Bacaan Doa Ketika Gempa Mengguncang, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 25 Agustus 2022 06:01
Bacaan Doa Ketika Gempa Mengguncang, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
Baca doa ini ketika ada gempa!

Dream – Indonesia merupakan negara yang rawan mengalami gempa baik vulkanik maupun tektonik. Seperti Jepang, sebagian besar daerah di Indonesia berada di 3 lempeng tektonik dunia, yang sewaktu-waktu bisa bergerak dan memicu terjadinya gempa. 

Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi yang masih dalam status aktif yang bisa memicu terjadinya gempa vulkanik.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tak lain juga bagian dari kuasa Tuhan. Manusia tak dapat mencegah terjadinya gempa bumi. Akan tetapi dapat dideteksi sedini mungkin demi proses evakuasi.

Selain itu, ketika ada gempa kita dianjurkan membaca doa untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi perlindungan dan keselamatan.

Lantas bagaimana bacaan doa ketika gempa bumi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Ketika Gempa

Melansir dari laman NU Online, berikut bacaan doa ketika gempa bumi:

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ   

Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri maa fiha wa syarri ma arsalta bihi

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” 

2 dari 2 halaman

Doa untuk Korban Gempa

Selain itu, ada pula doa ketika gempa yang dipanjatkan untuk para korban gempa. Doa ini dicontohkan oleh Nabi SAW dalam hadis riwayat Imam Muslim.

Berikut bacaan doa untuk korban gempa bumi agar mereka tetap kuat dan tabah dalam musibah:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Artinya:

“ Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

Demikian itulah bacaan doa ketika gempa yang dapat kamu panjatkan. Berdoa merupakan upaya memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. Selain itu, berdoa juga bisa menjadi terapi agar manusia mampu menerima musibah yang dialami dengan ikhlas, sehingga bisa mendapatkan kebaikan di balik musibah yang dialami.

Beri Komentar