Doa Menghentikan Darah Haid yang Berkepanjangan dan Ikhtiar agar Haid Cepat Selesai

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 24 Januari 2023 06:01
Doa Menghentikan Darah Haid yang Berkepanjangan dan Ikhtiar agar Haid Cepat Selesai
Bacalah doa tersebut dengan sungguh-sungguh dan niat yang ikhlas agar haid bisa segera selesai.

Dream – Salah satu kodrat seorang perempuan adalah menstruasi atau haid. Masa-masa haid normal dialami seorang perempuan setiap 23 hari sampai 35 hari dengan rentang waktu tiga sampai tujuh hari.

Sseorang perempuan Muslim Selama mengalami masa haid diperbolehkan tidak menjalani dahulu sejumlah ibadah seperti sholat, puasa, ataupun membaca Quran. Mereka harus yang sedang datang bulan menunggu kondisi suci terlebih dahulu baru bisa kembali menjalankan ibadah.

Namun perlu diketahui juga bahwa siklus haid setiap orang berbeda-beda. Terkadang ada juga yang darah haidnya masih keluar meski sudah melewati hari di mana seharusnya sudah berhenti. Jika kondisinya seperti ini, hal tersebut membuat seorang perempuan mengalami kekhawatiran karena ia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah.

Bagi sahabat Dream yang mengalami kondisi haid belum berhenti meski sudah lewat waktunya, maka penting mengetahui bacaan doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan. Insya Allah doa inilah yang bisa membuat haid jadi cepat selesai.

Nah, berikut adalah bacaan doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan dan ikhtiar yang bisa kamu lakukan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Menghentikan Darah Haid yang Berkepanjangan

Bacaan Doa Menghentikan Darah Haid yang Berkepanjangan© Pexels.com

Bagi sahabat Dream yang mengalami haid berkepanjangan atau tidak selesai-selesai, maka bisa dengan membaca doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan berikut ini:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: " Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu."

Selain itu, sahabat Dream juga bisa membaca doa lain yang urutannya sebagai berikut:

1. Membaca Hamdalah

 

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

 

Alhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

2 Membaca Sholawat Nabi Muhammad

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi ajma'iin.

Artinya: “ Ya Allah berikanlah rahmat pada junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya.”

3. Membaca Istighfar

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ.

Astaghfirullahaladzim

Artinya: “ Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”

4. Membaca doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan di dalam hati dan dengan niat yang tulus.

5. Membaca Surat Al-Fatihah 3 Kali

   بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Bismillahirrahmaanirrahiim, alhamdulillahi rabbil aalamiin, arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyyaakana’budu wa iyyaaka nasta,iin, ihdinash shiraathal mustaqim, shiraathal ladziina an’amta alaihim, ghairil maaghdhuubi alaihim wa ladh dhaalliin. Amin.

Artinya: “ Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seru sekalian alam. Yang maha pengasih dan penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mu lah aku mengabdi dan kepada-Mu lah aku meminta pertolongan. Tunjukilah kami kejalan yang lurus. Bagaikan jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalan mereka yang Engkau murkai atau jalannya orang-orang yang sesat.”

2 dari 2 halaman

Ikhtiar agar Haid Cepat Selesai

 

Ikhtiar agar Haid Cepat Selesai© Freepik.com

 

Selain membaca doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan, sahabat Dream juga bisa melakukan beberapa ikhtiar agar haid cepat selesai. Berikut adalah beberapa caranya:

Berolahraga Teratur

Cara yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga selain bisa menyehatkan tubuh, juga bisa membuat haid lebih lancar. Semakin lancar darah haid keluar, maka semakin cepat juga selesainya. Meski begitu, hindari melakukan olahraga yang terlalu berat. Karena bisa menimbulkan dampak buruk bagi hormone tubuh.

Menjaga Berat Badan

Cara yang kedua adalah dengan menjaga berat badan. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa naik dan turunnya berat badan bisa berpengaruh pada haid seseorang yang tidak konsisten. Bisa saja orang yang beratnya berlebih membuat darah haid semakin deras. Jadi, akan lebih baik jika berat badan dalam kondisi yang normal. Sehingga proses haid bisa segera selesai.

Mengonsumsi Nutrisi dengan Baik

Agar haid cepat selesai, maka penting juga untuk memerhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi nutrisi yang baik juga bisa meminimalisir terjadinya PMS.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa untuk meminimalisir gejala PMS adalah dengan menggabungkan antara magnesium dan vitamin B6. Jika sahabat Dream merasa ragu, bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang takaran nutrisi yang dibutuhkan supaya haid bisa segera selesai.

Mengonsumsi Pil KB

Cara yang terakhir untuk membuat haid cepat selesai adalah dengan mengonsumsi KB. Ya, dengan menggunakan pil KB maka bisa membantu untuk mengatus siklus haid. Meski begitu, penggunaannya tidak bisa sembarangan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa dibuatkan resepnya yang sesuai.

Itulah bacaan doa menghentikan darah haid yang berkepanjangan serta beberapa ikhtiar yang bisa sahabat Dream lakukan agar haid cepat selesai.

Beri Komentar