Diundang ke Acara Hajatan di Desa, Kaget dengan Adat Saat Beri Angpao Pernikahan: Yang Bawa Amplop Kosong Tak Berkutik

Reporter : Sugiono
Kamis, 24 Februari 2022 13:45
Diundang ke Acara Hajatan di Desa, Kaget dengan Adat Saat Beri Angpao Pernikahan: Yang Bawa Amplop Kosong Tak Berkutik
Tidak seperti di daerah lain, adat memberi angpao pernikahan di tempat ini bikin syok.

Dream - Masyarakat Indonesia punya kebiasaan unik saat diundang untuk menghadiri acara hajatan atau kondangan pernikahan.

Kebiasaan unik itu adalah membawa angpao berupa uang yang dimasukkan ke dalam amplop.

Uang hadiah pernikahan itu nanti dimasukkan ke dalam kotak khusus saat kita datang di acara pernikahan.

Kotak khusus untuk menampung amplop berisi uang angpao itu biasanya ditaruh dekat penerima tamu atau panggung pelaminan.

Namun tidak demikian dengan adat saat memberi angpao pernikahan dalam video yang diunggah akun TikTok @marya._99 ini.

1 dari 5 halaman

Kebiasaan Kasih Uang Angpao Pernikahan yang Nyeleneh

Hari itu, Marya diajak tantenya menghadiri sebuah kondangan pernikahan di tempat yang cukup jauh dari rumahnya.

Bisa dibilang acara kondangan pernikahan yang dihadiri Marya dan tante yang dipanggil Bulek itu berada di desa.

Kaget dengan adat memberi angpao pernikahan.© Video TikTok

" Ceritanya diajak Bulek nemenin kondangan lumayan jauh banget. Kaget dong pas nyamai di sini ternyata...," kata Marya mengawali ceritanya.

Ketika datang di acara kondangan itu, Marya cukup terkejut dengan adat kebiasaan tuan rumah saat menerima amplop angpao pernikahan.

2 dari 5 halaman

Bukannya Dimasukkan dalam Kotak Khusus..

Umumnya, amplop angpao pernikahan itu akan dimasukkan ke dalam kotak khusus yang ditaruh di meja penerima tamu atau dekat pelaminan.

Para tamu yang hadir akan memasukkan amplop angpao ke dalam kotak khusus tersebut setelah mengisi buku tamu.

Kaget dengan adat memberi angpao pernikahan.© Video TikTok

Tetapi yang dilihat Marya di desa itu lain dari biasanya. Begitu datang, orang yang diundang langsung menyerahkan amplop angpao ke penerima tamu.

3 dari 5 halaman

Angpao Langsung Dibuka dan Dicatat di Depan Tamu

Setelah itu penerima tamu membuka amplop dan menghitung isinya, sebelum mencatat nama tamu yang memberi angpao dan menulis jumlah uang yang diterima.

Kaget dengan adat memberi angpao pernikahan.© Video TikTok

Padahal, biasanya kotak itu akan dibongkar setelah acara kondangan selesai. Menghitung jumlahnya juga dilakukan oleh keluarga dekat. Itu pun dilakukan saat malam hari bersama dengan pasangan pengantin.

Video angpao pernikahan dibuka langsung di depan tamu yang memberi ini mengundang komentar netizen.

4 dari 5 halaman

Komentar Netizen Terbelah

Ada yang menilai kebiasaan buka angpao pernikahan tersebut sebagai hal yang tidak sopan. Namun ada juga yang mengaku di tempatnya kebiasaan itu juga diberlakukan.

" Kok ada yg begitu? Sumpah baru liat aku modelan hajatan begitu."

" Di Jatim juga masih banyak yg kayak gitu, gk ada yg masalahin juga kerena udh tradisi. Beda daerah beda tradisi sih hehehe."

" Perlu ditiru itu biar yg bw amplop kosong ketauan 😅."

" Di daerahku kaya gini, ditulis nama/nominalnya. Kata Mbahku supaya nnti pas kita ada acara nnti bakal dibalikinnya nominal yg kita kasih ke orng itu."

" Tidak etis, kl dah niat hajatan ga usah ngarep balik modal niat banget nyari sumbangan 😂."

" Setahu gue sih biasanya kalau udah malem bareng sama pengantinnya. sekalian di catet biar bisa balikin lah kasarnya."

Sumber: TikTok

5 dari 5 halaman

Videonya

@marya._99 Di daerahmu klo kondangan gini juga ngga??#bedatempatbedabudaya ♬ suara asli - Maman Bhenzo

 

Beri Komentar