Rossa Ungkap Rahasia Masa Lalu

Reporter : Gladys Velonia
Kamis, 23 Maret 2017 13:02
Rossa Ungkap Rahasia Masa Lalu
Rossa menceritakan proses perjalanannya selama 21 tahun menjadi penyanyi.

Dream - Rossa sangat bersyukur dengan pencapaiannya di dunia musik, apalagi telah dianugerahi gelar Diva Indonesia. Perempuan yang telah 21 tahun mewarnai belantika musik Tanah Air itu menceritakan lika-liku kariernya di dunia hiburan.

" Aku mau cerita sedikit, aku seorang wanita yang lahir di Sumedang, ke Jakarta awalnya bukan untuk nyanyi, tapi sekolah," kata Rossa di Jakarta, Rabu 22 Maret 2017.

Perjalanan Rossa di Ibukota tak seindah bayangan orang. Selama lebih dari dua dekade, dia harus menapaki jalan yang tidak mudah. " Selama 21 tahun mungkin orang melihat apa yang saya lakukan mudah, indah."

" Tapi kenyataannya enggak selalu begitu, karena di tahun 96, setelah keluarin single 'Nada-nada Cinta' saya vakum," tambah mantan istri drummer Yoyok itu.

Menurut Rossa, selama tiga tahun pertama, ia kerap mendengar komentar sumbang yang meremehkan kerseriusannya terjun di industri musik. Namun berkat kecintaan pada dunia musik, dia berhasil menghentak panggung hiburan Tanah Air dengan mengeluarkan single Tegar di tahun 1999.

Lagu tersebut berhasil memberi warna baru di tangah lagu-lagu ska yang tengah menjadi hits di kalangan anak muda. " Tapi alhamdulillah perjuangan doa-doa kita, Allah memberikan hadiah lagu Tegar banyak disukai dan hits di semua radio dan mengantarkan saya ke Malaysia," kenang penyanyi berusia 38 tahun itu.

Penyanyi yang akan menggelar konser The Journey of 21 Dazzling Years ini mengaku langsung jatuh cinta pada saat pertama kali mendengar lagu Tegar. Sehingga tak pikir panjang untuk langsung membawakannya.

" Lagu Tegar tidak diambil oleh penyanyi-penyanyi lainnya padahal sudah beredar di beberapa penyanyi. Akhirnya saya dipedengarkan oleh produser saya. Pertama kali dengar sudah jatuh cinta, dan ternyata berkat lagu itu saya bisa dibilang naik tingkat," kata Rossa sambil tersenyum.

1 dari 2 halaman

Makna Konser Terbaru Rossa

Dan untuk mengenang perjalanan karier itu, Rossa akan menggelar konser tunggal bertajuk The Journey of 21 Dazzling Years pada April mendatang.

" Maknanya the Journey of 21 Years, journey itu proses panjang perjalanan saya dari 0 sampai sekarang 21 tahun ini. Dazzling itu maksudnya, saya tidak ingin berlebihan, tapi saya ingin mensyukuri bahwa yang saya jalani belum tentu indah ada sedihnya juga," terang Rossa.

Bagi Rossa, berkarier sebagai penyanyi harus pandai menyimpan isi hati. Meskipun tengah mengalami suasana tak menyenangkan, ia dituntut selalu tersenyum di atas panggung.

Bahkan saat mengeluarkan album yang ke empat, Rossa tetap bersikap profesional meskipun sedang menjalani proses perceraian d Yoyok.

" Mereka enggak pernah mau tahu apa yang terjadi di balik panggung. Saya pernah dulu, lagu 'Hati Yang Kau Sakiti' ada di album ke empat, kalau enggak salah, saya sedang bercerai ketika saya pertama kali nyanyikan lagu itu di KL, pengacara nelpon file sudah masuk. Orang enggak pernah tahu perasaan saya campur aduk sedih segala macam karena takdir hidup saya ditentukan hari itu," ujar Rossa.

Meski begitu, ia tetap berusaha memberikan penampilan terbaiknya di atas panggung. Pasalnya, ia menyadari betul bahwa itu adalah jalan hidup yang telah dipilihnya.

" Tapi di atas panggung saya adalah Rossa, saya harus memberikan persembahan yang terbaik. Banyak sekali hal-hal seperti itu, serpihan yang memperindah perjalanan hidup," lanjut penyanyi yang berduet dengan Pasha 'Ungu' di lagu Terlanjur Cinta itu.

2 dari 2 halaman

Gandeng Maestro dan Sahabat

Demi menyuguhkan tontonan yang menarik, Rossa menggandeng beberapa musisi yang ahli di bidangnya masing-masing untuk konser tersebut.

" Untuk konsep konser, saya dibantu oleh mas Jay Subiakto, tidak ada karya mas Jay yang biasa-biasa aja. Selama saya gelar konser di beberapa negara selalu dibantu mas Jay, karena selalu out of the box," tutur Rossa.

Menurut pelantun tembang Terlalu Cinta itu, sketsa konsep konser yang dibuat oleh Jay tergolong unik. Pasalnya dikemas dalam karya yang butuh kejelian untuk memahaminya.

" Kayaknya cuma Mas Jay dan Tuhan yang tahu. Seperti orkerstra dibuat bertingkat disuguhkan panggung yang extra ordinary, ada empat tingkat. Orkestra dibuat memenuhi panggung," jelas Rossa.

Nantinya, konser tunggal Rossa juga akan diiringi oleh lantunan orkestra yang digawangi oleh Tohpati. Perempuan berdarah Sunda ini mengaku bahwa dalam konser ini merupakan kesempatan pertamanya bekerja sama dengan maestro orkestra Indonesia itu.

Dalam konser ini, Rossa juga akan mengajak empat sahabat karibnya. " Saya punya banyak history dengan Afghan. Saya belajar banyak dari Mas Yovie. Tulus dan Isyana penyanyi yang punya talenta luar biasa, saya kagum sama mereka. Dan mereka sahabat baik saya. Begitu saya suruh pilih guest, saya pilih 4 orang ini. Begitu kita telepon langsung pada bilang oke. Lancar semua proses lobi-melobi," ujar Rossa.

Menariknya lagi, Rossa ingin tampil sempurna dengan mengenakan gaun-gaun indah rancangan desainer ternama. Tak tanggung-tanggung, kali ini Rossa akan melibatkan empat desainer kelas untuk menyulap penampilannya nanti.

" Kostum untuk baju ada gaun ada celana panjang semua hasil karya desainer ternama Indonesia. Saya bangga pakai hasil karya Sebastian Gunawan, Tex Saverio, dan Biyan. Saya akan pakai koleksi karya Rinaldi untuk akesesoris. Konser ini penuh kolaborasi dengan orang-orang hebat enggak hanya di Indonesia tapi internasional," pungkas perwakilan Indonesia di MTV Spotlight Asia itu.

Beri Komentar