Bacaan Doa setelah Wudhu, Lengkap dengan Amalan Sunah yang Sayang Jika Dilewatkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 28 September 2022 20:02
Bacaan Doa setelah Wudhu, Lengkap dengan Amalan Sunah yang Sayang Jika Dilewatkan
Membaca doa setelah wudhu akan menyempurnakan kegiatan bersuci yang dilakukan.

Dream – Bersuci adalah salah satu ajaran Islam yang sangat ditekankan kepada setiap umat Islam. Bahkan di saat mempelajari tentang Islam, materi awal yang diajarkan adalah tentang bersuci. Karena bersuci sendiri sangat memengaruhi sah atau tidaknya seorang Muslim ketika hendak melaksanakan ibadah.

Wudhu merupakan cara bersuci, di mana sahabat Dream menggunakan air untuk membasuh beberapa bagian tubuh sesuai dengan urutan yang sudah ditetapkan. Ketika sudah menyelesaikan wudhu dengan baik, maka sahabat Dream sebaiknya tidak lupa untuk membaca doa setelah wudhu.

Doa ini adalah bagian penutup dari serangkaian kegiatan wudhu. Meskipun tidak diwajibkan, namun doa setelah wudhu akan menyempurnakan kegiatan bersuci yang sudah sahabat Dream lakukan.

Nah, berikut adalah bacaan doa setelah wudhu dan amalan sunah yang bisa dilakukan setelah wudhu sebagaimana dirangkum Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Keutamaan Berwudhu

Keutamaan Berwudhu© Shutterstock.com

Wudhu tidak hanya sekadar membersihkan diri dari hadas kecil dan menjadi syarat sebelum melaksanakan sholat saja. Tetapi lebih dari itu, wudhu memiliki keutamaan yang sangat istimewa, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, ketika seseorang berwudhu dan masih dalam kondisi memiliki wudhu yang sebelumnya, maka sepuluh kebaikan sudah menantinya. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan olej Imam Ahmad.

Tak hanya itu saja, kondisi terang atau tidaknya wajah seseorang ketika kiamat kelak pun ditentukan oleh wudhunya. Wudhu mampu memberikan bekas di wajah serta tangan. Bekas itu bahkan bisa terlihat dengan sangat jelas. Oleh karena itulah, Nabi Muhammad saw menyarankan kepada umatnya agar melebihkan bagian tubuh yang dibasuh saat melakukan wudhu. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut:

Sesungguhnya umatku pada hari kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah!” (HR. Ahmad).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa setelah Wudhu

Bagi sahabat Dream yang sudah menyelesaikan kegiatan wudhu dengan baik dan benar, alangkah baiknya jika menutupnya dengan membaca doa setelah wudhu. Berikut adalah bacaannya, lengkap dengan Arab, latin, dan artinya yang mudah dihafalkan:

أَشْهَدُ أَنْ لَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu waḫdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muḫammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnî minal mutathahhirîn(a).

Artinya: “ Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)." (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Sholat Sunah setelah Wudhu

Sholat Sunah setelah Wudhu© Shutterstock.com

Setelah mengetahui bacaan doa setelah wudhu, sahabat Dream juga perlu mengetahui amalan sunah yang dilakukan setelah berwudhu. Di mana amalan sunah ini mampu mendatangkan pahala jika dikerjakan dan jika ditinggalkan pun tidak akan mendatangkan dosa. Amalan sunah tersebut adalah sholat sunah wudhu. Anjuran ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut:

Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga)”. (HR. Muslim).

Dengan mengerjakan sholat sunah wudhu, maka ada keutamaan di baliknya yang bisa sahabat Dream dapatkan. Di mana Allah SWT akan mengampuni dosanya yang telah lalu. Mengingat bahwa setiap manusia selama hidupnya tentu saja pernah melakukan dosa. Nah, inilah salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar dosa tersebut bisa diampuni oleh Allah SWT. Berikut penjelasannya dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaat dengan tidak mengucapkan pada dirinya (konsentrasi ketika sholat), maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Sunah Wudhu

Bagi sahabat Dream yang hendak menjalankan sholat sunah wudhu, maka perlu mengetahui tata caranya dengan baik dan benar. Sehingga sholat sunah tersebut pun sah di mata Allah SWT. Tata cara sholat sunah wudhu sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sholat sunah yang biasanya umat Islam laksanakan. Yang berbeda hanyalah bacaan niatnya saja.

Berikut adalah bacaan niat sholat sunah wudhu yang bisa sahabat Dream hafalkan dengan mudah:

Ushalli sunnatal uudhu’I rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “ Saya niat shalat sunnah Wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Kemudian berikut ini adalah tata cara sholatnya yang bisa sahabat Dream praktikkan setelah menyelesaikan wudhu:

Rakaat pertama:

  • Takbiratul ihram, dianjurkan untuk membaca doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat di dalam Al-Quran.
  • I’tidal.
  • Duduk di antara dua sujud.
  • Sujud kedua.

Rakaat kedua:

  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat di dalam Al-Quran.
  • I’tidal.
  • Duduk di antara dua sujud.
  • Sujud kedua.
  • Duduk tahiyat akhir.
  • Salam.
Beri Komentar