Doa Keselamatan dari Bencana untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Insya Allah Selalu Dilindungi Allah SWT

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 23 November 2022 20:03
Doa Keselamatan dari Bencana untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Insya Allah Selalu Dilindungi Allah SWT
Allah SWT sebagai penguasa dan pencipta makhluk hidup, sudah seharusnya hanya kepada-Nya lah untuk memohon perlindungan.

Dream – Belum lama ini gempa bumi mengguncang daerah Cianjur, Jawa Barat yang mengakibatkan banyak korban jiwa serta bangunan dan fasilitas umum rusak. Peristiwa ini kembali mengingatkan umat manusia bahwasanya bencana alam bisa datang kapan saja.

Oleh karena itu, selain membekali diri untuk siap siaga ketika ada bencana, sahabat Dream juga sebaiknya tak lupa untuk memanjatkan doa keselamatan kepada Allah SWT. Karena hanya kepada Allah SWT lah kita bisa memohon perlindungan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis Bukhari berikut:

Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus-menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Nah, berikut adalah bacaan doa keselamatan yang bisa diamalkan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Keselamatan

Bacaan Doa Keselamatan© Shutterstock.com

Doa Keselamatan Diri dan Keluarga

Saat sahabat Dream sedang berdoa, maka jangan lupa untuk memohon keselamatan atas diri sendiri dan juga keluarga. Menyadari bahwa segala sesuatu yang tidak diinginkan bisa sewaktu-waktu terjadi. Sehingga, tetaplah memohon perlindungan Allah SWT sebagai penguasa alam semesta. Berikut adalah bacaan doa keselamatan diri dan keluarga yang pernah dibaca Nabi Muhammad saw:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam'i allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta.

Artinya:Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau" .

Doa Terhindar dari Bahaya

Bahaya bisa mengancam seseorang di mana saja dan kapan saja. Tentunya sahabat Dream haruslah selalu waspada dan tak lupa untuk memanjatkan doa keselamatan, yakni agar terhindar dari bahaya yang mengintai. Nah, Nabi Muhammad saw pernah membaca doa terhindar dari bahaya berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa' wa huwas samii'ul 'aliim.

Artinya:Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)."

Doa Mohon Perlindungan

Allah SWT sebagai pencipta makhluk hidup, sudah seharusnya umat manusia hanya memohon perlindungan kepada Allah SWT. Di samping itu, Islam sendiri juga memerintahkan kepada umatnya agar selalu berdoa kepada Allah SWT, termasuk saat memohon perlindungan-Nya. Berikut adalah bacaan doa memohon perlindungan yang bisa sahabat Dream amalkan:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (syaitan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain." (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa Keselamatan

Doa Menolak Bala

Selain itu, usahakan agar sahabat Dream memanjatkan doa untuk menolak bala. Doa yang dibaca adalah sholawat thibil qulub yang bacaannya adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

Doa saat Keluar Rumah

Ketika sahabat Dream hendak melakukan aktivitas di luar rumah, maka jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa ini adalah untuk memohon agar selalu dalam penjagaan dan perlindungan Allah SWT selama menjalankan aktivitas di luar rumah. Berikut adalah bacaan doa saat keluar rumah seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Turmudzi dan Anas bin Malik:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya upaya melainkan dengan izin Allah." (HR Turmudzi dari Anas bin Malik).

Itulah beberapa bacaan doa keselamatan dari bencana yang bisa sahabat Dream amalkan. Semoga sahabat Dream dan juga keluarga selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Beri Komentar