pemeran Rudy di film Rudy Habibie.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara