Doa Agar Bisa Berkurban, Mohon Dipermudah dalam Urusan Rezeki

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 7 Februari 2023 20:02
Doa Agar Bisa Berkurban, Mohon Dipermudah dalam Urusan Rezeki
Simak bacaan doa agar bisa berkurban di bawah ini!

Dream – Berkurban termasuk ibadah yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim alaihissalam. Perintah berkurban ini juga tercantum jelas di dalam Al-Quran Surat Al-Hajj ayat 34. Ibadah sunah ini berlaku bagi orang yang mampu membeli hewan ternak.

Keinginan berkurban yang besar membuat banyak orang menabung sedikit demi sedikit. Tak heran orang yang tampak miskin sekalipun bisa menunaikan ibadah kurban karena tekadnya yang kuat untuk menabung dan membeli hewan ternak.

Selain menyisihkan harta untuk membeli hewan ternak, sebagai Muslim juga perlu memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dipermudah urusannya dalam mencari rezeki. Berdoa adalah wujud bahwa manusia tidak bisa melakukan apa-apa tanpa pertolongan Allah SWT. Doa juga sebagai bentuk bahwa manusia tidak lupa akan campur tangan Tuhan dalam hidupnya.

Agar kita selalu dipermudah dalam mencari rezeki demi bisa berkurban, sebaiknya bacalah doa-doa berikut ini. Doa ini dibaca agar kita bisa berkurban ketika tiba Hari Raya Idul Qurban mendatang.

1 dari 3 halaman

Doa Agar Bisa Berkurban

Doa agar bisa berkurban ini dibaca demi memperlancar urusan dalam mencari rezeki. Tidak ada doa khusus yang dibaca agar bisa menjalankan ibadah kurban. Doa agar bisa berkurban sama dengan doa agar dipermudah segala urusan dalam menjemput rezeki sehingga bisa menabung untuk membeli hewan ternak. Berikut kumpulan doa agar bisa berkurban:

Surat Al-Kahfi Ayat 10

Berdoa agar segala urusan dilancarkan oleh Allah Swt memang penting dilakukan oleh setiap insan. Termasuk dalam urusan mencari rezeki agar bisa menunaikan ibadah kurban. Berikut salah satu doa agar bisa berkurban dikuti dari Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 10.

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya:

“ Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya:

“ Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

2 dari 3 halaman

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

Artinya:

“ Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

 

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya:

“ Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

3 dari 3 halaman


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَهَبُ لَنَا بِهَا مِنْهُ أَكْمَلَ الْإِمْدَادِ وَفَوْقَ الْمُرَادِ فِيْ دَارِ الدُّنْيَا وَدَارِ الْمَعَادِ وَعَلٰى آلِهٖ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِكَ عَدَدَ مَا عَلِمْتَ وَزِنَةَ مَا عَلِمْتَ وَمِلْءَ مَا عَلِمْتَ

Allahumma shalli 'ala sayyidinaa muhammadin shalatan tahabu lana biha minhu akmalal imdadi wa fawqol muradi fi darid dunya wa daril ma'adi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim wa barik biqodri 'adhomati dzatika 'adada ma 'alimta wa zinata ma 'alimta wa mil a ma 'alimta.

Artinya:

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dengan rahmat itu Engkau menganugerahi kami pertolongan yang lebih sempurna dan (tercapainya harapan) lebih dari yang kami inginkan, baik selama kami di dunia maupun ketika kami di akhirat kelak, serta limpahkanlah rahmat atas keluarga serta para sahabat beliau. Dan berilah keberkahan dengan kadar keagunan Dzat-Mu, sebanyak apa yang Engkau ketahui dan seberat apa yang Engkau ketahui dan sepenuh apa yang Engkau ketahui."

 

Beri Komentar