Baca Doa Pagi Sebelum Bekerja, Agar Rezeki Berkah serta Pekerjaan Lancar

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 30 September 2022 06:01
Baca Doa Pagi Sebelum Bekerja, Agar Rezeki Berkah serta Pekerjaan Lancar
Seorang Muslim disunahkan membaca doa pagi sebelum bekerja agar lancar selagi mencari rezeki.

Dream - Bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri maupun keluarga adalah suatu kewajiban. Dengan bekerja seseorang mendapatkan gaji atau laba yang bisa dipakai untuk pemenuhan hidup sehari-hari. Tentu kita berharap yang terbaik dari apa yang kita lakukan. Terlebih yang berkaitan dengan rezeki.

Bagi seorang Muslim, dianjurkan untuk memulai sesuatu dengan membaca basmalah. Ini agar apa yang kita lakukan mendapat berkah dari Allah SWT. Apalagi jika yang kita lakukan adalah pekerjaan, di mana pekerjaan itu menjadi sumber pemasukan kita.

Agar berkah yang didapat semakin banyak, dianjurkan membaca doa pagi sebelum bekerja dan dzikir Asmaul Husna.

1 dari 4 halaman

Hukum Bekerja Menurut Islam

Sebelum membahas doa memulai pekerjaan dan mengakhiri pekerjaan, ketahui pula hukum bekerja dalam Islam. Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, namun demikian manusia diwajibkan mencari rezeki. Ketika mendapatkan rezeki, manusia juga diwajibkan bersedekah dari sebagian harta yang didapatkannya.

Usaha yang kita lakukan untuk mencari rezeki selalu ada campur tangan Tuhan, sehingga rezeki datang sesuai kebutuhan yang diharapkan.

Kaum Muslim bekerja pasti mengharapkan upah atau imbalan yang sesuai sekaligus halal. Sebab setiap pekerja berhak mendapatkan upah yang sesuai dengan pekerjaannya. Bahkan Rasulullah SAW menyampaikan nasehat kepada para pemberi pekerjaan, agar menggaji pekerjanya sebelum kering keringatnya.

2 dari 4 halaman

Doa Pagi Sebelum Bekerja

Setiap hendak berangkat kerja, kaum Muslim disunahkan membaca doa agar lancar selagi mencari rezeki. Doa saat berangkat ini dibaca sebanyak tiga kali. Berikut bunyi doa pagi sebelum kerja yang dapat kamu amalkan:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Allahummarzuqni rizqan halalan thayyiban, wasta'milni thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinni wanqitha'i 'umri. Allahummakfinii bihalalika 'an haramika wa aghnini bifadhlika 'amman siwaka. Allahumma inni as-aluka rizqan wasi'an nafi'an. Allahumma inni as-aluka na'iiman muqiman, alladzi laa yahuulu walaa yazuulu

Artinya:

" Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3 dari 4 halaman

Doa Pagi Sebelum Bekerja Lainnya

Saat Sahabat Dream sudah tiba di tempat kerja dan hendak memulai pekerjaan, hendaknya membaca doa berikut ini agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari segala keburukan dan kejahatan yang ada pada pekerjaanmu.

Berikut bunyi doa pagi sebelum bekerja yang dapat kamu baca setiap hari:

Allahumma inni as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi ma fihi, wa a'udzubika min syarri hadzal amali wasyarri ma fihi innaka 'alaa kulli syai-in qadir

Artinya:

" Ya Allah, aku memohon padaMu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padaMu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."

4 dari 4 halaman

Doa Sebelum Mengajar Bagi Para Guru

Saat seorang guru hendak mengajar, sebaiknya panjatkan doa berikut ini sebelum memulainya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىيَّ عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ بِسْمِ اللهِ اَمَنْتُ بِاللهِ اِعْتَصَمْتَ بِاللهِ وَتَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ اللهم ثَبِّتْ جَنَانِي وَاَدْرِ الْحَقَّ عَلَى لِسَانِيْ

Allahumma inni a'udzubika an adlilla aw udlalla aw azilla aw uzalla aw adzlima aw udzlama aw ajhala aw ujhala 'alayya, 'azza jaruka wa jalla tsanauka wa la ilaaha ghoiruka la ilaha illa anta. Bismillahi amantu billahi, i'tashamtu billahi, wa tawakkaltu 'alallahi, wa la hawla wa la quwwata illa billahi. Allahumma tsabbit janani wadril haqqo 'ala lisani

Artinya:

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ketersesatan atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzalimi atau dizalimi, membodohi atau dibodohi. Sungguh mulia perlindungan-Mu, sungguh agung pujian kepada-Mu, tidak ada tuhan selain Engkau, dan tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Dengan menyebut nama Allah. Aku beriman kepada Allah. Aku berpegang teguh pada Allah. Aku bertawakkal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolonga Allah. Ya Allah, teguhkan hatiku dan tampakkan kebenaran pada lidahku."

Demikian itulah kumpulan doa pagi sebelum bekerja. Mengawali setiap pekerjaan dengan doa, akan menambah keberkahan dari rezeki yang kita dapatkan.

Beri Komentar