Sahrul Gunawan Tanggapi Ceramah Ustaz Abdul Somad Soal Salib

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 23 Agustus 2019 14:27
Sahrul Gunawan Tanggapi Ceramah Ustaz Abdul Somad Soal Salib
Ini tanggapan panjang Arul.

Dream - Artis Sahrul Gunawan ikut mengomentari ceramah Ustaz Abdul Somad soal salib yang viral di media sosial. 

Melalui akun instagramnya, Sahrul menuliskan komentar panjang mengenai hal itu. Dia sangat terganggu dengan orang-orang yang mengaitkan video Ustaz Somad mengatasnamakan minoritas.

" Agak terganggu sy dgn postingan pihak2 yg mengatasnamakan minoritas, kemudian menyalahkan statement dr ustad somad yg mewakili mayoritas. bukankah itu dikatakan beliau saat di majelis ilmu? di mesjid?," tulis pria yang akrab disapa Arul itu.

 Sahrul Gunawan

Ayah tiga anak ini menyayangkan ceramah Ustaz Somad ramai dibahas di sosial media.

" Saya pikir, siapapun kita, berhak utk membenarkan sesuatu yg berkaitan dgn keyakinan kita. kecuali itu bkn pd tempatnya. kenapa hrs jd rame sih? di sosmed byk yg mengait2an video tersebut sebagai penistaan agama tertentu," ucapnya.

1 dari 5 halaman

Harapannya

Sahrul memberi pembelaan kepada Ustaz Somad bukan karena dia beragama Islam. Tapi menurutnya, siapapun berhak membenarkan keyakinan agamanya masing-masing.

Kecuali penjelasan yang dianggap menistakan agama lainnya dilakukan di tempat yang tidak semestinya.

" Bukan karena sy islam lantas membela beliau. bukan. sy jg berbeda pandangan politik dgn beliau, tp beliau ttp adalah guru sy di dlm sy memahami agama yg sy anut. semua agama benar bagi penganutnya, bkn hrs membenarkan satu sm lainnya. diam, itu lbh baik,"  kata dia.

Pria berusia 43 tahun ini berharap, dari masalah ini semuanya bisa belajar soal perbedaan. Karena itu yang mempersatukan Indonesia, jadi bukan masalah minoritas atau mayoritas agama tertentu di Indonesia.

 Sahrul Gunawan

" bkn masalah “ minoritas” atau “ mayoritas”, kalau itu yg terjadi di negara kita, indonesia sdh menjadi negara islam sejak dl. tp alhamdulillah kita punya dasar negara yg menyatukan ras, suku dan agama kita. semua hidup berdampingan,"  tuturnya.

" yuk kita jaga “ persatuan” kita dengan tetap menjaga “ perbedaan” ini. selalu bertabayun atas segala sesuatu yg terjadi. LAKUMDIINUKUMWALIYADIN bagimu agamamu, bagiku agamaku,"  imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Soal Ceramah Salib, Ustaz Abdul Somad: Saya Mesti Minta Maaf?

Dream - Ustaz Abdul Somad memenuhi undangan Majelis Ulama Indonesia untuk menjelaskan ceramah salib yang tengah viral di media sosial. Di kesempatan itu, Ustaz Somad mengaku tidak ada kewajiban untuk meminta maaf kepada siapapun yang merasa tersinggung.

" Saya menjelaskan tentang akidah agama saya di tengah komunitas umat Islam, di dalam rumah ibadah saya. Bahwa kemudian ada yang tersinggung dengan penjelasan saya, apakah saya mesti meminta maaf?" ujar Ustaz Somad di Gedung MUI, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019.

Ustaz Somad kemudian memberikan penjelasan dengan mengutip Surat Al Maidah ayat 73.

  Ustaz Abdul Somad

" Dalam Islam mengatakan, sesungguhnya, maaf, kafirlah orang yang mengatakan bahwa Allah salah satu dari yang tiga. Saya jelaskan itu di tengah umat Islam, lalu orang yang mendengar itu tersinggung atau tidak? Tersinggung. Apakah perlu saya minta maaf? Kalau saya minta maaf, berarti ayat itu musti dibuang, naudzubillah," kata Ustaz Somad.

Terkait dengan video ceramah yang beredar dalam lingkup internal, UAS mengaku tidak bisa membatasi jemaah agar tidak merekam.

" Saya di mana-mana ceramah tak mungkin saya tanya matikan HP satu-satu. Tak mungkin juga saya buat perjanjian, semua yang mau masuk tanda tangan materai 6 ribu, tidak boleh disebarkan," kata dia.

3 dari 5 halaman

Ramai Disebut Sindir Ustaz Somad, Ini Jawaban Deddy Corbuzier

Dream Deddy Corbuzier akhirnya buka suara terkait cuitannya di Twitter yang dituding menyindir Ustaz Abdul Somad. Menurut pria yang baru saja menjadi mualaf itu kicauan yang ramai dibincangkan netizen itu bukan untuk Ustaz Abdul Somad, melainkan ditujukan kepada para haters.

"  Saya Mohon Maaf. Tapi Justru tweet saya tujuan nya adlh untuk MENUTUP KESEDIHAN SAYA melihat komen NETIZEN2 di sosmed saya yang tiba tiba bertanya APAKAH SAYA MENYESAL MUALAF!? SAKIT MENDENGARNYA," tulis Deddy Corbuzier dikutip Dream, Rabu 21 Agustus 2019.

Deddy mengaku mendapatkan komentar sinis setelah menjadi mualaf. Warganet, kata dia, mengaitkan dirinya dengan isi ceramah Ustaz Abdul Somad yang sedang viral.

"  MRK blg : SUKUR skrg kalau LOE/ ibu LOE sakit ga bisa naik ambulance lagi gara gara lambang salib.. ga bisa pake HP lagi Krn yg buat kafir.. bla bla.. Ternyata cobaan seorang Mualaf sangat berat," tambah Deddy.

  Deddy Corbuzier Tanggapi Video Wanita Bawa Anjing Ke Masjid

Deddy Corbuzier (Adrian Utama Putra/ Kapanlagi.com)

Dalam cuitan itu, Deddy juga menggunakan nama Bambang. Banyak netizen menduga nama itu digunakan untuk menyebut Ustaz Abdul Somad. Namun menurut Deddy, nama itu dia pakai untuk menyebut para hater.

"  Itulah akhirnya saya panggil woi Bambang.. (buat jawaban ke mereka! bukan untuk satu orang)," kata dia.

4 dari 5 halaman

Bukan Ditujukan ke Satu Orang

Deddy menegaskan bahwa cuitan yang viral itu bukan ditujukan ke satu orang. Dia tak akan menuliskan istilah atau perumpamaan seandainya mengomentari satu orang.

" Krn kalau tujuan nya ke satu org, tipe saya sejak dulu langsung tulis nama org nya tanpa pake perumpamaan lagi.. Kalian tahu sifat saya.. itu dia juga MAKANYA yg saya bahas di tweet HANYA masalah Ambulance dan produk buatan NON Muslim,"   kata dia.

" Krn saya yakin betul tdk ada satupun Ustad yg melarang itu (Dan Ustad yg dimaksud banyak org jelas tidak bicara tentang hal itu) Dan saya juga ga bahas masalah yg heboh skrg ttg Jin Kafir dll,"   imbuhnya.

Pria bertubuh kekar ini juga enggan menanggapi viralnya video tentang ustaz yang dianggap melecehkan agama lain.

"  Kalau masalah sikap saya ttg siapapun Ustad yg bicara ttg agama lain dan jadi viral jujur saya ga mau ikutan.. kan ilmu saya masih CETEK.. Saya saja pernah janjian dgn asst beliau tuk ktm dll," tuturnya.

  deddy corbuzier

5 dari 5 halaman

Banjir Dukungan

Klarifikasi Deddy Corbuzier pun ramai dikomentari warganet. Mereka memberi dukungan dan semangat. "  Semangat bro," tulis akun @thereal_rezkyadhitya.

"  Belajar sabar bersama Kyai2 NU, pilihan tepat. Dan jd nahdliyin mmg hrs super sabar. Diem aja salah apalagi ngomong. Sabar mas dedy," tulis akun @nick_mama_renoa.

"  Sabar Om.. Rosululloh yg terjamin mulianya aja banyak yg gak suka. Apalagi kita, yg hanya orang biasa," tulis akun @dwi_aw99.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik