Doa Ketika Uang Hilang, Dibaca Sambil Berusaha Mencarinya

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 21 Januari 2023 18:01
Doa Ketika Uang Hilang, Dibaca Sambil Berusaha Mencarinya
Bagaimana bacaan doa ketika uang hilang?

Dream – Siapa sih yang tak sedih sekaligus kesal ketika kehilangan uang. Apalagi ketika kondisi keuangan sedang berada dalam kondisi krisis. Uang sedikit terasa sangat berharga untuk memenuhi kebutuhan.

Setiap rupiah yang kita peroleh berasal dari tetes keringat atau usaha tak kenal lelah dari pekerjaan yang dilakoni. Tak mengherankan jika penghasilan sepeser pun akan terasa berharga dan kita merasa sedih ketika kehilangannya. 

Namun seberapa pun kita merasa memiliki uang tersebut, sudah sepatutnya kita ikhlas dengan ujian yang dihadapi. Berpasrah, intropeksi diri, serta tak lupa memanjatkan doa ketika kehilangan uang adalah ikhtiar yang bisa kita lakukan. Bahkan banyak anggapan di masyarakat yang menyebut kalau sudah rezeki bakalan kembali ke pemilik asli.

Seperti telah kita ketahui bersama, uang adalah alat pembayaran yang sah di dunia ini. Adanya uang menggantikan sistem barter yang pernah dilakukan pada zaman dahulu. Kini uang bisa membeli segalanya. Untuk mendapatkan uang, setiap orang rela kerja keras banting tulang.

Sebagai Muslim pun kita juga diwajibkan untuk bekerja memenuhi kebutuhan hidup. Meskipun uang bukanlah segalanya, namun uang bisa membeli segalanya bahkan termasuk kebahagiaan. Inilah mengapa ketika kehilangan uang, kita akan kesal karena usaha untuk mendapatkannya pun susah.

Ikhtiar yang bisa Sahabat Dream lakukan adalah mencarinya sambil berdoa. Membaca doa ketika uang hilang adalah salah satunya. Tapi bagaimana bacaan doanya? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini!

1 dari 3 halaman

1. Doa Ketika Uang Hilang

Melansir dari laman Bincang Syariah, Imam al-Syaukani dalam kitab Fathul Qadir menyebutkan, bahwa Imam al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan apabila seseorang kehilangan barang (uang) dan mencarinya, sementara ia memohon agar barang tersebut segera dikembalikan oleh Allah maka ia dianjurkan membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

Artinya:

“ Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah.”

2 dari 3 halaman

2. Doa Ketika Uang Hilang

Membaca doa ketika uang hilang bertujuan agar kita diberi ketabahan oleh Allah SWT sambil berharap uang yang hilang bisa kembali. Berikut doa lain yang dapat Sahabat Dream amalkan:

Ya haadiyadl-dlalli wa raddadl dlallati urdud 'alayya dhallati bi 'izzatika wa sulthonika wa innaha min 'athoika wa fadllika.

Artinya:

" Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang tersesat, yang mengembalikan barang hilang, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu."

3 dari 3 halaman

3. Doa Ketika Uang Hilang

Selanjutnya, kamu juga bisa mengamalkan doa berikut ini:

Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana 'abduka khowwaltani hina razaqtanii. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra 'alaihi hina ashobta wa akhodzta. Allahumma anta a'thoita wa anta ashobta. Allahumma la tuhrimni tsawabahu wa la tunsini min kholfihi fi dunyaya wal akhirati innaka 'ala kulli syai-in qodir. Allahumma ana laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhorran wa la naf'an.

Artinya:

" Ya Allah, ia adalah harta dan rezeki-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau mempercayaiku ketika Engkau memberi aku rezeki. Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. Ya Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat.”

Demikian itulah bacaan doa ketika uang hilang yang bisa dibaca ketika sedang berusaha mencarinya. Semoga dengan doa di atas, Allah mengembalikan uang yang hilang tersebut. Amin!

Beri Komentar