Bacaan Doa Ayat Kursi, Keutamaan, dan Waktu yang Dianjurkan untuk Mengamalkannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 29 September 2022 20:03
Bacaan Doa Ayat Kursi, Keutamaan, dan Waktu yang Dianjurkan untuk Mengamalkannya
Ayat kursi adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang agung.

Dream – Ayat kursi merupakan salah satu doa yang tercantum di dalam Al-Quran, lebih tepatnya pada surat Al-Baqarah ayat 255. Ayat ini sangatlah istimewa dan cukup familiar di tengah umat Islam. Bahkan doa ayat kursi kerap dibaca karena memiliki keutamaan dan manfaat yang baik. Sehingga tak mengherankan jika banyak dari umat Islam yang hafal dengan ayat ini.

Keistimewaan dari ayat kursi ini pun telah dijelaskan dalam sebuah tafsir dari Ibnu Katsir yang bunyinya sebagai berikut:

Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadis shahih dari Rasulullah saw disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran.” (Tafsir Al-Quran Al-Azhim).

Melihat betapa agungnya ayat kursi ini, maka umat Islam pun dianjurkan untuk membacanya, terutama di waktu-waktu yang tepat. Karena hal ini tak hanya sekadar mengikuti anjuran Islam saja, tetapi juga mendatangkan pahala dan juga bisa menjadi doa pelindung bagi sahabat Dream.

Nah, berikut adalah bacaan doa ayat kursi, keutamaan, dan waktu yang tepat membacanya sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa Ayat Kursi

Bacaan Doa Ayat Kursi© Shutterstock.com

Meskipun sahabat Dream sudah hafal dengan ayat kursi, tak ada salahnya untuk menyimak kembali bacaan ayat suci tersebut. Sedangkan bagi yang lupa atau belum menghafalnya, maka bisa sedikit demi sedikit untuk mengingatnya kembali dan membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah bacaan doa ayat kursi yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.” (QS. Al-Baqarah: 255).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Setelah mengetahui bacaan doa ayat kursi, sahabat Dream juga perlu mengetahui keutamaan dari membaca ayat ini. Di mana hal ini bisa memotivasi sahabat Dream agar tidak lupa untuk membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca ayat kursi seperti dikutip dari merdeka.com:

Memiliki Keagungan Melebihi Langit dan Bumi

Keutamaan yang pertama dari membaca ayat kursi adalah memiliki keagungan melebihi langit dan bumi. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad saw berikut:

Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah).

Perantara Masuk Surga

Dengan membaca doa ayat kursi, maka ini bisa menjadi perantara sahabat Dream untuk masuk surga. Oleh karena itulah, jangan lupa untuk mengisi hari-hari kamu dengan membaca ayat yang agung ini, terutama setelah menyelesaikan sholat. Hal ini seperti dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw berikut:

Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

3 dari 3 halaman

Waktu yang Dianjurkan Membaca Doa Ayat Kursi

Waktu yang Dianjurkan Membaca Doa Ayat Kursi© Shutterstock.com

Sebelumnya diketahui bahwa doa ayat kursi adalah ayat yang agung dan sebaiknya selalu dibaca oleh umat Islam. Namun, perlu sahabat Dream ketahui bahwa akan lebih baik jika ayat ini dibaca pada waktu-waktu yang memang dianjurkan dalam Islam. Berikut adalah beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca doa ayat kursi:

Setelah Sholat Fardhu

Waktu yang pertama adalah setelah sholat fardhu. Di mana doa ayat kursi ini dibaca pada bagian zikir yang dibaca sebanyak satu kali berbarengan dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Hal ini pun dijelaskan dalam hadis berikut:

Siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardhu maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (HR. Al-Nasai).

Setiap Pagi dan Petang

Waktu berikutnya yang dianjurkan untuk membaca doa ayat kursi adalah setiap pagi dan petang. Di mana doa ini adalah bagian dari zikir yang dibaca setelah sholat subuh hingga matahari terbit. Kemudian dibaca lagi setelah sholat ashar sampai sebelum sholat maghrib. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut:

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, makai a akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al-Hakim).

Sebelum Tidur

Kemudian sebelum sahabat Dream tidur, jangan lupa untuk membaca doa ayat kursi terlebih dahulu. Kemudian diikuti dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas yang masing-masingnya dibaca sebanyak tiga kali. Berikut penjelasan hadisnya:

Apabila engkau beranjak ke tempat tidurmu, bacalah ayat kursi ‘Allahu laa ilaaha huwal hayyul qayyum’ sampai selesai. Karena sesungguhnya kamu akan berada di bawah perlindungan Allah dan setan tidak bisa mendekatimu sampai besok pagi.” (HR. Al-Bukhari).

Beri Komentar