Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Dream - Penumpang ojek online sangatlah beragam. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga pengusaha, menjadikan moda transportasi ini sebagai andalan.
Dari keberagaman itulah timbul beberapa tipe penumpang yang sering dijumpai oleh pengemudi ojek online. Ada yang baik, dermawan, hingga yang 'ngeselin' dan 'membuat jengkel'.
Nah seorang pengguna Twitter dengan akun @ryan_nus membagikan tipe-tipe pelanggan ojek online yang sebaiknya jangan kamu tiru.
" TIPE-TIPE CUSTOMER OJOL YANG SEBAIKNYA JANGAN DITIRU. SEKEDAR MENGINGATKAN DEMI KEBAIKAN BERSAMA" tulis akun tersebut.
Apa saja tipe yang tidak boleh ditiru tersebut? Yuk, baca di bawah ini:
1. Customer Buru-buru:
1. Customer Buru-buru:
Masuk kerja jam 08:00, jam 07:45 baru ngorder. Jalan udah macet, driver udah ngebut, sampe tujuan tetep telat, yg disalahin driver, kasih komen/rating jelek.— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
2. Customer enggak tahu berterima kasih:
2. Customer gak tau berterima kasih:
Udah dianterin selamat sampai tujuan, macet2an, pas turun ngasih helm, langsung pergi aja gitu buang muka..
Apa susahnya bilang " Makasih ya.." . Gak harus ngasih tip, diucapin gitu aja driver udah seneng koq.— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
3. Customer asyik sama headset-nya:
3. Customer asyik sama headset-nya:
Ini suka ngeselin. Driver mau nanya jalan, dicuekin, dia asyik aja sama dunianya. Giliran driver salah ambil jalan, langsung nyeletuk " Bang, koq lewat sini sih!"— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
4. Customer ngasal ngasih bintang:
4. Customer ngasal ngasih bintang:
Di gojek ada syarat rata2 bintang minimal driver itu 4,3. Di bawah itu driver kena suspend.
Pelayanan gak ada yg salah, order diselesaikan dengan baik, eh tetep aja dia ngasih bintangnya 2/3/4. Knp gak 5 aja sih?? Curiga ini yg ngorder sjw— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
5. Customer enggak mau rugi:
5. Customer gak mau rugi:
Ngorder 1 driver, bawa banyak anaknya. Mending anaknya masih balita, lha ini udah pada SD! Lebih kasian lagi klo yg dapet driver motornya kecil.— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
6. Customer yang bikin driver nunggu lama:
6. Customer yg bikin driver nunggu lama:
Posisi masih di lantai atas gedung, masih di toilet, masih dandan, keretanya msh jauh, eh udah ngorder lho.
Driver dipaksa nunggu 15 menitan cuma buat 1 order, belom resiko diusir satpam, ditilang polisi krn bikin macet.— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
7. Customer yang tidak perhatikan pakaiannya:
7. Customer yg tidak perhatikan pakaiannya:
Terutama buat perempuan yg pakai rok panjang, baju gamis, selendang, dsb.. Kainnya Menjulur ke bawah sampai nyangkut ke rantai atau ban belakang.
Udah banyak kecelakaan karena itu, jadi tolong perhatikan yaa pic.twitter.com/hGBNjpoz6O— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
8. Customer (maaf) kelebihan berat badan:
8. Customer (maaf) kelebihan berat badan:
Demi keamanan bersama lebih baik mesen Mobil. Apalagi kalo driver motornya kecil, jalannya oleng, itu shock & ban belakang ngeri dah liatnya.. pic.twitter.com/3Q7nqHMu8c— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
9. Customer menaruh titik pickup ngaco:
9. Customer naro titik pickup ngaco:
Pastikan sinyal internet bagus, gak kealingan byk bangunan, terus tinggal pencet logo kekeran kanan atas. Itu posisi gps asli kita dmn sedang berada.
Di note tinggal tambahin nomor rumah/gang, nama gedung/kantor dll pic.twitter.com/vmB74ydjY2— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
10. Customer hobi cancel:
10. Customer hobi cancel:
Posisi driver jauh dikit, cancel. Lama jemputnya, cancel. Motor gak sesuai selera, cancel. Liat aplikasi tetangga lebih murah, cancel.
FYI, akun driver sering kena cancel itu bikin orderan selanjutnya masuk jadi delay— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
11. Customer dengan helm gaya bebasnya:
11. Customer dengan helm gaya bebasnya:
Au dah ini gak ngerti lagi.. pic.twitter.com/X9Wdrd9atU— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
12. Customer ngirim barang gede:
12. Customer ngirim barang gede:
Ini sungguh tega sih. Saking gak mau rugi pake Go-Box, ngirim gosend barang2 perabotan rumah tangga, klo barangnya jatoh rusak yg disalahin driver. pic.twitter.com/SFrDytRfRF— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
13. Customer pegang behel belakang motor:
13. Customer pegang behel belakang motor:
Posisi pembonceng yg benar itu menghadap depan, duduk jangan terlalu pojok, kaki rapat, tangan santai berada di paha.
Kalo pegangan behel belakang malah bikin driver bawa motornya gak seimbang.
FYI, Fungsi behel itu buat geser2 motor pic.twitter.com/K1VsrNldXj— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
14. Customer baru pertama kali ngorder:
14. Customer baru pertama kali ngorder:
Maklumin aja lha, orang baru belajar :))) pic.twitter.com/Bc0TpE7jNj— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
15. Customer yang tidak menjaga barang bawaan:
15. Customer yg tidak menjaga barang bawaan:
Naik motor paling lama berapa menit sih? Lebih baik simpan yg aman tas dan HP selama di atas motor. Namanya jambret gak ada yg tau munculnya, lebih baik mencegah.— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
16. Customer yang ngasal pilih alasan cancel:
16. Customer yg ngasal pilih alasan cancel:
Di gojek cancel karena " Driver tidak bisa dihubungi" & " Driver minta cancel" , itu bikin performa driver turun.
Jadi kalo mau cancel ya pilih alasan yg sesuai dengan kenyataannya. pic.twitter.com/Boi9n7o1IB— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
17. Customer kembalian seribu duaribu ditungguin
17. Customer kembalian seribu duaribu ditungguin
Driver itu bukan ind*maret yg selalu sedia uang recehan buat kembalian. Pakailah gopay..
Kalo udah kejadian, Pilihan cepetnya 2: ikhlasin duit segitu atau transfer via gopay driver duit segitu— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
18. Customer sengaja salah pilih jenis order:
18. Customer sengaja salah pilih jenis order:
Masing2 driver itu berbeda cara ngebidnya. Akun goride bawa goride aja, Akun gofood bawa gofood aja, dst.
Jadi jangan jebak driver, contohnya dengan ngorder Go-Ride tapi disuruh nganter Paket— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
19. Customer yang insecure:
19. Customer yang insecure:
Ya namanya juga istri yaa.. pic.twitter.com/hLcEblB8VO— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
20. Customer bikin order fiktif:
20. Customer bikin order fiktif:
Ini udah separah-parahnya kelakuan. Cuma bisa berharap pelakunya dapet hidayah. Dan pihak @gojekindonesia serius berantas ofik ini. pic.twitter.com/N16jKMmV7z— yuy (@ryan_nus)May 13, 2019
Advertisement
Mantan Ketum PSSI Usulkan STY Kembali Latih Timnas, Ini Alasannya
Wanita Ini 400 Kali Operasi Plastik Selama 15 Tahun
Potret Keren Yuki Kato Taklukan Chicago Marathon 42,2 Kilometer
16 Peneliti dari ITB Masuk Daftar World Top 2% Scientists 2025
Museum Louvre Dibobol Hanya dalam 4 Menit, 8 Perhiasan Raib
Harapan Baru bagi Pasien Kanker Payudara Lewat Terapi Inovatif dari AstraZeneca
Sentuhan Gotik Modern yang Penuh Karakter di Koleksi Terbaru dari Dr. Martens x Wednesday
Panas Ekstrem, Warga Cianjur Sampai Tuang 2 Karung Es Batu ke Toren
ParagonCorp Sukses Gelar 1’M Star 2025, Ajang Kompetisi para Frontliners
Mantan Ketum PSSI Usulkan STY Kembali Latih Timnas, Ini Alasannya