Mo Salah Sumbang Rp46 Miliar ke RS Korban Serangan Teror

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 8 Agustus 2019 17:01
Mo Salah Sumbang Rp46 Miliar ke RS Korban Serangan Teror
Gedung milik NCI rusak parah akibat serangan teror pada Senin lalu.

Dream - Mohammed Salah, bintang dari klub sepakbola Liverpool FC, menyumbang dana sebesar 54 juta pounds Mesir, setara Rp46,3 miliar, ke Rumah Sakit National Cancer Institute (NCI) Mesir. Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki gedung rumah sakit yang rusak akibat terkena ledakan bom teroris pada Senin lalu.

Dikutip dari Egyptianstreets.com, bangunan rumah sakit rusak parah akibat serangan bom yang dilancarkan teroris pada Senin malam, 5 Agustus 2019 waktu setempat. Sebanyak 20 orang tewas dan 47 luka-luka akibat serangan ini, dengan banyak korban mengalami kondisi kritis menurut keterangan Kementerian Kesehatan Mesir.

Rektor Universitas Kairo, Mohamed Al Othman Al Kesht membenarkan kejadian ini. Pihak universitas terus memantau NCI agar pelayanan terhadap para pasien kanker tidak terganggu.

Salah merupakan penyumbang lain bagi RS NCI setelah Putra Mahkota Abu Dhabi, Syeikh Mohamed bin Zayed An Nahyan. Syeikh Mohamed menyumbang dana perbaikan RS NCI sebesar 50 juta pounds Mesir, setara Rp42,9 miliar.

Pesepakbola asal Mesir ini memang dikenal sebagai atlet dermawan, terutama bagi masyarakat Mesir. Salah secara rutin memberikan donasi ke desanya, Nagrig, untuk membangun sejumlah fasilitas seperti rumah sakit, merenovasi sekolah dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Salah pernah menolak hadiah sebuah villa mewah dari mantan presiden Zamalek, Mamdouh Abbas. Dia justru meminta Abbas memberikan hadiah tersebut kepada masyarakat di tanah kelahirannya.

1 dari 5 halaman

Beri Kaos ke Wanita Berjilbab, Mohammed Salah Dapat Bingkisan

Dream - Aksi memukau Mohammed Salah saat membela Liverpool terus berlanjut. Salah mencetak dua gol saat melawan Red Star Belgrade, di ajang lanjutan Liga Champion.

 

Salah mencetak goal di Stadion Anfield, Liverpool, saat babak kedua. Torehan dua gol itu membuat Salah menjadi pemain tercepat di Liverpool yang dapat membuat 50 gol.

 

Prestasi Salah ini cukup mengagumkan karena pesepakbola asal Mesir ini hanya membutuhkan 65 pertandingan untuk menyumbang puluhan gol tersebut.

 

Seusai laga, Salah memberikan seragam yang dikenakannya untuk seorang perempuan berjilbab. 

 


Perempuan itu juga menulis dalam huruf Arab berarti, " Aku datang dari Mesir untuk kamu."

 

Dikutip media Rusia, RT, uniknya, sang perempuan itu memberi kado kepada Salah. Kado berwarna emas itu dibungkus dengan pita.

2 dari 5 halaman

Isinya...

 Hadiah yang diberikan ke Salah

Beberapa orang pun kemudian berspekulasi mengenai isi dari kado berpita cokelat. Banyak yang berkelakar dan menduga isi dari kotak itu yaitu boneka vodoo bek Real Madrid, Sergio Ramos.

Tetapi, ada juga yang menduga isi kotak itu yaitu boneka lampu Mohammed Salah.

Informasi yang beredar, kotak dari penggemar itu berisi cokelat Thornton's. Satu kotak cokelat itu dihargai 42 euro atau setara Rp726 ribu.

3 dari 5 halaman

Mohammed Salah Bikin Jumlah Jemaah Masjid Inggris Meningkat

Dream - Pesona bintang Liverpool, Mohammed Salah, membuat jumlah jemaah di Masjid Masjid Syekh Abdullah Quilliam, meningkat. Dalam tayangan dokumenter Channel 4, Juru Bicara Masjid Syekh Abdullah Quilliam, Abdul Hamid, mengatakan adanya peningkatan pengunjung Muslim sejak Salah rutin sholat ke masjid tertua di Inggris itu.

" Lebih banyak pemuda yang mengunjungi masjid dan menjalankan sholat Jumat sejak kehadiran Mo Salah," ujar Hamid, diakses Dream dari laman Mirror, Rabu 23 Mei 2018.

Sementara itu, Direktur Masjid, Galib Khan, mengatakan efek Salah membuat kepercayaan anak-anak dan kelompok multi etnis bangga terhadapnya.

" Pesona Salah membawa keceriaan pada hidup kami. Membawa gambaran yang positif mengenai Islam dan orang-orangnya. Aku rasa Mo telah memberi hadiah yang tak dapat kami lupakan," kata Galib.

 Tampak luar Masjid Syekh Abdullah Quilliam di Liverpool

Sementara itu, Eksektutif Masjid Syekh Abdullah Quilliam, Mumin Khan, menambahkan, " Salah merupakan sosok panutan untuk umat Islam dan komunitas non-Muslim di Inggris dan dunia."

" Ini merupakan model yang dicari di seluruh Britania raya. Orang sepertinya dapat mempersatukan kita semua," tambah Khan.

 Penampakan dalam Masjid Syekh Abdullah Quilliam

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menyebut sosok Salah merupakan sosok yang fantastis. " Dia Muslim dan dia melakukan semua yang dilakukan umat Muslim sebelum bertanding, wudu dan macam-macamnya," kata Jurgen.

Jurgen menyebut hal serupa juga dilakukan dua pemain muslim Liverpool, Sadio Mane dan Emre Can.

[crosslink_1]

4 dari 5 halaman

Mohammed Salah Tetap Puasa Saat Final Liga Champion 2018?

Dream - Laga final Liga Champions 2018 akan berlangsung di Kiev, Ukraina, 26 Mei 2018. Itu artinya, laga akbar antara Liverpool dan Real Madrid digelar saat bulan Ramadan.

Terus, bagaimana dengan para pemain Muslim yang memperkuat tim asal Inggris dan Spanyol itu? Di antara skuat Liverpool dan Real Madrid memang terdapat beberapa yang Muslim.

Di kubu Liverpool ada sosok Sadio Mane dan Mohammed Salah, yang baru saja dinobatkan sebagai pemain terbail Liga Inggris 2018. Sementara, di Real Madrid ada Karim Benzema dan pelatih Zinedine Zidan.

Punggawa Liverpool, Alberto Moreno, membocorkan persiapan Mohammed Salah. " Saat ini Ramadan, aku akan makan dan minum untuknya, itulah yang dapat aku lakukan," kata Moreno, dikutip Dream dari laman Marca, Jumat 4 Mei 2018.

Menurut Moreno, Salah merupakan pemain yang luar biasa. " Dia lelaki yang luar biasa, ini menjadi tahun yang besar baginya," ucap Moreno.

Lantas berapa jam waktu puasa jelang laga final Liga Champions 2018 di Kiev? Berdasarkan laman Urdupoin, umat Muslim di Kiev mendapatkan masa imsak pada pukul 00.31 dan akan berbuka pada pukul 19.53.

Adapun laga Final Liga Champion 2018 yang berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy, akan berlangsung pada pukul 21.45.

[crosslink_1]

5 dari 5 halaman

Masjid Ini Jadi Tempat Mohammed Salah Sholat di Liverpool

Dream - Pesepakbola asal Mesir, Mohammed Salah, kini tengah menjadi bintang di Inggris. Merumput di klub sepakbola Liverpool FC, Salah tercatat sebagai pemain yang paling produktif di seluruh Inggris.

Banyak yang terpesona dengan pesepak bola Muslim itu. Tidak hanya soal skillnya dalam menggiring bola, namun juga ketaatannya dalam menjalankan ajaran Islam.

Ya, Salah adalah seorang Muslim yang dikenal rajin beribadah dan tidak pernah absen sholat lima waktu.

Tetapi, tentu menemukan masjid di Liverpool tidaklah semudah di Mesir. Lantas, di mana tempat yang sering dikunjungi Salah untuk sholat?

Sebuah akun Facebook milik komunitas Muslim Inggris-Afrika, Futuwwa, memberikan informasi mengenai masjid yang kerap didatangi Salah. Hal itu terungkap lewat unggahan foto yang memperlihatkan Salah bersama dan Sadio Mane, pemain Liverpool yang juga seorang Muslim, usai sholat Jumat.

 Masjid Al Rahma

Salah dan Mane berpose dengan beberapa jemaah usai sholat Jumat. Menurut informasi yang didapat, Salah sering sholat di Masjid Al Rahma yang juga dikenal sebagai Liverpool Central Mosque.

 Masjid Al Rahma

Masjid Al Rahma merupakan satu dari dua masjid besar di Liverpool. Masjid yang terletak di Hatherley Street, Toxteth, ini terdiri dari tiga lantai dan mampu menampung 2.500 jemaah.

Lokasi masjid ini juga tidak jauh dari kandang Liverpool, Anfield Stadium. Hanya butuh waktu 15 menit dari stadion menuju Masjid Al Rahma jika menggunakan mobil.

[crosslink_1]

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie