Dokter Tirta Beri Wejangan ke Baim Wong Soal Etika Ingatkan Orang yang Membuntutinya

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 14 Oktober 2021 07:23
Dokter Tirta Beri Wejangan ke Baim Wong Soal Etika Ingatkan Orang yang Membuntutinya
Dokter Tirta mengaku pernah mengalami kejadian seperti dialami Baim Wong. Apa wejangan yang diberikannya!

Dream - Perselisihan Baim Wong dengan kakek Suhud masih menjadi sorotan meski suami Paula Verhoeven itu telah menyampaikan permintaan maaf. Salah satunya datang dari Dokter Tirta yang mengaku pernah punya pengalaman menghadapi orang yang mengikutinya.

Lewat unggahan di akun TikTok-nya pada Rabu, 13 Oktober 2021, Dr Tirta mengingatkan Baim Wong yang selama ini sering membuat konten berderma harus menyadari akan menjadi incaran masyarakat karena tindakannya tersebut.  

Menurut Tirta, hal wajar jika masyarakat kemudian banyak yang berharap mendapatkan bantuan atau donasi dari Baim. 

Dokter Tirta Ingatkan Baim Wong© Dokter Tirta Ingatkan Baim Wong

" Gini boskyu, kalau kamu buat konten yang suka bagi-bagi uang terus dikontenin, akan banyak orang yang ngikutin dirimu karena berharap, spam komen, spam DM, nyamprin rumah," kata dokter Tirta. 

1 dari 7 halaman

Tirta mengatakan cara terbaik buat para pembuat konten yang kerap diikuti sampai ke rumah adalah dengan menegur orang tersebut.

Namun dia sama sekali tak menyarankan untuk menjadikannya sebagai konten apalagi sampai mempermalukannya.

Dokter Tirta Ingatkan Baim Wong© Dokter Tirta Ingatkan Baim Wong

" Kalau ada orang yang ngikutin terus kalian nggak suka, ya ditegur...... Negur tapi tidak sampai mempermalukan karena bahaya. Tapi beda kalau memang niat mau dikontenin," kata dokter Tirta.

Kalaupun hendak mengedukasi dan memviralkan orang yang dianggap mengganggu tersebut, Tirta mengingatkan pembuat konten tetap harus memiliki etika. Anjuran ini disampaikan dr. Tirta karena dia pernah mengalami hal yang sama. 

Etika yang dimaksud dr Tirta adalah dengan tidak menampilan secara jelas wajah dari orang tersebut. Cara ini dilakukan Tirta hanya untuk mengingatkan orang tersebut tentang tindakannya yang dinilai sudah menganggu.

" Kaya gue, gue nggak suka toko gue sampai disamperin empat sampai lima kali ada orang seperti itu. Gue tolak secara halus, gue sensor nomornya, gue sensor profilnya, karena gua mau ingatin bukan mau mempermalukan. Itu dua hal yang sangat berbeda, semoga dipahami buat konten yang begituan," sambung Tirta.(Sah)

2 dari 7 halaman

Dianggap Rendahkan Orang Tua, Baim Wong: Saya Tidak Menyesali

Dream - Baim Wong membuat klarifikasi usai videonya heboh disebut telah merendahkan seorang bapak. Baim menjelaskan kejadian sebenarnya di unggahan video feed akun instagramnya.

Baim mengatakan awalnya dia bersama putranya Kiano Tiger Wong sedang naik motor usai pulang dari Rumah Sakit. Tiba-tiba saat jalan ada pria paruh baya yang mendekatinya pakai sepeda motor.

Heboh Luna Maya Posting Video Ketemu Ariel Noah

" Saya Bilang seperti ini supaya kelaaurga saya tidak mikir macam-macam. Kasihan Paula suka kepikiran. Jadi kejadian itu seperti ini, bermula dari Kiano ngajak saya jalan sama dia. Ketika saya keluar dari rumah sakit tiba-tiba ada mendekati saya pakai motor dan itu mepet," tutur Baim Wong dikutip Dream dari akun instagramnya, Senin 11 Oktober 2021.

Baim dan si Bapak© Baim dan si BapakFoto : YouTube BaimPaula

Baim mengatakan bapak tersebut sengaja mendekat dan meminta uang saat dia membawa Kiano mengendari sepeda motor. 

" Kita lagi jalan dia (Kakek) mepet banget dan itu bahaya banget. Saya lagi bawa anak lagi. Dan dia tiba-tiba minta uang sama saya," kata Baim Wong.

Menurut ayah dua anak, jika publik mengatahui posisi kejadian yang sebenarnya pasti akan berbeda pendapatnya. Hal itu bisa dilihat dari cara bapak tersebut mendekatinya sampai meminta uang.

Baim Wong klarifikasi© Baim Wong klarifikasi

Pasang Batu di Semen, Krisdayanti Jinjing Tas Puluhan Juta

" Kalau misalkan boskyu ada di posisi saya waktu itu mungkin persepsinya akan beda banget sih melihat kejadian ini dan mungkin berbedalah dari acara dia ngomong dari cara dia minta itu nggak banget sih. Ketika tidak di posisi orang tersebut susah sih untuk bisa melihat kejadian sebenarnya," ucap Baim Wong.

3 dari 7 halaman

Baim Tidak Marah

Baim mengaku tidak marah saat bapak tersebut mendekat dan meminta uang saat sepeda motor sedang berjalan. Tapi saat ucapan si bapak tidak digubris, tiba-tiba bapak tersebut kata Baim teriak-teriak meminta uang.

" Saat itu juga saya tidak marah kok, saya bilang pak bukan cara seperti ini saya bilang, nggak baik. Jangan dan itu saya nggak marah-marah. Ya udah saya lanjut lagi (jalan)," kata Baim.

Baju Pernikahan Ria Ricis Disebut Dipesan dari Prancis, Oki Setiana Dewi Ungkap Faktanya

" Ketika saya naik motor sama Kiano dia teriak di belakang. Baim minta uang Im, minta uang. Saya lihat dia masih ngikutin saya. Saya paling kesal sama orang seperti itu," imbuhnya.

Menurut Baim, dia tidak suka melihat orang yang memanfaatkan kelamahannya untuk meminta-minta uang. Ia mengaku kerap memberikan uang kepada siapa pun sesuai keinginan hatinya dan sebagai bentuk rasa senangnya.

" Waktu itu saya pernah ngamuk sama Ojol sampai ngalangin saya di depan mobil. Saya paling nggak suka misalkan itu dijadikan kelemahan saya ketika orang melihat saya meminta uang karena saya melakukan semuanya, dari berbagi apapun itu karena saya senang melakukannya," ucap Baim.

4 dari 7 halaman

Si Bapak Mengikuti Baim Wong sampai Rumah

Pria berusia 40 tahun ini menceritakan kejadian selanjutnya seperti di video yang diunggah di konten YouTubenya.

Baim mengaku sempat memberitahu bapak tersebut tidak akan memberinya uang. Baim pun langsung melanjutkan perjalanan ke rumah. Tapi bapak tersebut mengikutinya sampai di depan rumahnya. Lagi-lagi bapak tersebut meminta uang kepada Baim.

Ngakak Disebut PDKT dengan Nikita Mirzani, Mantan Suami Nindy Ayunda Ingin Fokus Benahi Hidup

" Akhirnya saya jalan saja nggak menggubris saya ke rumah lumayan agak jauh dan berhenti. Tiba-tiba dia muncul lagi sekitar 10-15 detik saya nyampai (rumah). Dan kembali dia minta uang sama saya boskyu," kata Baim Wong.

 

5 dari 7 halaman

Sudah Menegur Si Bapak

Baim mengatakan sudah menegur bapak tersebut dengan cara seperti di video yang viral di sosial media. Saat menolak memberi uang, si bapak justru memperlihatkan kelemahannya untuk meminta uang dengan menyebut usianya.

" Di situ saya bilang pak tolong jangan dengan cara seperti ini. Saya bilang, nggak boleh. Dan menegurnya dengan cara apa ya seperti yang kalian lihat di video. Saya sering lihatin di video, dengan cara seperti itu loh nggak akan dapetin duit, beneran. Saya ngasih ke orang yang nggak ada hubungannya sama dia," ucap Baim Wong.

Tok! Anji Divonis 4 Bulan Rehabilitasi Narkoba

" Setelah saya kasih uang, tiba-tiba dia bilang saya umur 77 tahun kata dia, saya bilang kenapa saya harus kasihan sama dia," imbuh Baim.

" Banyak banget usia lebih tua anti mengemis, saya malu sama diri sendiri, saya melihat orang memperlihatkan kelemahan dia untuk meminta uang, saya benci banget. Jadi kalau dengan cara seperti itu saya nggak suka banget. Jadi dia membuat kelemahan dia untuk bisa meminta uang sama saya, saya nggak suka," ujar Baim Wong.

6 dari 7 halaman

Tidak Menyesali

Pria bernama asli Muhammad Ibrahim ini menegaskan kalau dia memberi uang sesuai dengan hatinya. Tapi jika ada persepsi berbeda tentang dirinya, Baim tak mau ambil pusing. Dia juga tidak bisa melarang orang lain memberikan komentar tentang dirinya. 

" Saya melakukan semuanya dari hati, orang itu juga uang-uang saya, kalau misal ada persepsi berbeda dari kalian, saya nggak apa-apa banget. Karena pemikiran orang berbeda-beda," ucapnya.

Penampilan Terbaru Kekeyi Tanpa Hijab Jadi Sorotan, Ternyata Ini Faktanya

Meski begitu, Baim mengaku tidak menyesali apa yang sudah dia perbuat kepada bapak tersebut. Ia hanya meminta maaf kepada orang-orang yang tidak suka atas tindakannya itu. Baim menegaskan atas kejadian ini tidak ingin menjadi orang yang munafik.

" Saya juga nggak ngerasa gimana banget. Saya tidak menyesali apa yang saya lakukan, kalau ada pihak tidak suka saya minta maaf ya. Tapi itu dirinya saya sebenarnya, saya nggak mau jadi orang yang munafik ya. Kalau nggak suka ya udah, pasti ada orang yang suka dan nggak suka sesimpel itu sih," tuturnya.

Beri Komentar