Doa Agar Hafalan Alquran Tak Mudah Lupa, Rutin Dibaca Khalifah Abu Bakar

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 15 Juni 2020 20:00
Doa Agar Hafalan Alquran Tak Mudah Lupa, Rutin Dibaca Khalifah Abu Bakar
Hafalan Alquran harus dirawat agat tidak hilang dari ingatan.

Dream - Menghafal Alquran merupakan kebanggaan bagi setiap muslim. Amalan tersebut mengandung banyak keutamaan serta membantu kita melatih daya ingat.

Amalan ini sesungguhnya tidak mudah dijalankan. Tidak banyak orang yang bisa hafal dalam waktu singkat kecuali telah mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan tersebut meliputi fisik dan batin. Seperti waktu yang dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hafalan serta pikiran dan hati yang dibersihkan dari kecenderungan buruk.

Ketika sudah bisa menghafal Alquran, maka kita sangat dianjurkan merawatnya. Sebab jika tidak, hafalan bisa hilang dan membuat kita lupa.

Hal ini pernah dialami oleh sahabat Rasulullah Muhammad SAW, Abu Bakar As Shiddiq RA. Sehingga setiap kali selesai menghafal Alquran, Abu Bakar akan membaca doa ini agar Allah menguatkan hafalannya.

1 dari 5 halaman

Doa Agar Kuat Hafalan Alquran

Doa Kuat Hafalan Alquran© Dream.co.id

Allahumma inni as-aluka bi muhammadin nabiyyika wa ibrahima kholilika wa musa najiyyika wa 'isa kalimatika wa ruhika wa bi tawrati musa wa injili 'isa wa zaburi dawuda wa furqoni muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'in.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan Muhammad nabi-Mu, Ibrahim kekasih-Mu, Isa kalimat dan ruh-Mu, taurat Nabi Musa, Injil Nabi Isa, Zabur Nabi Daud dan Al-Quran Nabi Muhammad Saw, semoga atas Nabi Muhammad Saw rahmat dan keselamat juga atas mereka semua."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Menyesali Kesalahan dalam Bertindak

Dream - Kekeliruan dan kesalahan dalam bertindak pasti pernah kita alami. Meski sebenarnya kita sudah mengantisipasi agar kesalahan tak terjadi.

Kesalahan itu bisa terjadi misalkan ketika kita berniat membantu orang untuk mengambilkan sesuatu di tempat sulit. Kita pun berusaha agar barang tersebut bisa diambil.

Kita mengupayakan dengan segala macam cara. Tapi tanpa kita tahu, ternyata bantuan kita malah membuat orang lain bersedih.

Ketika hal ini terjadi, dianjurkan untuk membaca doa yang terdapat dalam Alquran. Tepatnya pada Surat Al Qashash ayat 16.

 

3 dari 5 halaman

Doa Saat Lakukan Kesalahan

Doa saat salah bertindak© Dream.co.id

Rabbi inni dholamtu nafsi faghfirli.

Artinya,

" Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku."

4 dari 5 halaman

Doa Permohonan Diberi Perlindungan Kala Hendak ke Mal atau Pasar

Dream - Sebagian daerah di Indonesia kini tengah berada di fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Saat fase ini selesai, masyarakat masuk masa kenormalan baru atau new normal.

Di masa transisi ini, sejumlah sektor usaha diizinkan kembali beroperasi dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Salah satu tempat usaha yang akan dibuka yaitu mal.

Seperti di DKI Jakarta, membolehkan mal beroperasi pada 15 Juni 202o dengan pembatasan. Masyarakat bisa berbelanja meski tidak dengan kebiasaan lama.

Mal merupakan salah satu tempat yang mengundang kerumunan publik. Banyak orang datang ke mal untuk belanja maupun sekadar cuci mata.

Ketika nanti memutuskan pergi ke mal, dianjurkan membaca doa ini sebelum masuk. Mengutip laman Islami.co, doa ini pernah diajarkan kepada umatnya yang hendak bepergian ke pasar seperti dikutip dari kitab al-Jami al-Sahih li Tirmidzi (Sunan at-Tirmidzi)

 

5 dari 5 halaman

Doa Masuk Mal

Doa masuk mal© Dream.co.id

La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun la yamutu, bi yadihil khoiru wa huwa 'ala kulli syai'in qadir.

Artinya,

" Tidak ada tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi Dia, kekuasaan dan Pujian bagi Dia. Dia yang menghidupkan dan mematikan dan Dia adalah Dzat Yang Maha Hidup, yang tidak mati di tangan-Nya ada hal yang baik, dan Dia lah Yang Maha Kuasa atas segalanya."

(Sumber: Islami.co)

Beri Komentar