Bunda, Amalkan Doa Ini Ketika Melepas Anak Mondok

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 24 Desember 2021 06:01
Bunda, Amalkan Doa Ini Ketika Melepas Anak Mondok
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang mumpuni membimbing anak.

Dream - Melepas anak belajar di pesantren memang berat rasanya bagi orangtua. Ini wajar, mengingat anak selalu ada dalam kehidupan orangtua sejak mereka lahir dan tumbuh.

Namun demikian, para orangtua perlu paham memondokkan anak akan lebih banyak manfaatnya. Anak akan tumbuh menjadi pribadi berakhlak dan berpengetahuan agama yang mumpuni.

Yakinlah, memasukkan anak ke pesantren adalah pilihan tepat. Karena lulusan pesantren akan memiliki perbedaan besar dari anak kebanyakan.

Yang lebih membanggakan jika mereka bisa menebarkan pengetahuan di pesantren kepada umat. Sehingga manfaatnya tidak hanya untuk mereka namun seluruh umat.

Bunda, ketika merasa berat melepas anak mondok, iringilah doa ini. Agar kelak anak membawa manfaat bagi umat.

 

1 dari 5 halaman

Doa Melepas Anak Mondok

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummamla' quluba auladina nuran wa khikmatan wa ahlihim liqabuli ni'matin wa ashlihhum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya:

" Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Sumber: Iqra.id.

2 dari 5 halaman

Doa Agar Buah Hati Mudah Paham Belajar Ilmu Agama di Pesantren

Dream - Pesantren kini makin banyak diminati untuk menempuh pendidikan. Para orangtua kini lebih banyak memilih menitipkan putra-putrinya belajar agama di pesantren.

Pesantren di Indonesia sendiri sudah diakui sebagai institusi dengan metode pembelajaran agama yang baik di dunia. Para santri secara intens belajar ilmu agama pada kiai dan ulama yang benar-benar mumpuni.

Pesantren tidak sekadar mengajarkan ilmu. Lebih dari itu, pesantren mendidik akhlak para santri.

Ketika melepas anak ke pesantren, pasti orangtua merasa berat. Sebab, mereka tidak akan lagi bisa mendampingi anak menjalani tumbuh kembangnya.

Namun demikian, lebih baik mengikhlaskan dan memasrahkan buah hati kepada Allah dan para pengasuh di pesantren. Iringi mereka dengan doa dan ridha agar proses belajarnya berjalan lancar.

Bunda dan ayah, jika kangen pada buah hati yang sedang di pesantren, amalkan doa ini sebagai hadiah untuk mereka. Doa ini akan membuat mereka bersemangat belajar ilmu agama di pesantren.

 

3 dari 5 halaman

Doa Untuk Anak di Pesantren

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqihhu fid dini wa 'allimhut takwila.

Artinya,

" Ya Allah, berikanlah pemahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia takwil (tafsir ayat Alquran)."

Sumber: Iqra.id.

4 dari 5 halaman

Doa Sambut Anak Pulang dari Sekolah atau Pesantren

Dream - Liburan selalu jadi momen menyenangkan bagi anak-anak sekolah. Apalagi buat mereka yang mondok di pesantren nan jauh dari orangtua.

Para santri selalu memanfaatkan masa liburnya untuk pulang kampung. Melepas rindu pada orangtua dan mengisinya dengan membantu kegiatan rumah.

Demikian pula dengan anak sekolah. Meski hanya sebentar, rasa rindu mereka pada orangtua dan rumah sudah tak terbendung.

Belum lagi membayangkan wajah orangtua yang begitu bahagia melihat anaknya pulang. Hal itu jadi motivasi tersendiri bagi anak untuk selalu kangen suasana rumah.

Ketika anak sedang pulang, dianjurkan untuk menyambut mereka dengan penuh kebahagiaan. Selain itu, dianjurkan pula membaca doa ini ketika anak sampai di rumah dari sekolah atau pesantren.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sambut Anak Pulang Sekolah atau Pesantren

Doa Sambut Anak© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi nasharaka wa a'azzaka wa akramaka.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menolongmu, mengagungkanmu dan memuliakanmu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar