Pesan Terakhir BJ Habibie ke Melanie Soebono

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 12 September 2019 13:12
Pesan Terakhir BJ Habibie ke Melanie Soebono
Apa isi pesan yang dilontarkan BJ Habibie kepada Melanie Subono?.

Dream - Melanie Subono menceritakan pertemuan terakhir dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie sebelum meninggal. Dalam pertemuan tersebut, putri dari Adri Subono itu mendapat pesan yang akan dijalankannya hingga akhir hayat. 

Mengutip laman Liputan6.com, Melanie mengatakan pertemuan terakhirnya dengan BJ Habibie yang meninggap kemarin, (Rabu, 11 September 2019) terjadi sepekan yang lalu. Kala itu, sang eyang belum mengalami kritis.

Saat itu Melanie mengaku baru pulang dari luar kota dan sempat masuk ke ruangan perawatan BJ Habibie. 

" Terus dipanggil Eyang spesifik 'Melanie mana?' aku masuk lagi," kata Melanie.

 melanie dan bj habibie© melanie dan bj habibie

Foto : @melaniesubono

Dalam perbincangan tersebut Melanie menceritakan Habibie memberikan satu pesan khusus kepadanya. 

" Kamu terus jadi ya pemberontak (dalam hal berkaitan dengan hak perempuan) karena perempuan adalah makhluk yang hebat. Kamu terus ya jadi pemberontak yang hebat," ujarnya.

" Itu pesan eyang yang akan gue kerjakan gitu."  

Melanie Subono juga menyebut bahwa BJ Habibie sempat kritis di ruang ICU." Iya sempat, sempat (kritis)" ujarnya.

(Sah, Sumber : liputan6.com/Zulfa Ayu Sundari)

1 dari 5 halaman

Pemilik 46 Hak Panten, Ini Kekayaan BJ Habibie yang Tetap Bersahaja

Dream – Presiden ketiga Indonesia, B. J. Habibie, terlihat sebagai orang yang bersahaja. Tapi, siapa sangka, dia merupakan orang yang kaya.

Dikutip dari Boombastis, Rabu 11 September 2019, salah satu buktinya, Habibie memiliki garasi mobil yang luas. Isinya? Koleksi mobil lawas. Mayoritas mobil yang dikoleksinya adalah Mercedes Benz. Ada salah satu mobil koleksinya yang harganya mencapai Rp6 miliar.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing, dikutip dari Liputan6.com.

Selain mobil, pria yang akrab dipanggil “ Eyang” ini juga suka dengan sepeda motor. Ada dua moge Harley Davidson yang mejadi kesayangannya.

Pria bernama lengkah Bacharuddin Jusuf Habibie, melirik Harley Davidson Softail Springer dan Badboy untuk dijadikan koleksi.

 

 

2 dari 5 halaman

Berapa Kekayaannya?

Menurut Majalah Fat Eastern Economic Review, kekayaan Habibie mencapai US$60 juta (Rp844,11 miliar). Dikutip dari Money Smart, dia dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia.

Habibie merupakan presiden ketiga yang menggantikan Soeharto yang dilengserkan pada 21 Mei 1998.

Kala itu, dia baru saja menjabat sebagai wakil presiden selama 2 bulan 7 hari. Habibie mengemban tugas sebagai presiden selama 1 tahun 7 bulan.

3 dari 5 halaman

Kantongi Banyak Hak Paten

Selama terjun di bidang teknologi, terutama aeronautika, Habibie menghasilkan banyak penemuan. Dia mengantongi sekitar 46 hak paten.

Yang paling terkenal adalah teori keretakan sayap. Penemuan teori yang penting bagi dunia industri pesawat ini membuatnya mendapat julukan Mr Crack.

Dari hak paten ini, Habibie mendapatkan royalti. Apalagi, mengingat temuan di dunia teknologi dan sains sangat banyak.

4 dari 5 halaman

Semua Keluarga Berkumpul, Ponakan Habibie: Mohon Doa

Dream - Ponakan Presiden Ketiga Bacharudin Jusuf Habibie, Rusli Habibie, mengatakan saat ini seluruh keluarga telah berkumpul di ruang perawatan intensif (ICU) RSPAD Gatot Subroto. Bahkan dua putra Habibie, Ilham dan Thareq juga berada di ruang yang sama.

" Kami semua sudah berkumpul, seluruh anak sudah dipanggil, sudah di tempat, kakak adik Mas Ilham Mas Thareq, ponakan dan cucu sudah dikumpulkan, keluarga dekat," ujar Rusli di RSPAD, dikutip dari 

Rusli memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia untuk sang paman. Saat ini, Habibie masih menjalani perawatan intensif.

" Minta doanya semua, zikir," kata pria yang menjabat sebagai Gubernur Gorontalo tersebut.

  © Dream

Sebelumnya, pada pukul 15.40 WIB, Thareq terlihat tiba di RSPAD. Turun dari mobil, dia bergegas menuju ruang perawatan sang ayah.

Thareq pun enggan memberikan keterangan mengenai kondisi sang ayah. Dia segera masuk ke ruang perawatan.

5 dari 5 halaman

Dijenguk Quraish dan Najwa Shihab, Air Mata Habibie Menetes

Dream - Mantan Menteri Agama, Quraish Shihab, membesuk Baharuddin Jusuf Habibie yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta. Tak sendiri, dia ditemani sang putri, Najwa Shihab.

Menurut Quraish Shihab, Presiden ke-3 Indonesia itu sudah merespons saat diajak berbicara. " Responsnya melihat, bibir, boleh jadi mencucurkan air mata," ujar Quraish Rabu 11 September 2019.

Quraish mendoakan kesembuhan Habibe. Dia berharap agar Habibie segera pulih. " Saya masuk ke kamar, mememegang tangan Pak Habibie, di kepalanya saya berbicara. Jadi yang penting kita tidak putus harapan."

" Kita berdoa mudah-mudahan Tuhan memberikan yang terbaik," tambah Quraish Shihab.

Habibie dirawat di rumah sakit sejak 1 September 2019. Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan, ayahnya dibawa ke rumah sakit karena kelelahan setelah melakukan aktivitas yang padat.

Thareq membantah kalau Habibie kritis selama dirawat sejak 1 September 2019. Pihak keluarga sengaja membawa Habibie ke rumah sakit agar bisa istirahat dengan tenang.

 

 

Beri Komentar